Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Permainan Tradisional: Cara Membuat Pistol Dari Bambu

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

Generasi tahun 90’an dianggap generasi yang penuh dengan kesenangan, sebab dimasa tersebut belum adanya perkembangan teknologi seperti sekarang ini. Sehinga generasi di tahun 90’an belum mengenal apa itu gadget.

Maka dari itu, generasi 90’an lebih banyak menghabiskan waktu bersama dengan teman-temannya, mulai dari sekolah, mengajihingga bermain pun secara bersama-sama dilakukan dengan teman.

Mungkin bagi generasi sekarang ini ada yang tidak mengenal dengan permainan yang satu ini, bernama permaina “pistol dari bahan bambu”. Iya, sesuai dengan namanya permainan ini menggunakan bahan berasal dari bambu dengan ukuran yang kecil atau bagian dari ranting bambu yang memiliki ukuran kecil. Adapun yang menjadi pelurunya adalah berupa kertas yang dicelupkan kedalam air, sehingga kertas tersebut nantinya akan lembut dan mudah dimasukkan kedalam batang bambu yang menjadi larasnya.

Permainan ini sangat seru dimainkan, apalagi dimainkannya bersama dengan teman-teman, tentu akan lupa terhadap waktu. Jadi, apakah anda termasuk orang yang pernah memainkan permainan ini?

Adapun cara membuatnya mimin akan tuliskan langkah atau caranya, dan bagi para pembaca yang mengetahui cara lain dalam pembuatan pistol mainan berbahan bambu ini, maka agar sekiranya berkenan untuk menuliskannya pada kolom komentar yang ada dibagian bawah artikel ini.

Permainan Tradisional: Cara Membuat Pistol Dari Bambu

Yang pertama dan utama harus dipersiapkan adalah bahan-bahan yang nantinya akan digunakan dalam pembuatan pistol mainan berbahan bambu tersebut.

A. Bahan 

  1. Pisau/parang, dapat dimanfaatkan untuk mencari bambu ukuran kecil yang nantinya bisa digunakan dalam permainan
  2. Kertas, yang digunakan sebagai pelurunya
  3. Air, digunakan untuk merendam atau mencelupkan kertas tadi
  4. Bambu,dan inilah bahan utama dalam pembuatan pistol mainan tersebut yaitu adanya rumpun bambu dilingkungan sekitar kita diam. untuk

B. Cara Membuat Pistol Bambu

  1. Potong bambu yang kecil dengan panjang sekitar 30-35 cm, biasanya ranting dari batang bambu yang besar yang nantinya akan dibuat sebagai pistol mainan
  2. Bambu yang sudah dipotong tadi digunakan sebagai larasnya,dan hendaknya untuk memotong bamboo mengguanakan alat khusus. Misalnya gergaji untuk memotong bambu. 
  3. Ambil bambu besar yang sudah dibelah kemudian serut hingga berbentuk bulat seperti tusuk sate dengan ukuran sesuai dengan diameter laras untuk dijadikan sebagai alat penyodok. Ingat alat penyodok ini panjangnya tidak lebih dari laras yang telah dibuat tadi, misalnya jika anda membuat laras dengan panjang 30 cm, maka ukuran penyodoknya tersebut cukup dengan panjang 28-29 cm.
  4. Agar lebih kuat, masukan atau tancapkan alat penyodok ke dalam gagang atau pegangan. Dan pegangan ini nantinya dimanfaatkan untuk memukul-mukur kertas yang akan dimasukkan kedalam laras. 

C. Cara Bermain

  1. Silahkan celupkan kertas kedalam air, tidak ada batasan waktu untuk mencelupkan kertasnya kedalam air. Apabila dirasa kertasnya sudah lemah, maka itu berarti peluru telah siap untuk digunakan.
  2. Ambil secukupnya kertas yang sudah basah tadi, lalu masukkan ke dalam lubang laras dengan bantuan dorongan menggunakan penyodok
  3. Apabila sudah dimasukkan kertas pertama tadi kedalam laras dan kertasnya berada diujung laras, selnjutnya ambil satu kali lagi kertas basahnya masukan lagi ke dalam lubang laras lalu dorong dengan kuat menggunakan penyodok. Maka akan terdengar bunyi khasnya yang lumayan keras, dan itu menandakan bahwa pistol telah siap untuk digunakan.
  4. Ajak teman-teman anda untuk bermain secara bersama-sama, dan biarkan harimu terisi dengan hal yang sangat menyenangkan

Akhir Kata

Mungkin itu saja yang dapat mimin bagikan tentang Permainan Tradisional: Cara Membuat Pistol Dari Bambu. Harapan kita adalah permainan tradisional semacam ini hendaknya terus dilestarikan atau diperkenalkan kepada anak-anak kita. Dengan demikian dimasa yang akan datang mereka akan mengenal salah satu permainan tradisional pistol-pistolan dengan menggunakan bambu dan kertas sebagai media utamanya.

Semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimana pun berada dan mohon maaf jika terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami. Dan bagi anda yang mengetahui cara lain dalam membuat pistol mainan dari bambu dengan peluru berupa kertas yang basah, maka agar sekirnaya berkenan untuk menuliskannya pada kolom komentar yang ada dibagian bawah artikel ini.

Posting Komentar untuk "Permainan Tradisional: Cara Membuat Pistol Dari Bambu"