Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Faktor penyebab rusaknya masa remaja serta solusinya

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:
  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Amiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Amiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Amiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Amiin….
Faktor penyebab rusaknya masa remaja serta solusinya, mungkin itu lah judul yang pas saya tuliskan ketika melihat fenomena di zaman modern ini. Diberbagai media seperti telivisi, surat kabar, internet banyak berita yang berhubungan dengan para remaja. Tidak sedikit para remaja yang terjebak kedalam dunia kegelapan, seperti tindak kriminal, narkoba, pergaulan bebas, bahkan sekarang yang sering terjadi yaitu adanya sebuah kecanduan untuk menghirup lem fox.

Masyaallah, sungguh miris hati melihat dan mendengarnya. Segitu mudahnyakah anda hancurkan masa remaja? Masa remaja adalah masa-masa yang sangat indah ketika diisi dengan hal-hal positif. Jangan pernah anda hancurkan masa remaja dengan hal-hal buruk yang akan membuatmu menjadi buruk.

Seperti halnya menghirup lem fox dan fenomena ini baru sekarang ada. Dulu di era tahun 80 an atau 90 an tidak pernah terdengar adanya fenomena menghirup lem fox ini. Dengan menghirup aroma lem ini menjadikan seseorang akan berimajinasi dan berkhayal yang menyenangkan, sebenarnya itu tidak lah bagus karena hanya dunia semu saja. Justru sebaliknya hal yang anda lakukan itu akan dapat merusak sistem saraf yang ada dikepala serta tubuh anda.

Manusia memiliki berjuta-juta sistem saraf didalam tubuhnya, namun ketika sebagian sistem sarafnya rusak atau terputus maka tidak menutup kemungkinan akan menyebabkan diri anda mengalami gangguan, baik itu gangguan psikolog, psikis, maupun kejiwaan anda. Untuk itulah sayangi masa remaja anda demi terciptanya masa depan yang cerah.

A. Ada beberapa faktor penyebab rusaknya masa remaja

1. Bebasnya dalam bergaul atau berteman

Mempunyai banyak teman adalah suatu hal yang sangat bagus, hanya saja kita harus melihat dan memilih teman seperti apa yang pantas buat kita. Masa remaja ini ditandai dengan senangnya berkumpul dan berteman dengan orang yang belum dikenal. Nah untuk bagi para remaja penting sekiranya memperhatikan teman-teman disekitarnya, sebab kerusak yang terjadi pada dirinya bisa jadi akibat dari ajakan temannya sendiri.   

2. Kurangnya perhatian orang tua

Karena tidak adanya perhatian dari orang-orang terdekatnya,akhirnya ia lebih memilih untuk mencari perhatian diluar sana bersama teman-temannya. Apalagi orang tua yang sibuk dengan pekerjaannya masing-masing, sehingga tidak ada lagi waktu luang untuk keluarga serta anak-anaknya. Sehingga dengan kurangnya rasa sayang yang didapatkan oleh si anak, maka dapat menjadi salah satu penyebab rusaknya masa remaja si anak. Ia lebih memilih bersenang-senang bersama teman-temannya dibandingkan dengan orang tuanya sendiri.

Oleh sebab itu sebagai orang tua kita harus memberikan perhatian lebih terhadap anak, apalagi dimasa-masa remajanya. Kita harus lebih teliti melihat bagaimana pergaulannya, dengan siapa ia berteman, dan dimana tempat yang biasa ia jadikan untuk berkumpul.

3. Rasa imgin dianggap hebat

Masa remaja adalah masa dimana seorang anak akan mengalami masa pertumbuhan dalam dirinya, baik itu tubuh maupun pemikirannya. Dan penyebab bisa rusaknya masa remaja ini diakibatkan bahwa ia ingin dianggap hebat oleh orang lain maupun teman-temannya sendiri, sehingga secara tidak langsung ia akan melakukan sesuatu yang belum tentu baik untuk dirinya sendiri. Ada rasa didalam dirinya bahwa ia ingin dianggap seorang anak yang hebat, hanya saja perilaku yang dilakukannya adalah  menyimpang. Dan ia tidak ingin dianggap pengecut oleh teman-temannya, maka dari sini lah bisa memicu munculnya kerusakan masa remajanya. Misalnya, jika ia berteman dengan orang-orang yang bisa berjudi maka secara tidak langsung ia akan mencoba untuk ikut-ikutan berjudi, supaya teman-temannya tersebut dapat mengakuinya. Akhirnya, karena awalnya cuma coba-cobaan pas menjadikan suatu kebiasaan yang mengakibatkannya tidak dapat berhenti untuk berjudi.

4. Kurangnya ilmu agama

Masa remaja adalah masa yang sangat rawan, sehingga tidak sedikit yang mudah terjebak oleh ucapan atau ajakan dari dunia luar. Untuk itulah diperlukan ilmu agama yang mantap untuk mendindingi diri dari gemerlapnya dunia luar yang dapat merusak masa remja.

