Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Konfirmasi Siswa Penerima PIP Tahun 2021

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

Siswa penerima PIP adalah siswa yang ada pada setiap satuan pendidikan yang berhak untuk menerima bantuan berupa uang tunai yang nantinya dipergunakan dalam membantu siswa memenuhi kebutuhannya untuk bersekolah.

Program Indonesia Pintar atau yang biasa disebut dengan PIP merupakan suatu program dari Kemendikbud untuk siswa yang berhak menerima bantuan berupa uang tunai.

Sejatinya bagi siswa yang termasuk penerima PIP ini dapat melakukan pencairan di Bank yang ada di wilayah siswa tersebut bersekolah, dan untuk pencairan ini biasanya melalui Bank Rakyat Indonesia (BRI).

Untuk siswa penerima bantuan PIP ini disampaikan oleh dinas pendidikan setempat kepada pihak sekolah, selanjutnya pihak sekolah menyampaikan kepada siswa beserta orang tuanya perihal dana PIP yang akan diterima siswa yang bersangkutan.

Bagi siswa yang sudah pernah mendapatkan PIP ini tidak perlu lagi membuka atau membuat rekening baru, sedangkan untuk siswa yang baru mendapatkan bantuan PIP ini diharuskan membuka rekening dan juga melakukan aktivasi untuk pencairan.

Dan pencairan itu sendiri bisa dilakukan oleh orang tua siswa dengan mendatangi Bank yang telah dimaksudkan tadi, atau pilihan lainnya adalah dana PIP bisa saja diambilkan oleh pihak sekolah secara kolektif baru setelah itu diserahkan kepada masing-masing siswa yang berhak menerimanya.

Untuk semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022 ini ada 2 tahap data siswa penerima PIP yang telah dirilis, yaitu siswa nominasi PIP tahap 7 dan siswa nominasi PIP tahap 17. Adapun untuk mengetahui nominasi siswa penerima PIP tahap 7 dan 17 ini, pihak sekolah melalui operator sekolah dapat mengaksesnya melalui https://pip.kemdikbud.go.id. Selain itu, operator sekolah bisa saj mendownload langsung SK nominasi PIP tahap 7 dan 17 sebagai syarat administrasi dalam proses pencairannya nanti.

Lantas, apakah sampai disitu saja kegiatan yang harus dilakukan oleh sekolah?

Jawabannya, tentu tidak. Sebab, ada hal yang harus di lakukan oleh sekolah yaitu melakukan KONFIRMASI bagi siswa nominasi penerima PIP sebagai bukti bahwa siswa tersebut benar-benar berhak untuk menerimnya.

Berikut mimin akan tuliskan cara atau langkah untuk melakukan KONFIRMASI bagi siswa penerima PIP tahun 2021 semester ganjil ini.

Cara Konfirmasi Siswa Penerima PIP Tahun 2021  

Berikut cara mudah untuk melakukan Konfirmasi bagi siswa penerima PIP di tahun 2021 tahap 7 dan 17 ini, yaitu:

Pertama, silahkan klik link berikut: https://pip.kemdikbud.go.id

Kedua, silahkan pilih login sebagai “Sekolah”, lalu pilih login menggunakan NPSN (NPSN Sekolah dan Kode Registrasi) dan juga login dengan SSO Dapodik


Ketiga, pada menu utama atau beranda, silahkan pilih menu “SISWA NOMINASI” yang ada disebalah kiri layar


Keempat, silahkan pilih tahap berapa yang akan dikonfirmasi, misalnya tahap 7, maka pilih tahap 7, lalu status aktivasi bisa dibaiarkan saja --Semua--atau memilih Belum Aktivasi atau Sudah Aktivasi. Maksud dari Aktivasi ini adalah siswa penerima PIP datang ke Bank untuk melakukan aktivasi rekening sebelum melakukan pencairan dana PIP.

Kelima, apabila tahap sudah dipilih dan status aktivasi juga sudah dipilih, silahkan klik “Search” untuk menampilkan nominasi siswa penerima PIP.

Keenam, setelah data siswa sudah muncul, silahkan klik menu KONFIRMASI (apabila mengakses website menggunakan PC/Laptop), tapi apabila menggunakan handphone (Android), maka anda dapat memilih tanda plus (+) pada samping kiri data siswa dan menu untuk KONFIRMASI akan muncul. Silahkan di pilih dan juga langsung di klik menu KONFIRMASI tersebut.

Sampai pada langkah keenam tadi seharusnya anda telah berhasil melakukan konfirmasi bagi siswa penerima PIP tahun 2021 semester ganjil tahap 7 dan tahp 17. Dan untuk konfirmasi siswa penerima PIP tahap berikutnya langkahnya pun sama seperti yang telah mimin tuliskan diatas.    

Akhir Kata

Mungkin itu saja yang dapat mimin tuliskan yaitu tentang Cara Konfirmasi Siswa Penerima PIP Tahun 2021. Semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimana pun berada dan mohon maaf jika terdapat kesalahan didalam penulisan.

Post a Comment for "Cara Konfirmasi Siswa Penerima PIP Tahun 2021"