Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Daftar Smart Tendik GPAI Online Tahun 2021

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh


Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

Smart Tendik? Mungkin masih terdengar asing ditelinga kita, memang wajar saja jika masih terdengar asing sebab laman website ini baru saja dirilis oleh pihak pengembang itu sendiri. SMART TENDIK adalah singkatan dari Sistem Manajemen Administrasi Tenaga Pendidik dan Kependidikan.

Didalam aplikasi SMART TENDIK terdapat beragam administrasi yang bisa di download sesuai dengan keperluan guru maupun pengawas sekolah. SMART TENDIK merupakan aplikasi yang diperuntukkan untuk Pengawas PAI dan GPAI (Guru Pendidikan Agama Islam), baik itu untuk PNS maupun yang Non-PNS.

Oleh sebab itu dengan adanya artikel yang sederhana ini diharapkan dapat membantu Bapak/Ibu guru Agama Islam dalam mendaftar pada aplikasi Smart Tendik Tahun 2021 ini, dan cara daftar smart tendik GPAI ini dilakukan secara online dalam artian bahwa kita harus terhubung dengan internet agar dapat mengaksesnya.  

Sebelum bisa menggunakan aplikasi SMART TENDIK ini, pertama-tama yang harus kita lakukan adalah membuat akun untuk login atau mendaftarkan diri terlebih dahulu.

A. Cara Daftar Smart Tendik GPAI Online 2021

Ada beberapa langkah yang harus dilakukan untuk melakukan pendaftaran akun Smart Tendik, diantaranya:

1. Kunjungi link berikut ini https://smarttendik.online/daftar

2. Selanjutnya silahkan isi menu PENDAFTARAN, seperti:

  • Nama Lengkap
  • NIP/NIK/NUPTK, untuk PNS silahkan isi dengan NIP yang dimiliki dan untuk yang Non-PNS silahkan isi dengan NIK/NUPTK yangdimiliki 
  • Username, gunakan NIP (untuk PNS) dan NIK/NUPTK (untuk Non-PNS)
  • Password, gunakan password yang telah direkomendasikan yaitu “smarttendik2020
  • Pilih Provinsi, sesuai Provinsi tempat tinggal yang sekarang
  • Pilih Kota, sesuai kota tempat tugas
  • Pilih Kecamatan, sesuai dengan tempat tugas
  • Isi tgl/bulan/tahun lahir
  • No HP/WA
  • Email address
  • Pilih Jenjang, sesuai tingkat kita mengajar (PAUD/TK, SD/LB, SMP, SMK/SMA)
  • Pilih Sekolah, sesuai dengan nama sekolah kita
  • Pilih Pengawas, sesuai dengan nama Pengawas di wilayah tempat kita tugas
  • Terakhir pilih dan klik DAFTAR, maka selanjutnya kita akan diarahkan ke menu untuk login aplikasi.

Catatan: Sebelum Login pada aplikasi Smart Tendik sebaiknya anda melapor kepada Pengawas Pembina untuk bisa mengaktifasi pendaftaran yang telah dilakukan. Setelah diaktifasi oleh Pengawas selanjutnya kita bisa melakukan Sign In atau Login dengan memasukan Username dan password yang telah didaftarkan tadi.

B. Menu-menu Utama Yang Ada Pada Aplikasi SMART TENDIK

Jika anda berhasil Sign In atau Login, maka ada beberapa menu utama yang terdapat pada aplikasi dan untuk melihat menu-menu utama tersebut silahkan klik tanda garis tiga yang berada dipojok kiri atas, seperti:

1. Profil 

2. Rencana Pembelajaran

3. Penilaian Praktek Ibadah

4. Buku Digital (Buku Siswa, Buku Guru dan Buku Penunjang)

5. Model/Metode/Media Pembelajaran

6. Bank Soal

7. Materi Pembinaan

8. Pemantauan SNP PAI

9. PKG PAI

10. Materi Bimbingan Pelatihan 

11. PKB GPAI

12. E-Learning PAI

13. Jurnal Ilmiah

Anda tinggal pilih dan klik saja menu tersebut sesuai dengan keinginan masing-masing, kemudian download. Misalnya pilih Buku Digital lalu pilih Buku Guru, selanjutnya pilih buku yang mana ingin didownload, untuk melakukan download pilih gambar awan dengan arah panah kebawah maka otomatis fileakan terdownload.

