Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengetahui Hasil Pengisian Survei Lingkungan Belajar

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

Kegiatan ANBK atau AKM untuk jenjang sekolah dasar tahun 2021 sudah berlangsung, yaitu untuk gelombang 1 hingga 3. Sedangkan untuk gelombang ke 4 masih belum berlangsung atau belum dilaksanakan.

Untuk kegiatan ANBK ini diatur sesuai dengan jumlah siswanya yang ada di kelas 5 sekolah dasar, minimal terdapat 2 sesi dalam pelaksanaannya dan diadakan selama 2 hari. Hari pertama yaitu tentang literasi dan hari kedua yaitu tentang numerasi.

Nah, berkenaan dengan kegiatan ANBK yang dilakukan oleh setiap satuan pendidikan tersebut maka ada yang mesti dilakukan oleh setiap Guru/PTK yang ada disekolahnya, yaitu mengisikan Survei Lingkungan Belajar.

Survei Lingkungan Belajar hanya dapat diakses sesuai dengan kegiatan ANBK yang dilakukan oleh sekolah anda, kegiatan pengisian Survei Lingkungan Belajar inidapat dilakukan melalui ponsel android anda atau langsung menggunakan laptop maupun komputer.

Adapun sasaran yang menjadi responden dalam melakukan pengisian Survei Lingkungan Belajar ini adalah sejumlah PTK yang terdaftar pada aplikasi dapodik, mulai dari kepala sekolah, guru kelas, guru Agama dan juga guru PJOK.

Yang mesti dilakukan sebelum melakukan pengisian Survei Lingkungan Belajar ini adalah memastikan token yang diperoleh dari hasil download oleh operator sekolah pada laman https://dashboardslb.kemdikbud.go.id. Yaitu login dengan menggunakan akun dapodik yang dimiliki oleh sekolah anda.

Selain itu, anda harus memastikan Nomor NIK yang diisikan saat login sebelum mengisikan kuesioner Survei Lingkungan Belajar memang benar adanya sesuai dengan yang tertera pada KTP elektronik yangbersangkutan.

Jumlah butiran kuesionernya ada sekitar 60an dengan masing-masing kuesioner memiliki bagiannya yang cukup banyak. Oleh sebab itu, ketika ingin mengisikan kuesioner Survei Lingkungan Belajar ini kita harus perlu ekstra dalam memahami pertanyaan yang diberikan.

Dan yang menjadi pertanyaan adalah apabila telah selesai melakukan pengisian Survei Lingkungan Belajar, selanjutnya apayang mesti dilakukan?

Tentu yang harus dilakukan adalah melakukan pengecekan terhadap hasil isian tersebut apakah sudah complete atau belum. Berikut mimin akan tuliskan cara mengetahui hasil pengisian Survei Lingkungan Belajar.

Cara Mengetahui Hasil Pengisian Survei Lingkungan Belajar


Berikut cara mengetahui hasil pengisian Survei Lingkungan Belajar, yaitu:

  1. Klik laman berikut https://dashboardslb.kemdikbud.go.id
  2. Pilih login SSO
  3. Setalh itu akan muncul tampilan untuk login, silahkan isikan usrname dan password sesuai dengan akun dapodik anda atau sesuai dengan yang didaftarkan pada SDM
  4. Silahkan pilih dan klik Login
  5. Maka pada tampilan dashboard akan terlihat hasil dari pengisian Survei Lingkungan Belajar. Apabila data berwarna putih pada dashbard Survei Lingkungan Belajar, maka itu berarti kuesioner Survei Lingkungan Belajar belum dikerjakan. Apabila data berwarna kuning pada dashboard Survei Lingkungan Belajar. Maka itu berarti kuesioner Survei Lingkungan Belajar sedang dikerjakan. Dan apabila data berwarna hijau pada dashboard Survei Lingkungan Belajar, maka itu berarti kuesioner Survei Lingkungan Belajar telah berhasil dikerjakan dan akan terdapat keternagan COMPLETE.

Catatan: Apabila isian Survei Lingkungan Belajar masih belum complete, padahal dirasakan sudah selesai melakukan pengisian maka dapat melakukan pengecekan kembali terhadap isian sebelumnya, mungkin saja masih ada yang terlewatkan sehingga belum terisikan. 

Akhir Kata

Mungkin itu saja yang dapat mimin bagikan tentang Cara Mengetahui Hasil Pengisian Survei Lingkungan Belajar. Semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimana pun berada dan mohon maaf jika terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami.

Post a Comment for "Cara Mengetahui Hasil Pengisian Survei Lingkungan Belajar"