Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

JUKNIS PENULISAN IJAZAH UNTUK SEKOLAH KEMENAG TAHUN 2023

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

JUKNIS PENULISAN IJAZAH UNTUK SEKOLAH KEMENAG TAHUN 2023

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga segera mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang belajar, semoga mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

WAHYUDIANSYAH.COM – Juknis Penulisan Ijazah Untuk Sekolah Kemenag Tahun 2023

Pembelajaran semester genap tahun 2022/2023 sudah hamper berakhir, tinggal beberapa bulan saja lagi sekolah tingkat akhir kelas VI (Enam), IX (Sembilan), dan XII (Dua Belas) akan melakukan Ujian Akhir Semester (UAS). Yang mana ujian ini tentunya sebagai penentu apakah siswa yang berada dikelas akhir dinyatakan Lulus atau Tidak. Bagi siswa yang dinyatakan Lulus tentunya akan mendapatkan Ijazah sebagai tanda tamat belajar sesuai dengan jenjang sekolah yang dijalani.

Sebelum melakukan penulisan Ijazah sudah sepantasnya setiap satuan Pendidikan mengetahui Juknis yang mengatur tentang penulisan Ijazah tersebut, dan salah satunya adalah sekolah-sekolah dibawah naungan Kemenag. Adapun sekolah yang dimaksud adalah Raudhatul Athfal (RA), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA). Dalam penulisan Ijazah untuk para siswanya yang berada ditingkat akhir harus sesuai dengan Edaran Juknis Kemenag, hal ini bertujuan agar tidak terjadi kesalahan didalam penulisan meskipun hanya sedikit. Ketelitian dalam penulisan sangat diutamakan, terlebih lagi untuk blanko ijazah yang diterima oleh sekolah sesuai dengan jumlah siswa yang dilaporkan sehingga dalam penulisannya diperlukan kehati-hatian.

Dalam kesempatan kali ini mimin akan membagikan Juknis Penulisan Ijazah untuk sekolah RA, MI, MTs, dan MA sesuai dengan Edaran Juknis Kemenag terbaru tahun 2023.

Juknis penulisan ijazah pada tingkat RA

Bagian (1) diisi nomor surat keluar khusus Ijazah yang dikeluarkan oleh satuan pendidikan RA.

Contoh:  0001/Ra.09.01. 0057/PP.01.1/06/2023

Keterangan:

0001 : empat digit nomor urut surat keluar ijazah, dengan ketentuan nomor urut dimulai dari 0001 s.djumlah siswa yang tamat belajar dari RA tersebut.  Misalnya RA Istiqlal Kota Jakarta Pusat memiliki 25 siswa yang tamat belajar, maka nomornya dimulai dari 0001 sampai dengan 0025.

09 : dua digit kode Provinsi (DKI Jakarta)

01 : dua digit kode Kab/Kota (Jakarta Pusat)

0057 : empat digit kode RA (RA Istiqlal) PP.01.1:  klasifikasi surat (tidak boleh dirubah)

06 : bulan penerbitan ijazah (Juni)

2023 : tahun penerbitan ijazah

(kode Kabupaten/Kata dan kode RA ditetapkan oleh Kanwil Kemenag Provinsi setempat)

Bagian (2) diisi dengan nama RA yang menerbitkan Ijazah sesuai dengan nomenklatur. Contoh:  RA Istiqlal DKI Jakarta

Bagian (3) diisi dengan nomor pokok sekolah nasional (NPSN) RA yang menerbitkan Ijazah. Contoh:  69732806

Bagian (4) diisi dengan nama kabupaten/kota. Contoh:  Kota Jakarta Pusat

Bagian (5) diisi dengan nama provinsi. Contoh:  DKI Jakarta

Bagian (6) diisi dengan nama siswa pemilik Ijazah menggunakan HURUF KAPITAL. Nama harus sama dengan yang tercantum pada Akte   Kelahiran/Dokumen   Kelahiran   yang sah   sesuai   dengan peraturan perundang-undangan. Contoh:  AISYAH

