Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Cara Screenshot Dengan Menggunakan laptop atau Komputer

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

Screenshot atau yang biasa disingkat dengan SS merupakan teknik untuk mengambil gambar yang ada pada layar, baik itu dilayar handphone, laptop maupun komputer. Oleh sebab itu, screenshot disebut juga sebagai teknik tangkap layar atau cupilkan layar.

Manfaat dengan screenshot ini adalah untuk menyimpan sebuah informasi yang ditampilkan pada layar handphone, laptop atau komputer. Misalnya ketika kita mengakses cara membuat masakan atau cara membuat kue diinternet, maka kita dapat melakukan screenshot terhadap tampilan langkah-langkah membuatnya, sehingga nantinya hasil dari tangkap atu cuplikan layar ini menjadi file foto yang langsung tersimpan di handphone maupun laptop dan bisa dilihat kembali kapan pun kita mau. Dengan screenshot ini membuat kita lebih mudah untuk menyimpan hal-hal yang lebih penting, tanpa harus menuliskannya pada sebuah buku.

Mungkin bagi anda untuk melakukan screenshot melalui handphone sudah sering digunakan, apalagi sekarang handphone dilengkapi dengan menu untuk screenshot. Jadi kita hanya tinggal klik saja menu tersebut, maka otomatis apa yang ditampilkan pada layar handphone akan terekam.

Lantas bagaimana jika ingin melakukan screenshot melalui laptop atau komputer? Mungkin ini masih jarang dilakukan oleh sebagian orang sehingga dirasa sulit untuk melakukan screenshot melalui laptop atau komputer.

Dan disini mimin akan menuliskan 4 cara melakukan screenshot melalui laptop atau komputer, dan bagi anda yang mengetahui cara lain untuk melakukan screenshot melalui laptop atau computer maka dapat menambahkannya di kolom komentar yang ada dibagian bawah artikel ini.

4 Cara Screenshot Dengan Menggunakan laptop atau Komputer  

1. Alt+printScreen

Cara screenshot pertama di laptop atau komputer yang dapat mimin tuliskan adalah dengan menekan tombol Alt+printScreen dikeyboard secara bersamaan. Adapun caranya sebagai berikut:

  • Silahkan anda tentukan terlebih dahulu tampilan apa yang ingin di screenshot, misalnya ingin melakukan screenshot mengenai resep makasan maka anda harus menghubungkan laptop dengan internet dan membuka suatu situs yang menampilkan resep makasan tersebut
  • Maka hasil dari screenshot otomatis akan langsung tersimpan

2. Menggunakan Tombol Windows+printScreen

Cara screenshot kedua di laptop atau komputer yang dapat mimin tuliskan adalah dengan menekan tombol windows+printScreen secara bersamaan. Tombol windows terletak di bagian bawah kiri keyboard, yang simbolnya persegi dengan posisi miring, mirip seperti jendela. Adapun caranya sebagai berikut:

  • Tentukan terlebih dahulu tampilan yang ingin di screenshot. Misalnya ingin screenshot layar home dari Google, kemudian klik tombol Windows+PrintScreen secara bersamaan.
  • Gambar akan tersimpan otomatis di dokumen Picture dalam laptop atau komputer.
  • Untuk mempermudah pencarian gambar, kamu bisa klik kanan, lalu klik Sort by dan terakhir klik Date.

3. Menggunakan Tombol PrintScreen

Cara screenshot ketiga di laptop atau komputer yang dapat mimin tuliskan adalah dengan menekan tombol PrintScreen pada keybord. Adapun letak daritombol PrintScreen ini terletak dibagian atas setelah tombol F12 atau tombol Pause Break, atau bisa saja berbeda dengan yang mimin sebutkan tadi sesuai dengan posisi keyboard dan juga jenis laptop yang anda miliki. Yang perlu anda ketahui adalah cara screenshot dengan menekan tombol PrintScreen ini tidak serta merta bisa langsung melakukan screenshoot, ada beberapa laptop yang tidak berfungsi untuk melakukan screenshot meskipun sudah menekan tombol tersebut.

Adapun caranya sebagai berikut:

  • Tentukan terlebih dahulu tampilan yang ingin di screenshot. Misalnya ingin screenshot layar home dari Google, kemudian klik tombol PrintScreen.
  • Setelah menekan tombol PrintScreen memang tidak ada reaksi apa-apa dan hasil gambar screenshot akan tersimpan pada clipboard dan anda bisa pastekan di penyimpanan lainnya.
  • Setelah itu buka aplikasi paint dan tempelkan screenshot (Ctrl+V), maka anda akan mendapatkan tampilan screenshot dari seluruh layar.
  • Anda bisa saja mengedit terlerbih dahulu atau bisa langsung menyimpannya, hanya dengan pilih File kemudian pilih Save As dengan jenis file JPG/JPEG/PING

4. Menggunakan Tombol Windows+Shift+S

Cara screenshot keempat di laptop atau komputer yang dapat mimin tuliskan adalah dengan menekan tombol Windows+Shift+S secara bersamaan. Metode ini hanya bisa digunakan pada laptop atau komputer yang telah menginstal sistem operasi Windows 10 versi terbaru. Caranya cukup mudah, berikut langkah-langkahnya:

  • Silahkan anda tentukan terlebih dahulu tampilan apa yang ingin di screenshot, misalnya ingin melakukan screenshot mengenai resep makasan maka anda harus menghubungkan laptop dengan internet dan membuka suatu situs yang menampilkan resep makasan tersebut, kemudian tekan tombol Windows+Shift+S
  • Tangkapan layar akan disalin ke clipboard yang dapat anda paste kan program atau aplikasi lain

Akhir Kata

Mungkin itu saja yang dapat mimin bagikan tentang 4 Cara Screenshot Dengan Menggunakan laptop atau Komputer. Bagi anda yang mengetahui cara lain untuk melakukan screenshot pada laptop atau komputer, maka agar sekiranya berkenan untuk berbagi dengan menuliskannya pada kolom komentar yang ada dibagian bawah artikel ini.

Semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimana pun berada dan mohon maaf jika terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami.

Post a Comment for "4 Cara Screenshot Dengan Menggunakan laptop atau Komputer"