Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengisi Modul Belajar Mandiri Calon Guru PPPK Tahun 2021

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh


Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

Artikel kali ini merupakan kelanjutan dari artikel sebelumnya yaitu cara mengikuti kegiatan guru belajar mandiri dari SIM PKB. Adapun artikel kali ini yaitu berisikan cara mengisi modul belajar mandiri calon guru PPPK tahun 2021. Baca disini!!!

Modul Belajar Mandiri yang disediakan adalah untuk Calon Guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dan ini merupakan salah satu alternatif bahan belajar mandiri sebelum mengikuti seleksi guru PPPK.  Modul yang disediakan berfungsi untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan yang telah di dapat sebeumnnya, memberikan pengalaman baru terkait belajar mandiri dengan mengedepankan konsep komunitas pembelajaran, memamnfaatkan teman sebaya (peer learning) dalam mengkonstruk pengetahuan dan keterampilan, dan lebih mempersiapkan dalam menghadapi seleksi calon guru PPPK.

Substansi materi yang disajikan pada guru belajar mandiri ini meliputi substansi kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional sesuai dengan bidang studinya masing-masing. Misalnya, jika saat kita mendaftar mengikuti pembelajar dengan memilih PGSD (Pendidikan Guru Sekolah Dasar), maka modul yang didapatkan meliputi dari mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS dan PKn.

Untuk itu sebelum kita mendapatkan jadwal mengikuti Tryout hal utama yang harus diselesaikan adalah modul-modul yang telah disediakan tersebut sesuai dengan mata pelajaran yang ada. Jika sudah menyelesaikan seluruh modul mata pelajaran tersebut, maka kita akan didaftarkan untuk bisa mengikuti kegiatan Tryout persiapan dalam menghadapi PPPK tahun 2021.

A. Cara Mengisi Modul Belajar Mandiri Calon Guru PPPK Tahun 2021

Setelah Bapak/Ibu memilih dan mengklik TAUTAN FASILITAS, maka akan muncul jendela browser baru dengan keterangan LMS P3K MASTER. Pada laman tersebut terdapat beberapa menu utama, diantaranya:

1. Dashboard

2. Site home

3. Calendar

4. Private files

5. My courses

6. PGSD

Untuk mengisi modul belajar mandiri silahkan Bapak/Ibu pilih dan klik menu PGSD, maka akan muncul kembali beberapa menu pilihan seperti:

  1. Participants, berisi nama dan jumlah seluruh peserta yang mengambil pembelajaran PGSD
  2. Badges, belum ada keterangan pada menu ini
  3. Competencies, juga belum ada keterangannya sebab tidak ada kompetensi yang sedang berlangsung
  4. Pendahuluan, berisikan pengertian modul belajar mandiri dan alur pelaksanaan guru belajar mandiri
  5. PGSD, yang berisikan tentang modul pembelajaran SD seperti Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, dan PKN
  6. Pedagogi, berisi penjelasan tentang modul guru belajar mandiri pedagogi, alur pembelajaran modul pedagogi. 

B. Isi Modul Pembelajaran Pedagogi Dan Modul Pembelajaran PGSD

1. Modul Pembelajaran Pedagogi


Pada modul pembelajaran pedagogi ini terdapat beberapa pembelajaran, diantaranya:

Pembelajaran 1: Teori Belajar, terdiri atas:

Pengantar

Bahan belajar teori belajar

Ruang kolaburasi

Komunitas belajar

Riviu belajar

Pembelajaran 2: Karakter Peserta Didik 

Pengantar

Bahan belajar karakter peserta didik

Ruang kolaburasi

Komunitas belajar

Riviu belajar

Pembelajaran 3: Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi

Pengantar

Bahan belajar keterampilan berpikir tingkat tinggi

Ruang kolaburasi

Komunitas belajar

Riviu belajar

Pembelajaran 4: Desain Pembelajaran

Pengantar

Bahan belajar desain pembelajaran

Ruang kolaburasi

Komunitas belajar

Riviu belajar

Pembelajaran 5: Dasar Komunikasi

Pengantar

Bahan belajar dasar komunikasi

Ruang kolaburasi

Komunitas belajar

Riviu belajar

Pembelajaran 6: Konsep Penilaian

Pengantar

Bahan belajar konsep penilaian

Ruang kolaburasi

Komunitas belajar

Riviu belajar

Pembelajaran 7: Pengembangan Potensi Peserta Didik

Pengantar

Bahan belajar pengembangan potensi peserta didik

Ruang kolaburasi

Komunitas belajar

Riviu belajar

Refleksi Pembelajaran

Pada setiap pembelajaran terdapat kotak kosong yang ada disebelah kanan, kotak tersebut otomatis tercentrang apabila kita memilih dan mengklik bagian dari pembelajaran. Misalnya pada pembelajaran 1: Teori Belajar,

