Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Mengaktifkan Tab Develover Pada Excel

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

Microsoft excel?

Siapa yang tidak mengenal aplikasi yang satu ini, terlebih lagi bagi orang-orang yang bekerja diberbagai bidang perkantoran tentu sangat mengenal dengan aplikasi excel ini.

Aplikasi excel bisa dikatakan sebagai aplikasi pengeolah angka dengan berbagai macam rumus telah dipersiapkan didalamnya, sehingga dengan adanya jenis-jenis rumus tersebut maka kita sebagai orang yang mengakseskan akan diberikan kemudahan.

Dengan adanya aplikasi excel ini kita tidak perlu lagi menjumlahkan, mengurangi, membagi atau mengalikan angka secara manual. Kita hanya perlu menginputkan rumusnya dan hanya hitungan detik hasilnya pun sudah didapatkan.

Oleh sebab itu, aplikasi excel dapat dimanfaatkan atau dikembangkan untuk membuat jenis-jenis aplikasi lain sesuai dengan bidang pekerjaan dengan tujuan untuk mempermudah segala jenis pekerjaan. Banyak para ahli pembuat aplikasi yang menggunakan Excel ini sebagai wadahnya, lantaran kelengkapan rumus yang ada didalamnya.

Aplikasi excel juga mengalami perkembangan seiring dengan semakin majunya teknologi. Jika dulu orang menggunakan excel 2007, berbeda halnya dengan sekarang ini orang-orang sudah menggunakan excel dengan versi 2021. Adapun versi excel yang lainnya adalah, excel 2010, excel 2013 dan excel 2016. Apabila ada lagi versi excel yang lainnya yang belum mimin sebutkan, maka agar sekiranya bagi anda yang mengetahuiya untuk bisa menuliskannya pada kolom komentar yang ada dibagian bawah artikel ini.

Salah satu tab yang harus anda munculkan pada aplikasi Excel bernama Developer. Mungkin tab ini masih terdengar asing bagi kita, sehingga tab develover ini jarang muncul atau terlihat dibagian tab menu yang ada di aplikasi excel. Padahal tab Developer ini memiliki beberapa fungsi, diantaranya:

  1. Untuk menulis macro excel
  2. Untuk menjalankan makro yang kita rekam atau gunakan sebelumnya
  3. Untuk menggunakan perintah XML
  4. Untuk mengaktifkan rumus-rumus yang hanya dimiliki oleh tab developer
  5. Menggunakan form controls di Microsoft Excel.

Berikut cara atau langkah untuk mengaktifkan tab developer pada excel yang dapat mimin tuliskan atau bagikan dan semoga memberikanmanfaat bagi anda.

Cara Mudah Mengaktifkan Tab Developer Pada Excel

A. Excel 2007

Berikut cara atau langkah mengaktifkan tab developer pada excel 2007, yaitu:

  1. Silahkan anda buka Aplikasi Microsoft Excel 2007
  2. Selanjutnya pilih menu Microsoft Office Button yang ada dipojok kiri sebelah atas worksheet
  3. Apabila sudah, selanjutnya silahkan anda pilih menu Excel Options. Maka akan muncul kotak dialog Excel Option. Silahkan anda pilih menu Popular, lalu centang pada pilihan Show Developer Tab In The Ribbon
  4. Terakhir apabila pada poin nomor 4 diatas sudah dilakukan, silahkan klik OK

Catatan: begitulah cara atau langkah mengaktifkan Tab Developer pada excel 2007 yang dapat mimin tuliskan, jika anda mengetahui cara atau langkah lain untuk mengaktifkan tab developer, maka agar sekiranya anda berkenan menuliskannya pada kolom komentar yang ada dibagian bawah artikel ini.

B. Excel 2010, 2013 Dan 2016

Adapun cara atau langkah untuk mengaktifkan tab Developer pada excel 2010, 2013 dan 2016 memiliki kesamaan dengan langkah sebagai berikut:

  1. Silahkan anda buka Microsoft Office Excel yang terpasang pada laptop atau komputer anda
  2. Selanjutnya Klik kanan pada bagian Ribbon, kemudian pilih Customize the Ribbon
  3. Maka akan muncul kotak dialog dan silahkan anda lihat pada bagian menu yang ada disebelah kanan untuk memastikan bawha menu Main Tabs nya sudah Aktif
  4. Silahkan anda centang di bagian Developer check box
  5. Terakhir untuk menyimpannya silahkan pilih OK.

Cara lain untuk mengaktifkan menu Tab Develover, yaitu:

  1. Buka aplikasi Microsoft Office Excel
  2. Pilih Menu  File
  3. Silahkan pilih Options 
  4. Maka akan muncul kotak dialog Excel Options. Silahkan anda pilih menu Customize Ribbon
  5. Apabila pada bagian Customize Ribbon belum dapat menampilkan opsi Developer, selanjutnya silahkan Perhatikan bagian Choose Commands from dan pilih main Tabs
  6. Silahkan klik developer, lalu klik add
  7. Jika pada bagian Customize Ribbon sudah menampilkan opsi Developer, silahkan anda lewati langkah 5 dan 6 dan anda bisa saja langsung centang bagian pilihan developer 
  8. Klik OK 

Akhir Kata

Mungkin itu saja yang dapat mimin bagikan tentang Cara Mudah Mengaktifkan Tab Develover Pada Excel. Bagi anda yang mengetahui cara lain untuk mengaktifkan tab developer di excel, maka agar sekiranya berkenan untuk berbagi dengan menuliskannya pada kolom komentar yang ada dibagian bawah artikel ini.

Semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimana pun berada dan mohon maaf jika terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami.

Posting Komentar untuk "Cara Mudah Mengaktifkan Tab Develover Pada Excel"