Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

[NEW] CARA MENGISI SULINGJAR UNTUK KEPALA SEKOLAH DAN GURU TAHUN 2022

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

[NEW] CARA MENGISI SULINGJAR UNTUK KEPALA SEKOLAH DAN GURU TAHUN 2022

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga segera mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang belajar, semoga mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

WAHYUDIANSYAH.COM – Cara Mengisi Sulingjar Untuk Kepala Sekolah Dan Guru Tahun 2022

Sulingjar adalah singkatan dari Survey Lingkungan Belajar merupakan sebuah website yang dikembangkan oleh Kemendikbud Ristek untuk setiap jenjang Pendidikan dari tingkat dasar hingga tingkat atas. Adapun Sulingjar ini berisikan beberapa instrument yang harus dijawab oleh kepala sekolah dan dewan guru yang ada pada setiap jenjang Pendidikan dan sesuai dengan yang terdata pada aplikasi dapodik masing-masing.

Sulingjar ini diisikan oleh Kepala Sekolah dan Dewan Guru lantaran merekalah yang memiliki peran sangat penting dalam setiap bagian pembelajaran yang ada disekolah dan diharapkan dalam mengisikan instrumen sulingjar ini secara adil serta riil sesuai dengan kondisi yang pernah dialami.

Adapun tujuan dari pengisian Sulingjar atau Survei Lingkungan Belajar ini adalah untuk memotret berbagai aspek yang terkait dengan lingkungan belajar di kelas, disekolah maupun mitra dengan masyarakat pada setiap jenjang sekolah. Adapun hasil dari pengerjaan sulingjar ini nantinya dapat memberikan profil satuan pendidikan atau sekolah dari input-proses-output secara nyata atau bisa dikatakan akan ada Rapor Sekolah yang dimiliki. Tentunya sekolah sudah mengetahui Rapor mutunya masing-masing setelah ditahun sebelumnya sudah mengerjakan Survey Lingkungan Belajar.

Cara Mengisi Sulingjar Untuk Kepala Sekolah Dan Guru Tahun 2022

Dalam pengisian Sulingjar ini menyesuaikan waktu yang telah ditetapkan yaitu per 31 Agustus 2022 untuk batas akhir pengerjaannya, namun bagi anda yang lupa atau tidak sempat mengerjakannya karena beberapa hal dapat segera mencoba untuk mengerjakan. Adapun cara atau langkah dalam mengisikan Sulingjar atau Survey Lingkungan Belajar Tahun 2022 ini, yaitu: 

  • Kepala sekolah dan dewan guru memastikan sudah memiliki token untuk login kelaman Survei Lingkungan Belajar pada https://surveilingkunganbelajar.kemdikbud.go.id/
  • Dalam pengerjaannya bisa menggunakan perangkat komputer, laptop maupun langsung dengan menggunakan handphone (android) yang sudah terhubung dengan internet
  • Silahkan isikan NPSN Sekolah, Token dari proctor/operator sekolah, NIK dan tanggal lahir (tanggal, bulan, tahun), lalu kemudian pilih Login
  • Pada dashboard Sulingjar atau Survey Lingkungan Belajar akan terlihat nama kita dan tugasnya sebagai guru atau kepala sekolah, lalu ada nama paket isntrumen survey lingkungan belajar
  • Silahkan anda pilih dan klik menu MULAI apabila sudah siap ingin mengisi instrument Sulingjar atau Survey Lingkungan Belajar
  • Adapun jumlah butir instrument masing-masing orang berbeda seusi dengan tugas yang dijalankan baik itu sebagai kepala sekolah maupun sebagai guru (kelas bawah dan kelas atas)
  • Pastikan seluruh instrument terisikan, apabila ada yang ketinggalan dalam mengisikan maka tidak bisa melanjutkan untuk mengisi instrument di nomor berikutnya.

Dalam pengisian Survey Lingkungan Belajar tidak terikat oleh waktu dalam artian apabila tidak selesai mengerjakannya dalam satu waktu maka anda dapat menghentikannya dan mulai mengerjakannya Kembali dalam waktu lain. Hanya saja yang perlu diperhatikan adalah Ketika anda mengisikan Survey Lingkungan Belajar menggunakan handphone maka lebih baik sampai selesai menggunakan handphone dan apabila menggunakan komputer atau laptop, maka sampai selesai tetap menggunakannya. Hal ini dikarenakan apabila anda mengerjakan Survey Lingkungan Belajar menggunakan handphone lalu mengerjakan lagi menggunakan komputer atau laptop maka pengerjaannya bisa saja dimulai dari awal lagi. 

AKHIR KATA

Mungkin itu saja yang dapat mimin bagikan mengenai Cara Mengisi Sulingjar Untuk Kepala Sekolah Dan Guru Tahun 2022. Adapun tujuan dari pengisian Sulingjar atau Survei Lingkungan Belajar ini adalah untuk memotret berbagai aspek yang terkait dengan lingkungan belajar di kelas, disekolah maupun mitra dengan masyarakat pada setiap jenjang sekolah.

Bagi anda yang ingin berbagi mengenai pengisian Sulingjar atau Survey Lingkungan Belajar tahun 2022 ini agar sekiranya dapat menuliskannya pada kolom komentar yang ada dibagian bawah artikel ini. Terakhir semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimanapun berada dan mohon maaf apabila terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami, agar sekiranya dapat memakluminya.  

Post a Comment for "[NEW] CARA MENGISI SULINGJAR UNTUK KEPALA SEKOLAH DAN GURU TAHUN 2022"