Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CARA MERUBAH PILIHAN KURIKULUM MERDEKA PADA DAPODIK 2023

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

CARA MERUBAH PILIHAN KURIKULUM MERDEKA PADA DAPODIK 2023

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga segera mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang belajar, semoga mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

WAHYUDIANSYAH.COM – Cara Merubah Kurikulum Merdeka Pada Dapodik 2023

Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) sudah mulai berjalan yang mana untuk sekolah dasar kelas yang melaksanakan pembelajaran dengan Kurikulum Merdeka adalah kelas 1 dan kelas 4. Itu artinya untuk kelas 1 dan kelas 4 sudah dapat memilih kurikulum merdeka pada pembelajaran yang ada di aplikasi dapodik yang digunakan, yaitu aplikasi dapodik 2023.

Jadi, bagi anda yang sekolahnya termasuk dengan IKM dapat mengubah pilihan Kurikulum yang awalnya 2013 pada aplikasi dapodik dapat diganti dengan Kurikulum SD Merdeka. Hanya saja yang perlu diketahui adalah tidak semua sekolah dapat memilih Kurikulum SD Merdeka, sehingga masih menggunakan Kurikulum 2013. Bagi yang tidak ada pilihan Kurikulum SD Merdeka mungkin dapat menunggu aplikasi dapodik versi terbaru atau patch yang akan dirilis dan dengan demikian anda tidak perlu khawatir terhadap Kurikulum yang tertera pada aplikasi Dapodik.

Bagi anda yang dapat memilih pembelajaran Kurikulum Merdeka SD untuk kelas 1 dan kelas 4, berikut mimin bagikan cara atau langkahnya:

  1. Silahkan login pada aplikasi dapodik versi 2023
  2. Pilih menu Rombongan Belajar, lalu pilih Reguler
  3. Silahkan anda pilih dan klik menu TAMBAH, pilih kelas 1, lalu pilih Kurikulum Merdeka SD apabila terdapat pilihannya dan untuk Ruang pilih sembarang dulu
  4. Setelah rombel berhasil dibuat, silahkan anda pilih rombel kelas 1 yang telah ada, lalu keluarkan siswa dari rombel dengan mendrag data siswa yang ada disebelah kiri ke arah kanan
  5. Setelah semua siswa selesai di drag dari arah kiri ke kanan, selanjutnya anda dapat menghapus rombel kelas 1 yang masih terbaca menggunakan Kurikulum 2013
  6. Dan pada rombel kelas 1 dengan kurikulum merdeka yang telah anda buat tadi, silahkan Tarik siswanya agar masuk kedalam rombel sesuai dengan kurikulum yang benar
  7. Untuk kelas yang lainnya dapat dilakukan seperti pada poin nomor 3 – 6 diatas.
  8. Jangan lupa melakukan sinkronisasi setelah selesai melakukan perbaikan dalam pemilihan Kurikulum pada aplikasi dapodik 2023 yang digunakan.

AKHIR KATA

Mungkin itu saja yang dapat mimin bagikan mengenai Cara Merubah Kurikulum Merdeka Pada Dapodik 2023. Bagi sekolah yang menjadi sasaran Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) khususnya untuk jenjang SD dapat mengubah pilihan kurikulum pada aplikasi dapodik versi 2023 dengan pilihan Kurikulum Merdeka SD dan apabila pilihan Kurikulum Merdeka SD masih tidak muncul dalam aplikasi dapodik jangan perlu khawatir, semoga ada patch dapodik terbaru yang akan dirilis atau aplikasi dapodik baru yang dirilis sehingga kita dapat memilih Kurikulum Merdeka SD. 

Bagi anda yang ingin berbagi mengenai informasi Mengubah Kurikulum yang ada pada aplikasi dapodik agar sekiranya  dapat menuliskannya pada kolom komentar yang ada dibagian bawah artikel ini. Terakhir semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimanapun berada dan mohon maaf apabila terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami, agar sekiranya dapat memakluminya.  

Posting Komentar untuk "CARA MERUBAH PILIHAN KURIKULUM MERDEKA PADA DAPODIK 2023"