Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CARA VERIFIKASI IJAZAH UNTUK SEKOLAH MADRASAH PADA WEBSITE PDUM TAHUN 2022

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

CARA VERIFIKASI IJAZAH UNTUK SEKOLAH MADRASAH PADA WEBSITE PDUM TAHUN 2022

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga segera mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang belajar, semoga mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

WAHYUDIANSYAH.COM – Cara Verifikasi Ijazah Untuk Sekolah Madrasah Pada Website PDUM Tahun 2022

Tahun pelajaran 2021/2022 sudah berakhir dan setiap sekolah tentunya sudah menyerahkan Ijazahnya kepada peserta didik pada tingkat akhir, kelas B (untuk jenjang TK/PAUD/RA), kelas 6 (untuk jenjang SD/MI), kelas 9 (untuk jenjang SMP/MTs) dan kelas 12 (untuk jenjang SMA/MA/SMK). Dan bagi sekolah madrasah seperti halnya Raudhatul Athfal (RA), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) diharuskan untuk melakukan verifikasi Ijazah yang diterima sekolah sesuai dengan peserta didiknya pada tingkat akhir melalui website PDUM Kemenag.

Pada website PDUM Kemenag memiliki menu baru berupa “IJAZAH” yang mana pada menu ijazah tersebut akan terdapat nomor seri Ijazah yang akan diterima oleh masing-masing sekolah dan nantinya operator madrasah menginputkan nama peserta didik yang akan menerima Ijazah tersebut secara berurutan. Selain operator madrasah, admin kemenag kabupaten/kota setempat juga memiliki peran yang sangat penting dalam memberikan informasi dalam pengisian verifikasi Ijazah pada website PDUM ini dan juga berperan penting dalam membagikan ijazah kepada setiap sekolah sesuai dengan data yang valid, guna menghindari kekeliruan dalam pembagian blanko ijazah yang telah diterimanya.

Sebelum menulis isian pada blanko ijazah sebaiknya operator sekolah madrasah melakukan verifikasi pada website PDUM terlebih dahulu guna untuk menyusun nama-nama peserta didik yang akan menerima ijazah sesuai dengan urutan dan sesuai dengan nomor seri yang telah dipilihkan. Dan perlu diketahui bahwa untuk nomor seri ijazah sudah secara otomatis muncul pada website PDUM sehingga untuk operator sekolah hanya perlu mencocokkan data antara blanko ijazah yang diterima dan mengisikan nama peserta didik yang akan menerima ijazah tersebut sesuai dengan urutan nomor seri yang telah ada.

Dan dalam kesempatan kali ini mimin akan membagikan cara melakukan verifikasi ijazah untuk sekolah madrasah pada website PDUM Tahun 2022, yang mana verifikasi dimaksudkan adalah untuk mencocokkan nomor seri blanko ijazah yang diterima dengan peserta didik yang akan menerima ijazahnya tersebut. Berikut cara atau langkahnya:

  1. Anda bisa masuk kedalam laman https://pdum.kemenag.go.id/
  2. Untuk Login PDUM 2022 menggunakan Username: NSM dan Passwordnya: NPSN sekolah sesuai dengan yang ada di EMIS Madrasah
  3. Setelah berhasil login, silahkan anda scroll kebawah dan klik menu Ijazah maka akan terlihat nomor seri ijazah secara urut sesuai dengan jumlah peserta didik pada sekolah tersebut
  4. Selanjutnya pilih dan klik PILIH SISWA, maka akan muncul data seluruh data siswa secara beruritan sesuai dengan DNT. Silahkan pilih dan klik PILIH SISWA Kembali, maka secara otomatis nama siswa akan muncul sesuai dengan nomor seri ijazahnya
  5. Jika terdapat kesalahan dalam memilih nama siswa yang akan menerima ijazah tersebut, silahkan pilih dan klik BATALKAN SISWA

Catatan: Sebenarnya untuk memilih nama siswa ini boleh secara acak apabila pihak sekolah sudah melakukan penulisan pada blanko ijazahnya dan tugas operator madrasah hanya mencocokkan data siswa penerima ijazah sesuai dengan nomor serinya yang ada pada PDUM. Tetapi jika pihak sekolah belum melakukan penulisan pada blanko ijazah, maka alangkah baiknya untuk pengisian pada PDUM tersebut diawali dengan memilih siswa secara berurutan dan penulisan ijazah nantinya mengikuti isian pada PDUM.

AKHIR KATA

Mungkin itu saja yang dapat mimin bagikan mengenai Cara Verifikasi Ijazah Untuk Sekolah Madrasah Pada Website PDUM Tahun 2022. Yang mana tujuan dari penulisan ini adalah untuk memastikan adanya kecocokan antara ijazah yang diterima siswa dengan data yang diinputkan pada website PDUM dan sebagai bukti bahwa ijazah dengan nomor seri yang telah ada diterima oleh siswa yang benar sesuai dengan isian. Andaipun terjadi kesalahan dalam penginputan data siswa yang menerima ijazahnya, maka dapat memilih menu BATALKAN SISWA dan memilih nama siswa yang sebenarnya yang telah menerima ijazah tersebut. Selagi menu ijazah belum terkunci maka perbaikan masih bisa dilakukan apabila terdapat kesalahan atau kekeliruan.

Bagi anda yang ingin berbagi mengenai verifikasi ijazah untuk sekolah madrasah pada website PDUM ini agar sekiranya  dapat menuliskannya pada kolom komentar yang ada dibagian bawah artikel ini. Terakhir semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimanapun berada dan mohon maaf apabila terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami, agar sekiranya dapat memakluminya.  

Posting Komentar untuk "CARA VERIFIKASI IJAZAH UNTUK SEKOLAH MADRASAH PADA WEBSITE PDUM TAHUN 2022"