Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

DOWNLOAD (PPT) PENGANTAR PENDIDIKAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS MODUL 2 DAN MODUL 4

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

Pada kesempatan kali ini mimin akan berbagi tentang materi pada mata kuliah Pengantar Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Modul 2 dan juga modul 4.

pada modul ke 2 ini materi yang dibahas yaitu tentang Hakikat Pendidikan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), dengan mempelajari modul tersebut maka kita sebagai guru akan mengetahui hakikat Anak Berkebutuhan Khusus sehingga dengan begitu maka tahap selanjutnya kita akan dapat membuat rancangan pembelajaran dengan menyesuaikan keadaan peserta didik, terlebih lagi bagi yang berkebutuhan khusus.

Berbagai bentuk dan jenis layanan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus ( ABK ):

1. Pelayanan pendidikan segregasi, integrasi, dan inklusi Layanan pendidikan segregasi memisahkan ABK dari anak normal. Alasan para pendukung pelayanan pendidikan terpisah ini antara lain:

  • ABK akan mendapat perlakuan/perhatian yang lebih intensif karena para guru memang disiapkan khusus untuk melayani mereka
  • Para ABK merasa senasib sehingga dapat bergaul lebih akrab
  • Keinginan untuk bersaing dalam pendidikan segregasi mungkin lebih tinggi karena para ABK merasa mempunyai kemampuan setara sehingga kesempatan untuk unggul akan semakin terbuka

2. Layanan pendidikan integrasi menyediakan pendidikan bagi ABK di sekolah yang sama dengan anak normal. Para ABK dapat menghayati dunia yang sama dengan anak normal, demikian pula anak normal akan mendapat kesempatan untuk menghayati keanekaragaman dalam hidup

3. Layanan pendidikan inklusi setiap anak diakui sebagai bagian dari anak-anak lain yang ada dalam satu sekolah. Pada praktiknya ABK disekolahkan di sekolah yang terdekat dengan tempat tinggalnya, terlepas dari tingkat kelainan yang disandang.

Jenis Pelayanan Pendidikan Khusus

  1. Layanan di sekolah biasa
  2. Sekolah biasa dengan guru konsultan
  3. Sekolah biasa dengan guru kunjung
  4. Model ruang sumber
  5. Model kelas khusus
  6. Model sekolah khusus siang hari
  7. Model sekolah dalam Panti Asuhan atau rumah sakit

Untuk lebih lengkapnya materi modul 2 ini, anda dapat membaca dan mendownload file PPTnya dibawah ini:

Download PPT Pengantar Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Modul 2 disini

Pengantar Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Modul 4 ini membahas tentang Pendidikan Anak Tunanetra. Yang mana Orang tunanetra adalah mereka yang tidak memiliki penglihatan sama sekali (buta total) hingga mereka yang masih memiliki sisa penglihatan, tetapi tidak bisa menggunakan penglihatannya untuk membaca tulisan berukuran 12 poin dalam keadaan cahaya normal meskipun dibantu dengan kaca mata (kurang awas).

Untuk lebih lengkapnya mengenai materi modul 4 ini, anda dapat membaca dan mendownloadnya pada file PPT dibawah ini:

Download PPT Pengantar Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Modul 4 disini

AKHIR KATA

Mungkin itu saja apa yang dapat mimin tuliskan tentang materi kuliah pada mata pelajaran Pengantar Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus terlebih lagi untuk modul 2 dan modul 4. Semoga dapat membantu dan memberikan manfaat kepada para pembaca dimana pun berada, dan mohon maaf jika seandainya terdapat kesalahan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami didalam penulisan artikel ini. 

Posting Komentar untuk "DOWNLOAD (PPT) PENGANTAR PENDIDIKAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS MODUL 2 DAN MODUL 4"