Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CARA MENGISI FORM PENILAIAN KERUSAKAN BANGUNAN UNTUK DAK FISIK 2023

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

CARA MENGISI FORM PENILAIAN KERUSAKAN BANGUNAN UNTUK DAK FISIK 2023

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

Bagi setiap satuan pendidikan yang kondisi bangunan sekolahnya sudah mengalami kerusakan dapat melakukan pengusulan melalui aplikasi dapodik dan juga dengan mengisikan Form Penilaian Kerusakan Bangunan guna untuk mendapatkan bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2023.

Untuk persentasi tingkat kerusakan suatu bangunan yaitu:

Tingkat kerusakan < 30% memiliki kategori rusak ringan

Tingkat kerusakan >30 – 45% memiliki kategori rusak sedang

Tingkat kerusakan > 45% memiliki kategori rusak berat

Untuk persentasi kerusakan ini sesuai dengan nilai yang diisikan pada aplikasi dapodik dan untuk dapodik terbaru versi 2022 ini dalam pengisian nilai setiap bagian yang ada pada bangunan menyesuaikan perhitungan dari PUPR terbaru. 

Dari setiap bangunan akan terdapat beberapa komponen, seperti:

Pondasi

Kolom

Balok

Atap

Sanitasi/drainase

Kelistrikan

Lantai

Pintu

Kursen

Dll

Untuk persentasi kerusakannya dapat anda inputkan pada aplikasi dapodik melalui menu sarpras, pilih bangunan, pilih ruang teori/kelas, dan pilih input kondisi. Untuk rentang nilainya dapat diisikan sesuai dengan perhitungan PUPR, misalnya kerusakan pintu nilai tertingginya 8, apabila diinput dengan angka 10 otomatis kolom isian berwarna merah dan tidak valid.

Setelah menginput kondisi setiap ruangan, lakukan sinkronisasi dapodik. Selanjutnya anda dapat mendownload File Form Penilaian Kerusakan Bangunan pada link disini.

Untuk isian File Form Penilaian Kerusakan Bangunan tersebut sesuai dengan yang ada pada aplikasi dapodik, hingga nantinya akan terdapat nilai total dari kerusakan bangunan.

Selanjutnya file Form Penilaian Kerusakan Bangunan di tanda tangani oleh Petugas Survey, Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota/Provinsi, Dinas PUPR Kabupaten/Kota/Provinsi.

Dan dalam file Form Identifikasi Penilaian Kerusakan Bangunan Sekolah terdapat 8 komponen penilaian, seperti:

  1. Pondasi
  2. Struktur (kolom, balok dan pelat)
  3. Atap
  4. Plafond
  5. Dinding (batu dinding/partisi, kaca, pintu, dan kusen)
  6. Lantai (penutup lantai)
  7. Utilitas (instalasi listrik, instalasi air dan drainase limbah)
  8. Finishing (finishing langit-langit, finishing dinding dan finishing kusen/pintu)  

Setelah file Form Identifikasi Penilaian Kerusakan Bangunan selesai diisi dan ditandatangani, selanjutnya scan file tersebut dalam bentuk PDF untuk nantinya di upload pada https://sp.datadik.kemdikbud.go.id, dan besaran file maksimal ± 1 mb.

File Form Identifikasi Penilaian Kerusakan diisikan disetiap bangunan yang dianggap mengalami kerusakan. Misalnya, apabila dalam satu sekolah terdapat 3 bangunan yang mengalami kerusakan maka untuk file Form Identifikasi Penilaiannya pun ada 3.

Cara Upload File Form Penilaian Kerusakan Bangunan

Apabila File Form Penilaian Kerusakan Bangunan telah selesai diisikan, selanjutnya anda dapat menguploadnya dengan mengikuti cara atau langkah berikut ini:

  1. Silahkan kunjungi laman https://sp.datadik.kemdikbud.go.id
  2. Login dengan menggunakan akun operator sekolah atau dapodik
  3. Pada dashboard pilih menu SARPRAS, lalu pilih Form Penilaian Kerusakan Bangunan
  4. Beri tanda centang pada menu verifikasi, maka akan muncul isian kerusakn total dari setiap bangunan yang ada dengan melihat nilai akhir dari file Form Identifikasi Kerusakan Bangunan yang telah anda isikan sebelumnya. Lalu pada Dokumen Penilaian silahkan anda upload file Form Identifikasi Kerusakan Bangunan yang sebelumnya telah anda scan.

Catatan: Untuk bangunan lain yang mengalami kerusakan, cara mengisinya pun sama seperti yang telah mimin tuliskan diatas.

AKHIR KATA

Mungkin itu saja yang dapat mimin bagika mengenai cara mengisi form penilaian kerusakan bangunan untuk DAK Fisik 2023. Dan bagi anda yang ingin berbagi cara lain untuk mengisi dan menghitung form penilaian kerusakan bangunan agar dapat berbagi dengan menuliskannya di kolom komentar yang ada dibawah ini.

Terakhir semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimanapun berada dan mohon maaf apabila terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami, agar sekiranya dapat memakluminya.  

Post a Comment for "CARA MENGISI FORM PENILAIAN KERUSAKAN BANGUNAN UNTUK DAK FISIK 2023"