Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CARA MEMBUAT FILE FOLDER DALAM BENTUK WINRAR PADA WINDOWS 10 DAN 11

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh
CARA MEMBUAT FILE FOLDER DALAM BENTUK WINRAR PADA WINDOWS 10 DAN 11
Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga segera mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang belajar, semoga mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

WAHYUDIANSYAH.COM – Cara Membuat File Folder Dalam Bentuk Winrar Pada Windows 10 dan 11

Untuk dapat mengirim suatu file dalam bentuk folder kita tentunya harus menggunakan cara khusus, sebab file dalam bentuk sebuah folder tidak bisa dikirim begitu saja, baik itu dikirim melalui email maupun media sosial. File folder yang akan kita kirim tersebut menjadi beberapa bagian, sehingga file yang berada dalam folder menjadi berserakan tidak beraturan. Dan Teknik yang digunakan agar dapat mengirimkan file folder secara utuh tanpa terbagi-bagi adalah dengan menjadikan file folder tersebut dalam bentuk Winrar terlebih dahulu.

Bagi yang bekerja pada suatu instansi pemerintahan yang berhubungan dengan bidang IT tentu sudah tidak asing lagi dengan aplikasi Winrar ini. Aplikasi Winrar ini ditujukan dengan gambar tumpukan buku, dan kita dapat memperbaharui aplikasi Winrar di laptop/PC dengan mendownload versi terbarunya.

Aplikasi Winrar ini cukup penting keberadaannya pada sebuah perangkat komputer, sebab kita dapat mengekstrak file-file yang sebelumnya berbentuk Winrar agar dapat dipergunakan. Misalnya, dalam satuan Pendidikan ada yang Namanya kegiatan ANBK untuk kelas 5 Sekolah Dasar dan aplikasi yang digunakan dalam bentuk Winrar, sehingga mengharuskan kita terlebih dahulu untuk mengekstraknya. Dan tidak jarang file tersebut gagal di ekstrak lantaran versi aplikasi Winrar yang kita gunakan versi lama, sehingga mengharuskan kita untuk menginstal versi terbarunya.

Nah, itu lah tadi sedikit perkenalan dan manfaat dari aplikasi Winrar. Dalam kesempatan kali ini mimin akan membagikan cara membuat file folder Winrar pada windows 10 dan juga pada windows 11.

Mungkin bagi anda yang baru saja memakai perangkat komputer atau laptop dengan versi windows 10 atau windows 11 merasa bingung cara merubah suatu folder agar bisa menjadi file winrar. Berikut mimin bagikan caranya:

• Windwos 10 dan windows 11

Ada beberapa Langkah yang harus anda lakukan untuk dapat membuat file folder dalam bentuk winrar pada windows 10, yaitu:

  1. Download dan Instal aplikasi WinRar terlebih dahulu (versi terbaru)
  2. Klik kanan pada file atau folder yang akan dijadikan winrar, lalu pilih Add to “nama file.rar”, menu ini akan otomatis ditambahkan jika sudah menginstal WinRar
  3. Tunggu proses kompresi sampai selesai, lama waktu tergantung dari ukuran dan banyaknya file yang ada dalam folder
  4. File Rar yang baru dibuat akan berada di lokasi yang sama dengan file aslinya

Atau cara lain bagi yang sudah menginstal aplikasi winRar tetapi dimenu ekstrak tidak muncul:

1. Klik kanan pada suatu file folder yang akan dijadikan winRar

2. Pilih Show More Option, lalu cari dengan nama winRar

3. Pilih add to “nama file”.rar

4. Tunggu proses kompresi selesai

5. Dan file folder pun sudah menjadi file winRar

Mungkin dibeberapa jenis laptop edisi terbaru tidak muncul menu Winrar setelah kita melakukan klik kanan pada suatu folder yang akan dijadikan file Winrar, sehingga kita dapat menggunakan Langkah kedua yaitu dengan memilih menu “Show More Optioon”. Adapun untuk windows 11 sama saja dengan cara yang dilakukan pada windows 10 apabila ingin menjadikan suatu file folder dalam bentuk winrar.  

AKHIR KATA

Mungkin itu saja yang dapat mimin bagikan Cara Membuat File Folder Winrar Pada Windows 10 dan 11. Yang mana ini dilakukan agar dalam mengirimkan suatu file yang berada dalam folder tidak terbagi-bagi atau acak-acakan. Ketika kita mengirim file folder dengan jenis winrar dan setelah si penerima mengekstraknya, maka file folder tersebut menjadi utuh sesuai dengan folder awal yang kita kirimkan.

Bagi anda yang ingin berbagi mengenai informasi tentang aplikasi winRar ini agar sekiranya dapat menuliskannya pada kolom komentar yang ada dibagian bawah artikel ini. Terakhir semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimanapun berada dan mohon maaf apabila terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami, agar sekiranya dapat memakluminya.

Posting Komentar untuk "CARA MEMBUAT FILE FOLDER DALAM BENTUK WINRAR PADA WINDOWS 10 DAN 11"