Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Kebiasaan Yang Dilakukan Pada Malam Tahun Baru

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

Tinggal hitungan jam saja lagi maka pergantian tahun akan berlangsung, dimana pergantian tahun tersebut adalah dari tahun 2021 ke tahun 2022. Diberbagai belahan dunia ini orang-orang ramai untuk mengikuti acara pergantian tahun baru, tak terkecuali di Negara Indonesia.

Berikut mimin akan merangkum 5 kebiasaan yang sering dilakukan di malam pergantian tahun ini dan jika anda mengetahui kebiasaan lainnya yang sering dilakukan oleh orang-orang dimalam tahun baru, maka agar sekiranya berkenan untuk menuliskannya pada kolom komentar yang ada dibagian bawah artikel ini.

Berikut 5 kebiasaan yang dilakukan dimalam tahun baru, diantaranya:

1. Masak-masakan

Pertama yang dapat mimin tuliskan adalah kegiatan masak-masakan. Ada berbagai macam jenis masakan yang diulah pada malam tahun baru mulai dari ikan bakar, ayam bakar, maupun yang lainnya.

Ketika masakan yang diulah sudah matang tentu hal yang sangat menyenangkan adalah dengan makan secara bersama-sama, baik itu bersama keluarga, tetangga, teman hingga masyarakat yang lainnya.

2. Bakar-bakaran

Hemm….kebiasaan yang dilakukan pada malam tahun baru yang kedua adalah acara bakar-bakaran. Bakar-bakaran yang dimaksud adalah kegiatan untuk mengulah makanan, seperti halnya bakar jagung, bakar tahu-tempe, dan sebagainya.

Tentu hal ini sangat menyenangkan sambil menunggu pergantian tahun sambil makan jagung bakar. Oh ya, jagung menjadi pilihan utama bahan makanan yang akan digunakan dalam acara bakar-bakaran.

3. Nongkrong

Iya, betul untuk point nomer 3 iniyang dapat mimin tuliskan adalah kegiatan duduk nongkrong sambil ngobrol bersama teman, tetangga, keluarga hingga dengan masyarakat lainnya. Nongkrong dapat dilakukan diteras rumah maupun di pos ronda, berbagai cerita pun silih berganti diucapkan sehingga suasana menjadi lebih nyaman. Apalagi jika ada teman yang bisa ngelawak, tentu obrolan lebih ramai dengan adanya candaan yang mengundang gelak tawa.

Cerita pun bervariasi mulai dari cerita bisnis, pekerjaan, cerita asmara, hingga cerita untuk menggenang masa kecil. Tentu dengan adanya cerita yang silih berganti diucapkan membuat waktu untuk pergantian tahun tidak terasa.

4. Melihat pertunjukan kembang api

Dimalam pergantian tahun sering diiringi oleh pertunjukan kembang api, hal ini membuat suasana semakin ramai dengan adanya pertunjukan kembang api. Hanya saja yang perlu kita perhatikan adalah untuk pertunjukan kembang api ini diadakan disuatu tempat khusus, misalnya di tanah lapang ataupun lapangan sepak bola dengan tujuan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Dan juga untuk pertunjukan kembang api ini perlu pengawasan yang ketat agar tidak terjadi kejadian yang tidak diinginkan, misalnya tidak menyalakan kembang api di tempat-tempat umum yang dapat menggangu ketertiban umum, tidak menyalakan kembang api di tempat yang berdekatan dengan pemukiman warga, tidak menyalakan kembang api yang dekat dengan tempat kesehatan seperti rumah sakit, dan sebagainya.

5. Nonton televisi

Ada juga sebagian dari orang-orang yang menunggu pergantian tahun dengan menonton acara televisi bersama keluarga dirumah. Berbagai acara pun diikuti hingga waktu pergantian tahun tiba.

Selain itu acara nonton televisi ini juga dibarengi dengan makan-makan cemilan yang sudah disediakan. Atau jika tidak ingin menonton acara yang ada di televise, maka acara yang ditonton juga bisa berasal dari DVD Player ataupun film yang telah didownload dan tersimpan di laptop.

Akhir Kata

Mungkin itu saja yang dapat mimin bagikan tentang 5 kebiasaan yang dilakukan dimalam tahun baru. Apapun kegiatan yang dilakukan dimalam tahun baru hendaklah yang bersifat positif, dan jangan melakukan kegiatan yang negative untuk menyambut malam tahun baru, misalnya dengan bermabuk-mabukan atau merusak fasilitas umum.

Dan bagi anda yang mengetahui kebiasaan yang sering dilakukan dimalam tahun baru, agar sekiranya berkenan untuk berbagi dengan menuliskannya pada kolom komentar yang ada dibagian bawah artikel ini. 

Semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimana pun berada dan mohon maaf jika terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami.

Post a Comment for "5 Kebiasaan Yang Dilakukan Pada Malam Tahun Baru"