Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Baiwak: Tradisi warga mencari ikan bersama di sungai

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh


Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:
  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Amiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Amiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Amiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Amiin….
Kali ini artikel saya memberikan suatu informasi tentang tradisi yang biasa dilakukan oleh warga sekitar yang tinggal di daerah kabupaten Tabalong, bernama baiwak. Untuk lebih jelasnya tentang yang namanya tradisi baiwak ini, silahkan dibaca artikelnya sampai habis, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan para pembaca sekalian dimana pun berada.

Istilah kata baiwak

Baiwak adalah istilah yang sangat populer dikalangan warga masyarakat Kalimantan, lebih tepatnya warga masyarakat Kalimantan Selatan. Seperti halnya dengan namanya baiwak yang berarti mencari ikan di sungai, iwak memiliki arti sama dengan ikan. Jika ikan di katakan dalam bahasa Indonesia, sedangkan iwak di katakan dalam bahasa Banjar.

Jadi kegiatan baiwak ini dilakukan ketika air sungai sedang surut, dan sungainya pun tidak terlalu lebar. Seluruh warga sekitaran sungai ikut tradisi ini, bak itu orang tua, remaja, ibu-ibu, maupun anak-anak mengikuti tradisi baiwak ini. Selain mendapatkan berbagai jenis ikan juga terdapat keakraban serta kesenangan yang didapatkan oleh orang-orang.

Berbagai peralatan dibawa oleh orang-orang dalam kegiatan baiwak ini, seperti tangguk, tombak, dan ada juga yang hanya mengandalkan kelincahan tangan dalam menangkap ikan. Tombak yang digunakan adalah jenis tombak bermata 3 (tiga) dan tombak jenis ini khusus untuk mencari ikan saja.
Selain peralatan, berbagai jenis ikan juga akan didapatkan salah satunya ikan puyau. Ikan puyau lah yang banyak di dapatkan oleh orang-orang ketika baiwak di sungai, dan jika beruntung maka akan ada orang yang mendapatkan ikan besar seperti ikan baung.


Kegiatan baiwak bisa dimulai dengan cara menerjunkan tubuh kedalam air dan melakukan berbagai macam pergerakan, sehingga dengan begitu ikan akan mudah didapatkan. Apalagi ikan puyau, ketika terjadi berbagai macam pergerakan di air maka ia akan nampak kepermukaan, ya istilahnya seperti mabuk atau teler begitu.

Kesimpulan

Ya, seperti itulah penjelasan singkat atau perkenalan dengan yang namanya tradisi baiwak disungai oleh warga masyarakat yang ada di daerah Kabupaten Tabalong. Ada berbagai pelajaran yang kita dapatkan ketika melakukan tradisi semacam ini, diantaranya:
  1. Menambah keakraban antar warga, lewat tradisi baiwak ini maka tali keakraban antar warga akan terjalin semakin kuat. Semua orang dapat bekerjasama dengan baik, sehingga dengan begitu maka ada rasa saling membantu antar sesama. Ibu-ibu dapat membantu sesamanya, para orang tua serta pemuda dapat membantu yang muda, sehingga kesalamatan dapat terjamin.
  2. Adanya rasa kebahagiaan, seperti halnya yang dikatakan oleh orang-orang bahwa ketika berkempul bersama teman-teman dan dapat tertawa secara bersamaan itu adalah hal yang sangat luar biasa membahagiakannya karena beban yang ada di dalam pikiran kita seolah-olah menghilang begitu saja. Jadi dengan ikut tradisi baiwak ini, maka akan ada rasa kesenangan dan juga kebahagiaan yang didapatkan. Tidak percaya? Silahkan anda coba dan ikut dalam kegiatan baiwak ini.
  3. Sebagai hiburan, tradisi baiwak ini juga sebagai hiburan bagi warga lain yang ingin menontonnya. Dan tidak sedikit orang dari desa lain yang menyaksikan dan menonton tradisi baiwak ini sambil berteriak-teriak (bersorak-sorak) ketika ada yang terlihat lucu. Apalagi jika ada ikan yang muncul kepermukaan, biasanya orang-orang akan berebut untuk segera mendapatkannya.
  4. Mendapatkan penghasilan, tidak sedikit orang yang menjual hasil ikan yang didapatkannya itu kepada orang lain, sehingga dengan begitu akan ada uang yang akan didapatkan mereka. Ya, lumayan juga untuk membeli perlengkapan dapur. Hehehe…..

Post a Comment for "Baiwak: Tradisi warga mencari ikan bersama di sungai"