Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Cetak Dan Upload BAP EMIS 4.0 Semester Ganjil 2021/2022

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

EMIS 4.0 sejatinya adalah sebuah website baru yang dirancang bagi sekolah madrasah baik itu dari tingkat RA/MI/MTs/MA. Dalam EMIS 4.0 terdapat berbagai macam atribut yang harus dilengkengkapi oleh satuan pendidikan madrasah, mulai dari keadaan siswanya, GTK, hingga data Sarpras yang ada pada sekolah.

Untuk itu sebagai seorang operatora pendataan EMIS 4.0 agar segera menyelesaikan tugasnya sebelum batas waktu yang telah ditentukan berakhir. Adapun yang harus dilakukan adalah dengan mencetak dan mengupload Berita Acara Pendataan (BAP) yang sudah ditanda tangani oleh kepala madrasah dengan cap stempel basah.

Mungkin bagi operator pendataan madarasah yang baru saja bertugas mengerjakan EMIS 4.0 ini masih merasa bingung, dan dalam kesempatan ini mimin akan menuliskan langkah atau cara cetak dan upload BAP EMIS 4.0 untuk pengerjaan ditahun pembelajaran 2021/2022.

Cara Cetak Dan Upload BAP EMIS 4.0 Semester Ganjil 2021/2022

Ada beberapa langkah yang harus dilakukan untuk cetak dan upload BAP EMIS 4.0 semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022, berikut caranya:

Pertama, silahkan klik website berikut: https://emis.kemenag.go.id

Kedua, login dengan menggunakan akun operator madrasah yang dimiliki

Ketiga, setelah berhasil login dan pada halaman utama emis 4.0 silahkan pilih menu monitoring, yang terdiri dari beberapa menu diantaranya:

  • Cek data GTK pastikn tidak ada yang berwarna merah
  • Data Siswa pastikan tidak ada yang berwarna merah
  • Data Sarpras pastikn tidak ada yang berwarna merah

Catatan: apabila data GTK, Siswa dan Sarpras yang ada di menu monitoring masih ada yang berwarna merah maka hendaknya segera diperbaiki sesuai dengan yang bertanda merah. Dan data yang sudah diisi atau sudah benar, maka akan bertanda dengan warna hijau.

Keempat, silahkan pilih menu konfirmasi untuk melakukan beberapa konfirmasi, seperti halnya:

  • Pilih menu kelembagaan, lalu konfirmasi data kelembagaan
  • Pilih data siswa, kemudian centang nama kepala sekolah yang sebagai penanggung jawab dalam pengisian. Terakhir pilih konfirmasi data siswa
  • Pilih data GTK, centang nama kepala sekolah yang sebagai penanggung jawab dalam pengisian. Terakhir pilih konfirmasi data GTK
  • Pilih menu sarpras, centang nama kepala sekolah yang sebagai penanggung jawab dalam pengisian. Terakhir pilih konfirmasi data sarpras

Kelima, setelah semua data diatas telah dikonfirmasi, selanjutnya pilih menu berita acara dan pilih cetak BAP. Selanjutnya beri tanda tangan dan stempel kepala madrasah sebagai penanggung jawab.

Keenam, setelah BAP sudah ditanda tangani dan diberikan stempel basah oleh kepala madrasah, selanjutnya scan file tersebut dalam bentuk pdf untuk selanjutnya di upload kembali

Ketujuh, untuk mengupload berita acara BAP EMIS, silahkn pilih menu UPLOAD BAP yang berada dibagian bawah menu download Berita Acara BAP.

Kedelapan, setelah langkah ketujuh anda lakukan, maka proses pengerjaan EMIS 4.0 untuk semester ganjil tahun 2021/2022 seharusnya sudah selesai dikerjakan.

 Akhir Kata

Mungkin itu saja yang dapat mimin bagikan tentang Cara Cetak Dan Upload BAP EMIS 4.0 Semester Ganjil 2021/2022. Semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimana pun berada dan mohon maaf jika terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami.

Post a Comment for "Cara Cetak Dan Upload BAP EMIS 4.0 Semester Ganjil 2021/2022"