Bagian (7) diisi dengan tempat dan tanggal lahir siswa pemilik Ijazah.   Tempat dan tanggal lahir harus sama dengan yang tercantum pada Akte Kelahiran/Dokumen Kelahiran yang sah sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Contoh:  Jakarta, 21 Februari 2016

Bagian (8) diisi dengan nama orang tua/wali siswa pemilik Ijazah. Nama orang tua/wali siswa harus sama dengan yang tercantum pada Akte Kelahiran/Dokumen Kelahiran yang sah sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Contoh:  Budianto

Bagian (9) diisi dengan nomor induk siswa sesuai dengan buku induk di RA yang bersangkutan. Contoh:  19417

Bagian (10) diisi dengan nomor induk siswa nasional. Contoh: 3154699011

Bagian (11) diisi dengan nama Kabupaten/Kota tempat penerbitan, dilanjutkan dengan tanggal (2 digit) dan bulan ditulis dengan menggunakan huruf (tidak boleh disingkat) sesuai dengan tanggal pengumuman tamat belajar dari RA. Pengumuman tamat belajar RA tanggal 08 Juni 2023. Contoh:  Jakarta, 08 Juni 2023

Bagian (12) diisi dengan nama Kepala RA yang menerbitkan Ijazah dan dibubuhkan tanda tangan. Bagi Kepala RA pegawai negeri sipil diisi dengan Nomor Induk Pegawai (NIP), sedangkan Kepala RA yang non pegawai negeri sipil   diisi satu buah strip (-).  Apabila karena sesuatu dan lain hal tidak ada Kepala RA definitif, maka Ijazah dapat ditanda tangani oleh Pelaksana Togas (Plt) Kepala RA.

Contoh PNS:  Santi Muslihat,  S.Pd.I

NIP.  197105071993032001

Contoh Non PNS:  Zatiah,  S.Pd.I

NIP.  •

Bagian (13) ditempelkan pasfoto siswa pemilik ijazah yang terbaru ukuran 3 cm x 4 cm hitam putih  atau  berwarna,  posisi  wajah menghadap lurus kedepan dan memakai seragam RA, dibubuhi cap tiga jari  tengah tangan kiri pemilik Ijazah.

Bagian (14) dibubuhkan stempel RA yang menerbitkan Ijazah sesuai dengan nomenklatur.  Stempel menyentuh pasfoto siswa pemilik ijazahdiisi dengan tempat dan tanggal lahir siswa pemilik Ijazah.   Tempat dan tanggal lahir harus sama dengan yang tercantum pada Akte Kelahiran/Dokumen Kelahiran yang sah sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Contoh:  Jakarta, 21 Februari 2016. 

Download Juknis Penulisan Blanko Ijazah Tahun 2023 Kemenag DISINI

AKHIR KATA

Mungkin itu saja yang dapat mimin bagikan mengenai Juknis Penulisan Ijazah Untuk Sekolah Kemenag Tahun 2023. Yang mana Juknis ini sangat penting untuk dipahami oleh guru yang menjadi penanggung jawab pada kelas akhir. Dengan memahami juknis yang diberikan maka diharapkan adanya ketelitian dalam melakukan penulisan ijazah, dan menghindarkan kesalahan meskipun kecil dalam penulisan ijazah tahun 2023.

Bagi anda yang ingin berbagi mengenai informasi mengenai Juknis penulisan ijazah kemenag tahun 2023 ini agar sekiranya dapat menuliskannya pada kolom komentar yang ada dibagian bawah artikel ini. Terakhir semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimanapun berada dan mohon maaf apabila terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami, agar sekiranya dapat memakluminya. 

Posting Komentar untuk "JUKNIS PENULISAN IJAZAH UNTUK SEKOLAH KEMENAG TAHUN 2023"