Namun jika kita ingin menambahkan materi baru, misalnya membuat soal sesuai dengan materi yang dipelajari, anda dapat memilih menu Bank Soal kemudian pilih Tambah Baru lalu isi Aspek Soal (Qur’an Hadist, Fiqih, Aqidah, Akhlak dan Sejarah Kebudayaan Islam), isi kelas untuk soal tersebut, tuliskan pertanyaannya dan terakhir tulisakan jawaban dari pertanyaan yang telah dibuat tadi.

Untuk menu-menu yang lain pun caranya sama jika kita ingin menambahkan materi baru yaitu dengan memilih dan mengklik “Tambah Baru”.

C. Cara Mengganti Foto Profil dan Mencetak Kartu KTA

Dan yang tidak kalah penting yang harus kita lakukan adalah memperbaharui data pribadi milik kita sendiri sesuai dengan yang sebanarnya, salah satunya adalah dengan mengupload foto profil pribadi dan mencetak Kartu KTA. Adapun langkah-langkahnya, yaitu:

1. Cara mengganti atau merubah foto profil

  • Pilih dan klik menu My Profile yang berada dipojok kanan bagian atas
  • Pilih file, untuk mencari foto yang akan digunakan sebagai foto profil, jika sudah klik foto lalu pilih selesai maka otomatis foto profil akan berganti.
  • Dan pada menu My Profil juga terdapat pilihan andai kita ingin mengganti password login pada aplikasi Smart Tendik ini. Dengan cara tulis password lama, lalu tulis password yang baru, ulangi password baru dan terakhir pilih Update.
  • Dan terakhir pada menu My Profile terdapat menu Logout untuk keluar dari sistem aplikasi

2. Cara Mencetak Kartu KTA

Mencetak kartu KTA ini bertujuan sebagai bukti bahwa kita terdafatar pada sistem aplikasi Smart Tendik dan berhak untuk menggunakan fasilitas yang diberikan sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Adapun langkah untuk mencetak Kartu KTA, yaitu:

  • Pilih dan klik menu PROFILL pada garis tiga yang berada dipojok kiri atas
  • Selanjutnya isi DATA DIRI sesuai dengan keadaan yang sebenarnya
  • Pada menu LOGIN silahkan isikan username dan password yang digunakan untuk mendaftar tadi
  • Pada menu PEKERJAAN silahkan isi sesuai dengan alamat tempat tugas kita, hingga mengisikan jumlah jam mengajar
  • Terakhir pilih dan klik PERBAHARUI, maka otomatis data akan terupdate sesuai dengan isian tadi
  • Pilih dan klik menu DOWNLOAD KTA, maka otomatis Kartu KTA akan terdownload pada perangkat anda. Silahkan cetak Kartu KTA yang didownload tadi sebagai bukti bahwa kita telah terdaftar dan berhak menggunakan layanan pada aplikasi SMART TENDIK tersebut.

Nah, itulah tadi yang dapat saya tuliskan tentang Cara Mendaftarkan pada Smart Tendik untuk Guru PAI Tahun 2021. Semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimana pun berada dan mohon maaf jika terdapat kesalahan didalam penulisan.

Anda dapat membaca Buku Panduan Aplikasi SMART TENDIK disini:

 

Anda dapat mendownload Buku Panduan SMART TENDIK <<DISINI>>

6 komentar untuk "Cara Mudah Daftar Smart Tendik GPAI Online Tahun 2021"

  1. Terimakasih atas informasi yang diberikan

    BalasHapus
  2. Apakah setelah mengaktifkan smarttendik harus bayar min,,supaya kita bisa download segala sesuatu yag ada di smarttendik,,mohon pencerahan min

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimaksih sudah mampir kesini pak, menurut informasi yang saya dapat kan ada melakukan pembayaran guna mendaatkan layanan premium dari pengembang aplikasi yang berbasis android dan untuk yang berbasis web mungkin juga mengikuti, karena penggunaan smart tendik login dengan menggunakan akun yang sama baik untuk yang berbasis android maupun web

      Hapus
  3. Bagaimana jika pengawas PAI yang lupa password akun smart tendiknya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih sudah mampir ke website kami, jika pengamas yang lupa password maka solusi yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan konsultasi kepada admin pengembang aplikasi

      Hapus
    2. Siapa admin pengembang aplikasinya...?

      Hapus