Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Beragam jenis perlombaan untuk memeriahkan acara 17 an

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

Gambar oleh: zetizen.jawapos.com
Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:
  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Amiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Amiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Amiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Amiin……
Sekarang kita berada dibulan Agustus yaitu bulan yang memiliki arti sangat penting bagi Negara tercinta kita ini yaitu Negara Indonesia, karena di bulan ini ada salah satu hari yang sangat bersejarah bagi Negara bahkan dunia yaitu pada tanggal 17 Agustus 1945, merupakan hari kemerdekaan bagi seluruh penduduk Indonesia.

Oleh sebab itu setiap tahunnya di adakan upacara pengibaran bendera Merah-putih setiap tanggal 17 Agustus di seluruh penjuru daerah dari sabang - marauke. Sekarang kita berada di tahun 2019 dan sudah 74 tahun hari kemerdekaan bangsa Indonesia ini berlangsung. Selain pengibaran bendera Merah-Putih, masyarakat setempat juga sering melakukan berbagai macam jenis perlombaan dengan tujuan untuk memeriahkan hari kemerdekaan.

Nah, untuk itu disini saya akan menuliskan beberapa macam perlombaan yang tak tidak pernah terlewatkan dalam rangka HUT Kemerdekaan Republik Indonesia, yaitu:

1. Panjat pinang

Panjat pinang merupakan salah satu perlombaan yang tidak pernah absen dalam memeriahkan hari kemerdekaan, di berbagai daerah selalu mengadakan perlombaan panjat pinang ini. 

Panjat pinang dilakukan secara berkelompok terdiri dari laki-laki dengan jumlah sekitar 4 - 6 orang, bahkan bisa juga lebih. Selain laki-laki, ada juga panjat pinang yang di khususkan untuk ibu-ibu demi meriahnya menyambut hari kemerdekaan. Tentu sudah ada berbagai macam hadiah yang telah dipersiapkan para panitia di ujung batang pinag bagi yang telah berhasil mencapai puncak batang pinang. Hadiah berupa berbagai macam keperluan rumah tangga seperti sabun, rinso bubuk, shampoo, kemudian ada juga berupa makanan seperti kerupuk, mie instan, ada juga berupa pakaian serta yang terpenting ada berupa uang dan bendera Merah-Putih.

Keseruan serta ketegangan akan selalu ada dalam perlombaan ini, ditambah dengan sorak-sorak penonton yang membuat perlombaan ini semakin seru untuk disaksikan. Dan kerja sama tim lah kunci keberhasilan dalam melakukan perlombaan jenis ini.

2. Balap karung

Iya, jenis lomba balap karung ini memang layak diletakkan di posisi kedua sebab lomba balap karung ini tidak pernah terlewatkan untuk memeriahkan hari kemerdekaan. 

Namanya saja balap karung, tentu hal yang harus dilakukan adalah balapan secepat mungkin untuk dapat mencapai garis finis supaya menjadi pemenang, dan larinya tidak seperti biasanya karena harus menggunakan properti berupa karung, sehingga dengan begitu maka orang tersebut harus melompat-lompat menggunakan karung untuk sampai garis finis.

Balap karung bisa untuk remaja maupun untuk anak-anak, dan hal yang harus dilakukan yaitu melompat secepat mungkin untuk dapat mencapai garis finis supaya menjadi sang juara.

3. Tarik tambang

Berikutnya adalah lomba tarik tambang, tarik tambang salah satu lomba yang juga tidak pernah absen dalam rangka memeriahkan hari kemerdekaan. Tarik tambang ini dilakukan dengan berkelompok dan masing-masing kelompok terdiri dari 4 - 5 orang. Properti yang diperlukan dalam perlombaan ini berupa tali tambang yang besar dengan memberikan simbol dibagian tengahnya.

Adapun cara mainnya yaitu kelompok dibagi menjadi 2 bagian, di sebelah kiri dan kanan, kemudian ada terdapat garis di kedua belah sisi dan fungsi garis ini adalah sebagai penentu tim atau kelompok mana yang akan memenangkan pertandingan. Tarik tambang disebut juga sebagai lomba tarik menarik, siapa yang dapat menarik simbol yang berada ditengah tersebut ke arahnya, maka tim nya lah yang menjadi pemenang. Lomba tarik tambang ini bisa dimainkan untuk anak-anak, remaja, dewasa, bahkan juga untuk para wanita atau ibu-ibu.

4. Makan kerupuk

Lomba makan kerupuk juga tidak pernah absen untuk memeriahkan hari kemerdekaan, dan pemenang lomba ini akan didapatkan bila mana terlebih dahulu menghabiskan kerupuk yang telah di gantung. 

Lomba jenis ini memerlukan kecepatan serta strategi dalam menghabiskan kerupuk yang di ikat dengan tali, dan tentunya memerlukan keterampilan dalam mengunyah kerupuk tersebut.
Lomba makan kerupuk ini biasanya untuk anak-anak, baik laki-laki maupun wanita.

5. Mengisi air dalam botol

Jenis lomba ini biasa dilakukan oleh anak-anak dengan cara membawa air dari dalam mulutnya kemudian memasukkannya kedalam sebuah botol yang telah disediakan. Adapun jarak antar tempat botol dan tempat air berkisar antara 40 hingga 50 meter. Siapa yang paling cepat mengisikan air kedalam botol secara penuh, maka dia lah yang menjadi pemenangnya. Dan air yang digunakan pun air yang bersih, demi menjaga keamanan bagi para pesertanya.

Nah itulah tadi beberpa jenis perlombaan yang sering dilakukan ketika hari kemerdekaan Negera Kesatuan Republik Indonesia tiba, masing-masing desa (kampung) melakuan berbagai macam perlombaan demi meriahnya hari kemerdekaan. Walaupun masih banyak lagi jenis perlombaan lainnya, tapi secara umum yang telah disebutkan di atas tersebut lah yang selalu ada dalam menemani meriahnya hari kemerdekaan. 

Posting Komentar untuk "Beragam jenis perlombaan untuk memeriahkan acara 17 an"