Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara membuat cacapan dari buah kalangkala

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh


Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:
  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Amiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Amiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Amiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Amiin….
Artikel kali ini tentang tata cara membuat cacapan dari buah kalangkala. Buah Kalangkala ini tumbuh sumbur di kalimantan, lebih tepatnya didaerah tempat tinggal kami yaitu Kelua, buah kalangkala ini termasuk buah yang mulai langka, sehingga mungkin keberadaannya hanya ada di alam Kalimantan saja. Dan buah ini tidak cukup familiar di telinga anak-anak muda sekarang. Apalagi mereka yang merupakan masyarakat pendatang atau anak yang lahir di perkotaan.

Di dalam klasifikasi tumbuhan, Kalangkala tergolong ke dalam divisio Spermatophyta (Tumbuhan biji), Sub Divisio Angiospermae (Tumbuhan berbiji tertutup), Klas Dicotyledoneae (Tumbuhan berkeping dua). Tanaman ini tergolong kedalam tanaman keras/tahunan (paranual), berupa pohon (arbor), tinggi 10 – 20 m. Percabangan jarang tidak terlalu rapat. Daun tunggal, besar, bentuk memanjang. Buah berbentuk bulat, kulit buah lunak, separoh buah ditutup oleh kelopak buah yang keras berwarna hijau. Kulit buah muda hijau, berangsur-angsur merah kalau matang. Daging buah lunak, berwarna putih. Biji berbentuk bundar, keras berwarna coklat.

Cara membuat cacapan buah kalangkala

Cacapan adalah sebutan untuk kuah untuk yang digunakan dalam makanan. Dan kata cacapan ini biasanya dikatakan oleh masyrakat kalimantan selatan atau warga banjar. Ya, seperti sambal cabe begitulah maksudnya.

Tentunya dengan adanya cacapan ini maka sudah dipastikan nafsu makan anda akan meningkat, apalagi yang belum pernah merasakan atau memakannya. Bisa-bisa akan ketagihan untuk memakannya.

Langsung saja dipraktekkan;


Pertama, anda bisa mengambil buah kalangkala yang sudah masak dengan warna merah muda, dan hijau jika buah masih mentah. Kemudian cucilah hingga bersih.

Kedua, setelah buah bersih kemudian ambil lah air yang cukup hangat (bukan hangat bangat ya), dan letakkan air tersebut di wadah yang memiliki tutup. Selanjutnya masukkan buah kalangkala kedalamnya, tutp rapat wadah tersebut. Diamkan hingga 30 menitan, supaya buah masak merata

Ketiga, tekan buah kalangkala tersbut, jika sudah lemah berarti itu pertanda bahwa buah tersebut telah masak. Kemudian ambil air dari rendaman buah kalangkala tersebut, dan letakkan dipiring.

Keempat, setelah air rendaman buah kalangkala ada dipiring, kemudian iriskan bawang merah, dan berilah vetsin dan garam secukupnya. Dan jika sudah jadi, masukkan buah kalangka tadi kedalam kuah yang telah diolah tersbut.

Kelima, cacapan buah kalangkala pun telah jadi, dan siap dihidangkan dimeja makan.

Mudahkan cara membuatnya, jika anda belum pernah mencobanya maka segeralah mencoba dan buktikan rasanya. Saya bisa jamin nafsu makan anda akan meningkat. Jika anda tidak terbiasa atau alergi dengan buah-buah, ya jangan memakannya karena ditakutkan akan muntah.

Selamat mencoba dan menikmati!!!!!

Posting Komentar untuk "Cara membuat cacapan dari buah kalangkala"