Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Terbaru Cetak Surat Mutasi Siswa Tahun 2021

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

Adanya siswa yang mutasi/pindah menjadi hal yang lumrah dan sering terjadi disetiap satuan pendidikan. Alasan siswa mutasi ini pun sangat beragam, misalnya mengikut orangtua, berpindah domisili, maupun karena kemauan siswanya itu sendiri.

Bagi sekolah yang berada dibawah naungan kemendikbud yaitu dari tingkat SD/SMP, maka mudah saja jika ingin mengeluarkan siswa yaitu melalui aplikasi dapodik yang digunakan, lalu apabila siswa yang bersangkutan pindah kesekolah tingkat SD/SMP, maka bisa saja langsung ditarik datanya melalui manajemen dapodik.

Selain itu, operator sekolah dapat mencetak surat mutasi siswa untuk memastikan bahwa siswa yang bersangkutan sebelumnya terdaftar pada aplikasi dapodik sekolah dan dimutasikan sesuai dengan surat permohonan dari orangtua atau wali murid siswa tersebut.

Jika pada dapodik terdahulu surat mutasi siswa bisa dicetak langsung melalui aplikasi dapodik yaitu dengan memilih menu peserta didik, lalu pilih PD Keluar dan dibagian atas terdapat menu untuk mencetak surat mutasi. Berbeda halnya dengan dapodik versi 2022 terbaru ini, apabila ingin mencetak surat mutasi siswa maka tidak lagi langsung di aplikasi dapodiknya, melainkan harus melalui manajemen dapodik apabila ingin mencetak surat mutasi peserta didik.

Cara Terbaru Cetak Surat Mutasi Siswa Tahun 2021

Berikut mimin tuliskan langkah-langkah untuk mencetak surat mutasi siswa tahun 2021 sesuai dengan aplikasi dapodik versi 2022 yang digunakan untuk semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022, yaitu:

Pertama, yang harus dilakukan untuk pertama kalinya adalah mengeluarkan data siswa atau peserta didik melalui aplikasi dapodik dengan menuliskan tanggalsiswa mutasi dan alasan siswa mutasi.

Kedua, jika sudah dikeluarkan lakukan sinkronisasi pada aplikasi dapodik agar data siswa yang mutasi tersebut terbaca atau terekap pada website manajemen dapodik.

Ketiga, selanjutnya silahkan login pada website manajemen dapodik https://sp.datadik.kemdikbud.go.id, menggunakan alamat email dan password yang sesuai dengan aplikasi dapodik. 

Keempat, setelah berhasil login pada website manajemen dapodik, selanjutnya anda pilih dan klik menu siswa. Maka akan muncul 4 pilihan, diantaranya:

  1. Aktif, pada menu ini berisikan siswa aktif untuk sekolah kita sesuai dengan isian yang ada pada aplikasi dapodik
  2. Terdaftar, berisikan daftar siswa baru atau siswa yang didaftarkan melalui manajemen dapodik untuk nantinya bisa masuk pada aplikasi dapodik yang digunakan
  3. Keluar, berisikan data siswa yang keluar atau mutasi dari sekolah kita
  4. Lulus, berisikan siswa yang baru saja lulus dari tingkat akhir, baik itu kelas 6 utuk SD dan kelas 9 untuk tingkat SMP

Kelima, untuk mencetak surat mutasi siswa pilih menu Keluar pada poin nomor 3 diatas, kemudian cari nama siswa yang ingin dicetak surat mutasinya, lalu kemudian geser kearah kanan hingga menemukan menu bergambar “printer”.

Keenam, silah pilih dan klik menu bergambar “printer” tersebut, maka anda akan diarahkan pada tampilan surat keluar atau mutasi siswa, selanjutnya silahkan cetak dengan menghubungkan printer dan laptop/komputer, atau anda bisa saja mendownload surat mutasi siswa tersebut terlebih dahulu dengan memilih tanda arah panah kebawah sebagai tombol download yang ada dipojok kanan atas. 

Itulah tadi 6 langkah mudah cara terbaru cetak surat mutasi siswa ditahun 2021 ini, cukup mudah dilakukan asalkan jaringan internet yang ada didaerah anda stabil. 

Mungkin itu saja apa yang dapat mimin tuliskan yaitu tentang Cara Terbaru Cetak Surat Mutasi Siswa Tahun 2021, semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimanapun berada dan mohon maaf jika terdapat kesalahan didalam penulisan. 

1 komentar untuk "Cara Terbaru Cetak Surat Mutasi Siswa Tahun 2021"

  1. Clear cache sudah brpakali,
    Ctrl F5 juga sudah, tapi hasilnya ttp sama.. anda terdeteksi menggunakan prefill lama! Silahkan generate prefill ulang..


    😢

    BalasHapus