Oleh sebab itu penting rasanya memiliki ilmu agama yang mantap, sehingga ketika adanya ajakan untuk berbuat sesuatu yang tidak baik, maka kita dapat menghindarinya. Karena kita sudah tahu jika perbuatan tersebut tidak pantas dan baik dilakukan menurut syariat islam. 

Supaya memiliki ilmu agama yang mantap dimasa remaja dapat dilakukan dengan hal sederhana, seperti:

a. Rajin mengikuti pelajaran disekolah

Ketika seorang guru menjelaskan suatu pelajaran, maka hendaklah disimak secara baik-baik. Sebab akan ada ilmu bermanfaat yang anda dapatkan. Sehingga jika ilmu itu bermanfaat maka otomatis akan membantu dalam kehidupan anda.

b. Mengikuti pengajian

Berbagai pengajian tumbuh dan berkembang di negara kita ini, nah untuk itu biasakn diri mulai dari remaja mengikuti dan menghadiri ketika adanya manjlis-majlis pengajian. Tentunya pengajian yang diikuti adalah pengajian yang benar-benar bersyariatkan agama islam bukan yang mengajak kesesatan.

c. Berbakti kepada orang tua

Berbakti kepada orang tua akan menghindarkan kita dari kesenangan dari gemerlapnya dunia luar, sebab kita mematuhi serta mendengarkan apa yang dikatan oleh orang tua kita. Apalagi dimasa remaja ini, jika anda mau bepergian kesuatu tempat maka mintalah izin terlebih dahulu kepada orang tua kita sendiri. Sebab dengan do’a yang diberikan kepada kita, maka kita akan terhindar dari hal-hal tidak diinginkan.

Itulah tadi sebagian dari penyebab rusaknya masa remaja ini yang dilihat dari perkembangan zaman sekarang ini. Lalu apakah ada solusinya untuk menghindarinya?

B. Solusi supaya masa remaja terselamatkan

Ada beberapa solusi disini yang dapat saya tuliskan, diantaranya:

1. Jika ingin berteman dengan seseorang, teliti terlebih dahulu orang tersebut. Jika ia benar-benar baik, maka bertemanlah dengannya dan jika ia teman yang buruk, lebih baik untuk menghindarinya demi kebaikan diri kita sendiri.

2. Khusus kepada orang tua, berilah perhatian yang lebih kepada anak sendiri, lihat dengan siapa ia berteman, bagaimana ia berteman, dan dimana tempatnya berkumpul bersama teman-temannya. Dan kalau bisa jangan izinkan ia keluar dari rumah ketika malam hari, walaupun boleh keluar rumah pada malam hari berikan batasan waktu untuknya. Kita perlu ketegasan dalam mendidiknya, demi kebaikannya dirinya juga dan demi masa depannya.

3. Ajaklah dia mendengarkan ceramah-ceramah agama, dan ajarkan kepadanya tentang shalat. Sebab shalat itu akan menghindarkan seseorang dari kemungkaran. Itu bisa dimulai dari diri kita sendiri terlebih dahulu sebagai orang tua, jika ingin mengajarkan anak shalat, maka diri kita lah yang terlebih dahulu shalat sebab anak akan mencontoh apa yang orang tuanya lakukan.

4. Jangan berikan sesuatu yang berlebihan kepada si anak, sebab itu akan menjadikan ia akan malas dalam berusaha. Misalnya jika si anak mau mobil, maka segera membelikan, jika si anak mau motor maka segera membelikan, dan jika si anak mau handphone terbaru maka segera membelikan. Itu adalah hal yang sangat keliru, sebaiknya kita memberikan sesuai dengan keperluan si anak saja, bukan hal yang berlebih-lebihan seperti contoh yang telah dituliskan tersebut. Ketika si anak sudah terbiasa dengan sesuatu yang mewah dan nyaman, maka ia tidak akan pernah mau untuk berusaha dalam menjalani kehidupannya.

5. Ikutilah kegiatan-kegiatan remaja mesjid serta pembinaan olahraga dilingkungan sekitar anda, ini bertujuan agar diri kita terhindar dari hal-hal yang bersifat negatif.

6. Hindari keluar rumah diwaktu malam hari, lebih baik diam dirumah ketika malam hari daripada harus keluyuran kemana-mana, andaipun ingin keluar rumah juga mintalah izin terhadap orang tua, dan berilah waktu berpa lama anda keluar rumah serta beritahulah tempat yang akan anda tuju. Dengan begitu orang tua akan menjadi tenang dan tidak gelisah, dan jika waktu yang ditentukan telah terlewatkan maka orang tua bisa segera menjemput dan menemui kita.

2 komentar untuk "Faktor penyebab rusaknya masa remaja serta solusinya"