Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Registrasi Aplikasi RKAS Versi 3.0 Untuk Tahun 2021

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah atau yang biasa disebut dengan RKAS merupakan suatu rencana biaya dan pendanaan program atau kegiatan untuk 1 tahun anggaran baik yang sifatnya strategis maupun rutin yang diterima dan dikelola oleh sekolah.

RKAS yang dirilis pada 15 Maret 2021 dengan versi 3.0 ini merupakan kelanjutan dari versi sebelumnya dengan penyesuaian anggaran baru sesuai dengan data siswa per tanggal 30 Agustus 2020.

Adapun yang baru pada RKAS versi 3.0 ini, antara lain:

Buka anggaran 2021

Perbaikan BKU

Perbaikan BKU SiLPA

Perubahan periode per bulan pada Anggaran 2021

Perbaikan SPJ Minus

Perbaikan Volume SPJ

Optimalisasi sinkronisasi aplikasi

Penambahan sync report online

Perubahan engine print

Perubahan tampilan versi 3.0

Optimasi aplikasi

Anggaran 2021 sesuai dengan KEPMEN

Hapus BKU ditutup

Penambahan pengajuan penghapusan BKU

Dengan adanya RKAS ini memudahkan setiap satuan pendidikan untuk menghitung anggaran dana BOS yang akan diterimanya selama 1 tahun dan juga melalui aplikasi RKAS ini setiap sekolah dapat membuat kertas kerja tentang rencana dalam penggunaan dana Anggaran BOS selama 1 tahu.

Sebelum membuat kertas kerja rencana penggunaan anggaran terlebih dahulu kita download aplikasi RKAS versi 3.0 dan lakukan penginstalan seperti biasanya. Dan disini kami akan menuliskan cara registrasi ARKAS versi 3.0 setelah anda mendownload aplikasinya melalui https://rkas.kemdikbud.go.id/download atau langsung download pada bagian bawah artikel ini.

Cara Registrasi Aplikasi RKAS (ARKAS) Versi 3.0 Tahun 2021

Ada perbedaan dalam registrasi ARKAS versi terdahulu dengan ARKAS versi 3.0 terbaru, perbedaannya adalah terletak pada Kode yang harus dimasukkan saat registrasi. Jika pada ARKAS terdahulu namanya KODE REGISTRASI, untuk ARKAS yang sekarang namanya KODE AKTIVASI yang terdiri dari 4 karakter campuran antara huruf capital dan juga angka. KODE AKTIFASI untuk ARKAS versi 3.0 ini didapatkan dari Operator Dinas Pendidikan Kabupaten setempat yang memegang penggunaan ARKAS.

Dan yang harus anda pastikan ketika ingin melakukan registrasi ARKAS versi 3.0 ini adalah jaringan internet yang stabil, ARKAS tidak akan bisa digunakan jika tidak terhubung dengan internet maka dari itu pastikan jaringan internet ditempat anda stabil dan baik. 

Pada REGISTRASI ARKAS terdapat beberapa kolom isian, daintaranya:

1. Kolom Kode Aktivasi

2. Kolom NPSN

3. Kolom Nama

4. Kolom Email (untuk login)

5. Kolom Nomor Handphone

6. Kolom Password

7. Kolom Ulang Password

8. Dan pada bagian bawah pastikan statusnya “TERHUBUNG DENGAN SERVER”

Adapun cara atau langkah yang harus dilakukan registrasi Aplikasi RKAS versi 3.0, yaitu:

  1. Setelah berhasil download aplikasi RKAS , silahkan pindahkan ke Local Disk (:C)
  2. Install aplikasi RKAS versi 3.0 dengan cara klik kanan dan pilih Run as administrator, tunggu hingga proses instalasi selesai
  3. Kemudian pada kolom Kode Aktivasi silahkan isi dengan Kode Aktivasi yang diberikan oleh operator Dinas Pendidikan yang menangani Aplikasi RKAS khusus untuk sekolah anda
  4. Pada kolom NPSN, silahkan diisi dengan NPSN sekolah anda sendiri
  5. Pada kolom Nama, silahkan diisi dengan nama yang akan menggunakan aplikasi RKAS (ARKAS), baik itu nama bendahara sekolah maupun nama kepala sekolah sendiri. ARKAS sejatinya adalah aplikasi yang akan digunakan oleh bendahara sekolah dalam membuat rencana untuk penggunaan anggaran dana BOS sekolah selama 1 tahun.
  6. Pada kolom Email (untuk login), silahkan isikan sesuai dengan alamat email pada aplikasi dapodik sekolah anda
  7. Pada kolom Nomor Handphone, silahkan isi dengan nomor handphone yang dimiliki oleh pengguna ARKAS tersebut, baik bendahara sekolah maupun kepala sekolah
  8. Pada kolom Password, silahkan diisi sesuai dengan password pada aplikasi dapodik sekolah anda
  9. Pada kolom Ulang Password, silahkan ulangi pengisian password yang sesuai dengan poin nomor 8 diatas
  10. Terakhir pilih dan klik registrasi, jika berhasil maka anda akan diarahkan ke tampilan beranda ARKAS dengan terlihat jumlah anggaran dana BOS yang akan diterima sekolah untuk perhitungan selama 1 tahun.

Download langsung Aplikasi RKAS versi 3.0 Tahun 2021 disini.

Demikianlah apa yang dapat penulis sampaikan tentang Cara Mudah Registrasi Aplikasi RKAS Versi 3.0 Untuk Tahun 2021, semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimana pun berada dan mohon maaf jika terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami. 

Post a Comment for "Cara Mudah Registrasi Aplikasi RKAS Versi 3.0 Untuk Tahun 2021"