Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

[Terbaru] Cara Memperbaiki NIK PTK Pada Website Verval PTK

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

Apakah anda termasuk orang yang sering melakukan pengecekan pada wesite verval PTK? Ataukah anda termasuk orang yang tidak pernah melakukan pengecekan data pribadi yang terdaftar pada website verval PTK?

Sejatinya website verval PTK merupakan sebuah website yang dirancang oleh Kemdikbud yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai data pribadi masing-masing PTK sesuai dengan isian pada aplikasi dapodik. Selian berisikan tentang data pribadi PTK, website verval PTK juga menjadi sarana untuk melakukan pengusulan Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK).

Jadi, bagi PTK yang sudah terdaftar pada aplikasi dapodik tetapi belum memiliki NUPTK, maka dapat melaukan pengusulan melalui website verval PTK tersebut.

Bagi anda yang jarang mengakses website verval PTK agar segera melakukan pengecekan,  sebab pada website verval PTK terdapat informasi pembaruan. Adapun isi dari informasi tersebut adalah Dalam rangka mendukung implementasi “Satu Data Indonesia”, dan optimalisasi proses integritas data lintas Kementerian dalam program-program pembangunan nasional, mohon operator satuan pendidikan dapat segera memperbarui isian NIK dan Identitas Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) melalui fitur Perbaikan Identitas.

Dari informasi tersebut dapat dipahami bahwa operator sekolah maupun individu PTK masing-masing agar dapat melakukan pengecekan Nomor Induk Kependudukan (NIK) nya pada website verval PTK. Pastikan NIK yang terdaftar pada website verval PTK sesuai dengan NIK yang ada pada KTP elektronik PTK yang bersangkutan.

Dan apabila terdapat kesalahan dalam tulisan angka NIK yang ada pada website verval PTK, maka dapat melakukan pengecekan pada aplikasi dapodik sekolah masing-masing. Hal ini dikarenakan data yang ada pada website verval PTK itu bersumber dari aplikasi dapodik yang digunakan oleh setiap satuan pendidikan.

Berikut akan mimin tuliskan langkah sederhana cara memperbaiki NIK PTK yang mengalami kesalahan pada website verval PTK.

Cara Memperbaiki NIK PTK Pada Website Verval PTK

Yang perlu anda ketahui bahwa selain untuk memperbaiki NIK, website verval PTK juga menjadi sarana untuk memperbaiki Identitas Pendidik serta Tenaga Kependidikan. Adapun cara atau langkah yang bisa dilakukan untuk perbaikan NIK dan Identitas PTK, yaitu:

  1. Klik link https://vervalptk.data.kemdikbud.go.id
  2. Login dengan menggunakanakun operator sekolah atau akun yang telah didaftarkan pada https://sdm.data.kemdikbud.go.id
  3. Pilih menu Perbaikan Identitas yang ada disebalah kiri
  4. Pilih data pendidik atau tenaga kependidikan yang akan diperbaiki NIK dan juga identitasnya
  5. Selanjutnya pilih menu Perbaiki Data yang ada disebalah kanan
  6. Isikan NIK dan data identitasnya sesuai dengan yang tertera pada KTP elektronik
  7. Apabila sudah dilakukan pengisian data dengan benar, silahkan pilih menu SIMPAN yang ada dibagian bawah.

Catatan: Untuk perbaikan identitas seperti NIK, nama, tempat lahir, tanggal lahir, jenis kelamin, dan ibu kandung. Selain itu, bagi sekolah anda yang mengalami SILANG MERAH pada salah satu PTK yang ada di website verval PTK dengan alasan kesalahn pada NIK. Saran yang mimin berikan adalah dengan melakukan pengecekan pada NIK PTK yang bersangkutan sesuai dengan KTP elektronik yang dimilikinya. Jika NIK yang dimiliki PTK memang benar adanya, silahkan klik menu Perbaikan Identitas tadi lalu pilih Perbaiki Data, maka otomatis yang awalnya SILANG MERAH akan berubah menjadi tanda centerang hijau dan sudah dianggap benar. Atau bisa saja untuk berkonsultasi pada DUKCAPIL setempat mengenai masalah NIK ini.          

Akhir Kata

Mungkin itu saja yang dapat mimin tuliskan yaitu tentang Cara Memperbaiki NIK PTK Pada Website Verval PTK. Semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimana pun berada dan mohon maaf jika terdapat kesalahan didalam penulisan.

Posting Komentar untuk "[Terbaru] Cara Memperbaiki NIK PTK Pada Website Verval PTK"