Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

[UPDATE] CEK SELEKSI PPPK GURU TAHUN 2022

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

[UPDATE] CEK SELEKSI PPPK GURU TAHUN 2022


Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga segera mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang belajar, semoga mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

WAHYUDIANSYAH.COM – Cek Seleksi PPPK Guru Tahun 2022

Seleksi PPPK Guru tahun 2022 telah resmi dibuka pertanggal 31 Oktober s.d 13 November 2022 dan dengan demikian maka kita sudah bisa melakukan pengecekan terhadap data PPPKnya masing-masing. Untuk mengetahui apakah anda termasuk prioritas 1 (P1), prioritas 2 (P2), prioritas 3 (P3), dan Prioritas Umum (P.Umum) maka bisa dilakukan dengan login pada laman https://gurupppk.kemdikbud.go.id/

Adapun cara login pada laman tersebut anda hanya memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) sebagai usernamenya dan Password sesuai dengan yang telah dibuat pada saat mendaftar seleksi PPPK Guru tahap 1 dan tahap 2 kemarin.

Bagi yang sudah mencapai nilai Passing Grade (PG) tentunya akan masuk ke bagian Prioritas 1 (P1) dan hanya menunggu SK Penempatannya dimana. Namun, bagi yang nilainya tidak mencapai ambang batas tentunya harus kembali mengikuti seleksi sesuai dengan tanggal yang telah ditentukan dan berharap formasinya masih tetap tersedia.

Namun apa jadinya ketika login pada laman PPPK Guru tahun 2022, tetapi informasi yang muncul seperti ini “Mohon maaf, formasi pada instansi sudah tidak tersedia. Anda tidak dapat melanjutkan pendaftaran ini”. Tentunya informasi ini membuat kita menjadi was-was karena peluang untuk mengikuti seleksi PPPK Guru tahun 2022 sudah hampir tidak ada lagi.

Apabila muncul keterangan seperti itu baik bagi prioritas 1 (P1), prioritas 2 (P2) maupun prioritas 3 (P3) tentunya tidak akan bisa melanjutkan pendaftaran seleksi PPPK Guru tahun 2022 ketahap selanjutnya. Hal tersebut terjadi lantaran beberapa hal, diantaranya:

  1. Karena linieritas ijazah yang berbeda, misalnya ijazah yang dimiliki adalah S1 Bahasa Inggris, sedangkan formasi yang tersedia adalah Guru Kelas (S1 PGSD)
  2. Karena memang formasi pada instansi tersebut sudah kosong atau sudah ada yang mengisinya
  3. Dapat menungu hasil dari P1 yang mendapatkan tempat karena passing grade, dan berharap masih ada formasi kosong yang bisa didaftar

Tentunya kita berharap untuk seleksi PPPK Guru tahun 2022 ini bisa diperbaiki, yaitu bagi calon peserta PPPK yang memiliki ijazah tidak linier dengan jabatan yang ada disekolah maka dapat memilih formasi disekolah lain yang sesuai dengan ijazah yang dimiliki. Dan berharap system pendaftaran PPPK Guru tahun 2022 ini sama persis dengan seleksi PPPK Guru tahap 2 kemarin yang mana kita dpat memilih formasi disekolah lain sesuai dengan ijazah yang dimiliki. 

Jika untuk P1, P2 dan P3 saja tidak bisa memilih formasi diinstansi lain, lalu bagaimana dengan pelamar umum? Tentu mereka juga tidak akan bisa memilih formasi yang tersedia.

Dan bagi anda yang ketika berhasil login pada laman https://gurupppk.kemdikbud.go.id/ mendapatkan informasi supaya memilih salah satu Pendidikan yang paling tepat maka sejatinya anda akan bisa mengikuti seleksi PPPK Guru tahun 2022. Ini terjadi mungkin dikarenakan formasi yang ada disekolah anda masih kosong dan ijazah yang dimiliki linieritas dengan jabatan yang dimiliki, sehingga anda dapat melangkah ketahap berikutnya pada website tersebut.

AKHIR KATA

Mungkin itu saja yang dapat mimin bagikan mengenai Cek Seleksi PPPK Guru Tahun 2022. Yang mana tujuannya adalah untuk memastikan apakah kita menjadi salah satu calon peserta PPPK Guru dengan prioritas 1 (P1), prioritas 2 (P2), prioritas 3 (P3) dan prioritas umum (P.Umum). Dan harapan terbesar kita adalah dapat mengikuti seleksi PPPK Guru tahun 2022, mendapatkan nilai yang tertingga dan kemudian dapat mengisi formasi yang tersedia.

Bagi anda yang ingin berbagi mengenai seleksi PPPK Guru Tahun 2022 ini agar sekiranya dapat menuliskannya pada kolom komentar yang ada dibagian bawah artikel ini. Terakhir semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimanapun berada dan mohon maaf apabila terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami, agar sekiranya dapat memakluminya.  

Posting Komentar untuk "[UPDATE] CEK SELEKSI PPPK GURU TAHUN 2022"