Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara mengatasi pembelajaran invalid pada Info GTK

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh


Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:
  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Amiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Amiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Amiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Amiin….
Operator Sekolah memiliki peran yang sangat penting serta tanggung jawab yang begitu besar didunia pendidikan. Kenapa begitu? Sebab semua data yang berhubungan dengan sekolahnya dikelola oleh seorang yang bernama Operator Sekolah ini. Berbagai data dari peserta didik, sarana prasana sekolah, tunjangan guru, dan masih banyak lagi ittu semua dikelola oleh Operator Sekolah. Untuk itu setidaknya ada apresiasi bagi pemerintah untuk memandang keberadaan dan tuga berat yang dilakukan oleh Operator Sekolah, dengan cara memberikan kesejahteraan terhadap mereka.

Mengenai tunjangan guru khususnya yang berkenaan dengan TPG (Tunjangan Profesi Guru) atau biasa disebut dengan tunjangan sertifikasi guru juga berasal dari pekerjaan yang dilakukan oleh Operator Sekolah, berkat keringat serta jerih payah mereka lah akhirnya para guru sertifikasi mendapatkan tunjangannya, andai Operator Sekolah tidak mengerjakannya maka bukan tidak mungkin TPG tidak akan pernah sampai kepada sang guru sertifikasi.

Cara melihat lembaran Info GTK

Ada beberapa data yang biasa diinputkan Operator Sekolah untuk kelancaran sertifikasi guru, diantaranya:

1. Menginput pembagian tugas mengajar serta jam mengajar

Untuk guru kelas SD harus mengajar 24 jam untuk dapat TPG dan selain itu dilihat dari jumlah peserta didiknya. Dan untuk Kepala Sekolah tingkat SD langsung otomatis memiliki keterangan 24 jam karena beban kerjanya.

2. Menginput baik itu kenaikan pangkat, gaji berkala, maupun perubahan data guru tersebut kedalam aplikasi Dapodik.

3. Mengisi kehadiran guru kesekolah melalui laman ini

Dan semua data tersebut harus diinput kedalam aplikasi Dapodik, sehingga hasilnya akan terlihat pada laman Info GTK. Laman Info GTK bisa dicek melalui berapa link dibawah ini;

Pertama, cek info GTK langsung pada link http://info.gtk.kemdikbud.go.id/

Disana terdapat 2 opsi agar dapat login, yaitu login menggunakan NUPTK dan akun PTK yang ada didalam aplikasi Dapodik. Jika memilih login menggunakan NUPTK, maka anda harus mengisikan nomor NUPTK yang bersangkutan, tahun bulan hari lahir PTK tersebut dan mengisikan kode chapte. Jika sudah, anda bisa pilih login.

Atau bisa menggunakan akun PTK yang ada dan sudah didaftarkan didapodik.

Kedua, cek info GTK pada laman SIM PKB dengan link https://paspor.simpkb.id
Setlah berhasil membuka laman tersebut, anda bisa memasukkan No. UKG guru yang bersangkutan dan pasword sesuai dengan ada pada lembaran UKG yang telah dicetak, dan terakhir pilih login. Jika sudah berada pada menu SIM PKB, pilih menu cek info gtk.

Dan pada menu Info GTK ini anda akan mengetahui hasil inputan yang ada didapodik, dengan keterangan Valid atau Belum Valid.

Karena banyaknya masalah yang didapatkan oleh teman-teman Operator Sekolah tentang pembelajaran yang terdeteksi 0 (kosong), padahal didapodik sudah terisi sehingga menyebabkan Info GTK Belum Valid. Maka saya berinisiatif menuliskan artikel ini dengan tujuan semoga dapat membantu mengatasi masalah yang sedang dihadapi oleh teman-teman operator sekalian.

Mengatasi pembelajaran yang invalid pada Info GTK

Jika Info GTK teman-teman Belum Valid dengan keterangan pembelajaran terdeteksi 0 (kosong), maka ada beberapa solusi yang dapat saya tuliskan:

1. Anda bisa cek pada menu pembelajaran didalam aplikasi dapodik anda, coba lihat nomor surat yang ada isikan. Apakah nomor surat tahun kemarin/yang baru.

Karena banyak kasus yang menimpa rekan-rekan semua, nomor surat yang diinputkan yaitu tahun yang terdahulu sedangkan dapodik sudah versi tahun terbaru, misalnya nomor surat pembagian tuga mengajar anda tahun 2018, sedangkan dapodik sudah versi tahun 2019, inilah salah satu penyebab invalidnya pembalajaran di Info GTK karena tidak adanya kesingkronan data.

Secara administrasi sekolah memang benar Surat Pembagian Tugas mengajar itu hanya dibuat 1 tahun sekali, misalnya untuk tahun pelajaran 2018/2019. Hanya saja untuk pengisian data tidak bisa seperti itu, oleh sebab itu harus mengikuti tahun yang sedang berlangsung.

2. Anda bisa hapus seluruh inputan tentang pembelajaran didapodik, kemudian segera input ulang dengan nomor surat dan tahunnya yang sudah dibenarkan. Dan jika ada updater, maka segeralah mengupdate versi dapodik ada.

3. Atau anda bisa instal ulang dapodik, kemudian download prefill terbaru, jika sudah berhasil segera isi data pembelajaran secara baik dan tepat.

Setalah berhasil membenahinya, maka tugas terakhir anda yaitu melakukan sinkronisasi dapodik. Dan tunggu hingga Info GTK mengupdate hasil sinkronan anda. Insyaalllah, yang awalnya Belum Valid berubah jadi Valid jika memang kesalahannya ada pada jam pembelajaran yang 0 (kosong)

Demikianlah cara efektif untuk memperbaikinya data pembalajaran yang invalid pada Info GTK, hanya saja cara ke 1 dan ke 2 itu sudah cukup untuk memperbaikinya. Tapi anda jangan sampai lupa lakukan SINKRONISASI

Cara ke 1 dan ke 2 pernah saya buktikan, dan terbukti ampuh. Ada teman saya seorang operator sekolah yang mengalami data di Info GTK Belum Valid karena masalah jam pembelajaran yang 0 (kosong), dan setelah dicek ternyata di nomor surat yang ia input tertulis tahun 2018, sedangkan dapodik sudah versi 2019. Setalah itu semua diperbaiki dan dilakukan sinkronisasi, beberpa hari selanjutnya yang awalnya Info GTK Belum Valid sekarang berubah menjadi Valid.

Salam Satu Data! 

2 komentar untuk "Cara mengatasi pembelajaran invalid pada Info GTK"