Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Laporan Permasalahan Pada SIMPKB Terbaru

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

Apakah anda melakukan pengecekan terhadap akun SIMPKB yang telah dimiliki?

Jika belum, silahkan lakukan pengecekan pada akun SIMPKB yang dimiliki dan lihat apa yang tertara pada beranda atau tampilan awal SIMPKB kita. Pada tampilan awal beranda SIMPKB terdapat salah satu dengan keterangan “TERKONEKSI DENGAN DAPODIK”, jika pada tampilan awal beranda SIMPKB anda tidak ada keterangan tersebut apa yang harus anda lakukan?

Pasti anda akan merasa bingung jika akun SIMPKB yang dimiliki tidak terkoneksi pada dapodik. Oleh sebab itu, silahkan lakukan pengecekan secara berkala dan ikuti informasi tentang perkembangan pada SIMPKB yang telah dimiliki.

Dan yang perlu diketahui bahwa SIMPKB telah menambahkan fitur terbaru, yaitu fitur dengan nama Bantuan Akun SIMPKB. Anda dapat menggunakan fitur baru dengan nama Bantuan Akun SIMPKB untuk membantu menyelesaikan permasalahan pada SIMPKB yang dimiliki, misalnya seperti yang dituliskan tadi bahwa pada akun SIMPKB yang dimiliki Tidak Terkoneksi Dengan Dapodik, padahal data kita sudah benar dan juga lengkap pada aplikasi dapodik tapi pada SIMPKB tidak terkoneksi atau terhubung dengan dapodik.

Jika permasalahan yang anda hadapi pada SIMPKB seperti itu, maka anda dapat menggunakan fitur terbaru SIMPKB tersebut untuk membantu mengatasi permasalahannya. Beragam permasalahan terjadi pada akun SIMPKB yang kita miliki, seperti tidak terkoneksi dengan dapodik, duplikat akun SIMPKB, data terekam atas nama orang lain, NUPTK tidak tampil di SIMPKB, NUPTK salah, dan sebagainya.

Cara Membuat Laporan Permasalahan Pada SIMPKB Terbaru 

Berikut cara atau langkah-langkah untuk membuat laporan permasalahan pada SIMPKB terbaru sesuai dengan permasalahan atau kendala yang anda hadapi/temukan pada akun SIMPKB yang dimiliki, caranya yaitu:

  1. Silahkan login pada akun SIMPKB atau klik link berikut https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id/
  2. Selanjutnya silahkan isikan nomor akun SIMPKB yang dimiliki beserta dengan passwordnya
  3. Pada tampilan awal atau beranda SIMPKB silahkankn scroll kebagian bawah, maka anda akan menemukan fitur Bantuan Akun SIMPKB
  4. Selanjutnya pilih dan klik Bantuan Akun SIMPKB, maka akan muncul daftar lampiran laporan kendala yang dimiliki oleh akun SIMPKB anda
  5. Selanjutnya pilih tanda plus (+) yang ada dipojok kanan atas untuk membuat atau menambahkan laporan baru
  6. Maka selanjutnya akan muncul tampilan untuk memilih jenis permasalahan atau kendala yang terjadi sesuai dengan akun SIMPKB anda
  7. Silahkan lampirkan buktinya, baik itu berupa foto atau hasil screnshoot kendala akun SIMPKB anda, format file yang digunakan JPG/JPEG/PNG/PDF dengan ukuran file minimal 100 kb dan maksimal 1 mb
  8. Terakhir silahkan pilih dan klik menu KIRIM, dan tunggu beberapa waktu hingga ditanggapi oleh ADMIN PUSAT. Dan jika perlu silahkan lakukan pengecekan pada akun SIMPKB anda secara berkala untuk mengetahui perkembangannya.

Sesuai dengan poin nomor 6 diatas tentang jenis permasalahan atau kendala pada akun SIMPKB, yaitu antara lain:

  • Data tidak terkoneksi dapodik
  • Duplikat akun SIMPKB 
  • Akun terekam atas nama orang lain (klaim akun)
  • NUPTK pada SIMPKB tidak muncul
  • NUPTK pada SIMPKB salah

Nah, itulah 5 jenis kendala atau permasalahan yang mungkin saja terjadi pada akun SIMPKB yang kita miliki, jika memang ada terjadi kesalahan atau kendala pada SIMPKB yang dimiliki silahkan segera melakukan pelaporan dengan memanfaatkan fitur Bantuan Akun SIMPKB.

Jangan lupa foto bukti kebenarannya sebagai pembanding dan juga sebagai pelengkap dalam melakukan laporan perbaikan pada fitur Bantuan Akun SIMPKB. Mungkin itulah apayang dapat penulis sampaikan tentang Cara Membuat Laporan Permasalahan Pada SIMPKB Terbaru.

Semoga bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimana pun berada dan mohon maaf jika terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami, sekali lagi penulis mohon maaf sebesar-besarnya.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Laporan Permasalahan Pada SIMPKB Terbaru"