  • Apabila di pilih dan diklik pengantar maka akan muncul penjelasan tentang modul teori tersebut, mulai dari Kompetensi, Indikator Pencapaian Kompetensi, dan Materi pokok. Jika sudah dipahami tentang penjelasan tersebut silahkan pilih BACK TO COURSE, maka otomatis kotak yang ada disebelah kanan akan tercentrang dengan sendirinya.
  • Pada bagian modul pembelajaran teori belajar mengharuskan kita untuk mendownloadnya sebab terdpata referensi bacaan yang akan digunakan untuk meriviu belajar atau menjawab beberapa pertanyaan yang telah disediakan agar kotak sebelah kanan tercentrang.
  • Pada menu ruang kolaburasi dan komunitas belajar mengharuskan kita untuk memberikan tanggapan terhadap materi yang disediakan atau bisa juga dengan cara bertukar informasi tentang permasalahan yang dihadapi, baik itu dengan peserta didik, pengalaman mengajar maupun permasalahan tentang penggunaan strategi dan metode pembelajaran yang digunakan.
  • Pada menu Riviu Pembelajaran, berisikan beberapa butir pertannyaan yang harus kita jawab sesuai dengan pembahasan modul yang disediakan tadi. Kita dapat mengulang menjawab butir pertanyaan yang ada jika hasil yang didapatkan kurang bagus.   

Untuk pembelajaran yang lainnya sama saja dengan pembelajaran pertama yaitu dimulai dengan memilih pengantar hingga menyelesaikan butiran soal pada menu bagian Riviu Pembelajaran.

2. Modul Pembelajaran PGSD

Mengapa harus modul pembelajaran PGSD? Sebab ini hanyalah sebagai contoh yang telah saya pilih yaitu pembelajaran PGSD. Andai Bapak/Ibu mengambil pembelajaran Matematika, IPA, IPS, PKN dan sebagainya tentu nama modulnya menyesuaikan dengan apa yang telah kita pilih tersebut.

Pada modul pembelajaran PGSD ini terdiri dari beberapa mata pelajaran seperti Bahasa Indonesia, IPA, IPS, Matematika dan PKN.  Adapun pembahasannya yaitu:

Pembelajaran Bahasa Indonesia, terdiri dari Pembelajaran 1, Pembelajaran 2, Pembelajaran 3, dan Pembelajaran 4. Masing-masing pembelajaran terdiri dari Pengantar, Bahan Belajar, Ruang Kolaborasi, Ruang Komunitas, dan Riviu Pembelajaran dengan masing-masing memiliki kotak kosong disebalah kanan.

Cara mengisinya pun sama seperti pada modul belajar pedagogi diatas. Bapak/Ibu harus menyelesaikan seluruh pembelajaran yang tersedia jika ingin mengikuti TRYOUT Pembelajaran dalam rangka persiapan PPPK tahun 2021.

Dan untuk mata pelajaran yang lainnya sama saja dalam pengisian atau pengerjaannya, maka dariitu saya tidak tuliskan lagi langkah-langkahnya. Untuk lebih mudah mengakses kegiatan guru belajar mandiri ini yaitu dengan menggunakan laptop atau komputer, sebab hasilnya akan terlihat lebih jelas dibandingkan dengan menggunakan android/handphone.

Mungkin itu saja yang dan saya tuliskan yaitu tentang cara mengisi modul belajar mandiri calon guru PPPK tahun 2021, semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimana pun berada dan mohon maaf jika terdapat kesalahan didalam penulisan. Terakhir, semoga ditahun 2021 ini kita sebagai Honorer Non-PNS yang ada diseluruh Indonesia berhasil meraih impian kita menjadi Aparatul Sipil Negara (ASN) melalui jalur Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (PPPK). Aaminn!!!!!! 

Posting Komentar untuk "Cara Mengisi Modul Belajar Mandiri Calon Guru PPPK Tahun 2021"