Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara mudah Update Dapodik 2020 Ke Versi 2020.a

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh


Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:
  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Amiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Amiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Amiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Amiin….
Artikel kali ini berisikan tentang informasi tata cara merubah atau mengupdate Dapodik yang sebelumnya versi 2020 menjadi versi 2020.a.

Jika anda bekerja sebagai Operator Sekolah tentu sudah sangat mengenal yang namanya aplikasi Dapodik ini, karena seluruh data yang ada disekolah itu berada di dalam aplikasi yang bernama Dapodik ini. Dan baru saja telah dirilis tentang pembaharuan terhadap aplikasi dapodik yang ada.

Tujuan adanya pembaharuan pada system aplikasi dapodik adalah untuk menghindari kekeliruan atau kesalahan berupa bugs-bugs di aplikasinya sekaligus untuk membantu melakukan sinkronisasi data oleh operator sekolah. Dan sebenarnya pada berita rilisnya updater dapodik sudah dijelaskan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk melakukan updater dapodik, hanya saja mungkin penjelasannya masih susah untuk bias dimengerti, untuk itulah disini dituliskan kembali langkah-langkah sederhana dalam melakukan updater dapodik dengan tujuan semoga dapat membantu para rekan-rekan sekalian dimana pun berada.

Dan perlu diketahui bahwa cara update versi dapodik ada dua cara, yaitu secara offline dan secara online.

1. Cara update dapodik secara Offline

Ikuti langkahnya dan segera dipraktikkan di laptop anda,

Pertama, anda bisa mendownload Patch Dapodik versi 2020.a pada link dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id pada menu berita, kemudian pilih berita tentang rilisnya patch atau updater dapodik versi 2020.a pada link https://www.mediafire.com/file/kteq6tfn3p549j9/Patch_Dapodik_2020.a.exe/file 

Kedua, setelah anda berhasil mendownload patch atau updaternya dapodik versi 2020.a, kemudian letakkan patch dapodik 2020.a tadi ke Local Disk ( C ).

Ketiga, lakukan instalasi dengan cara, klik kanan pilih Run as Administrator dan pilih OK. Selanjutnya ikuti petunjuknya hingga selesai.

Keempat, cek dapodik yang ada di laptop anda dan pastikan bahwa tampilan menu awalnya tertulis Dapodik versi 2020.a, dan jika belum berubah silahkan klik F5 (Refrest) laptop anda, Dapodik pun siap untuk digunakan.

Demikian lah cara update versi dapodik secara offline menggunakan patch atau updater yang telah di download tersebut.

2. Cara update dapodik secara Online

Adapun yang ingin langsung merubah versinya secara online, lakukanlah hal sebagai berikut:
  • Pastikan komputer terkoneksi internet.
  • Silahkan login pada Aplikasi Dapodikdasmen versi 2020.a
  • Masuk pada menu Pengaturan, Cek Pembaruan Aplikasi, klik pada tombol “Cek Pembaruan”.
  • Maka ditampilkan keterangan bahwa Pembaruan Tersedia. Pembaruan Tersedia (Dapodik 2020.a) Apakah Anda ingin melanjutkan? Pastikan tidak menutup jendela browser sebelum proses pembaruan selesai!
  • Klik tombol “Lanjutkan”, maka sistem akan melakukan update pembaruan.
  • Setelah proses selesai, klik tombol “Muat ulang halaman sekarang”.
  • Jika diperlukan, lakukan refresh (Ctrl + F5).
Dan perlu diketahui untuk updater dapodik terbaru ini ada dua, yaitu:
  1. Dengan fresh installer Dapodik 2020.a, pada link https://drive.google.com/file/d/1OOChDTWq_13D6Y5QD7TdX-l6GQ-Qt5sE/view
  2. Dengan patch updater Dapodik 2020.a, pada link https://www.mediafire.com/file/kteq6tfn3p549j9/Patch_Dapodik_2020.a.exe/file
Keduanya sama-sama untuk melakukan updater dapodik, hanya saja perbedaannya yaitu pada fresh installer kita harus melakukannya dengan cara sperti pertama kali melakukan instal aplikasi dapodik, harus melakukan registrasi baik secara online maupun offline (jika offline maka harus menggunakan prefill terbaru). Dan pada patch updater kita hanya melakukan sebagaimana telah dituliskan pada bagian atas tadi.

Posting Komentar untuk "Cara mudah Update Dapodik 2020 Ke Versi 2020.a"