Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengisi Menu Deklarasi Sehat Bagi Pelamar ASN Tahun 2021

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

Ada yang berbeda dalam kegiatan rekrutmen ASN ditahun 2021 ini, yaitu adanya Deklarasi Sehat yang mesti diisi bagi para pelamar ASN baik itu yang mengikuti seleksi CPNS maupun mengikuti seleksi PPPK Guru Non-PNS tahap pertama. 

Menu isian Deklarasi Sehat ini muncul setelah para pelamar dinyatakan lulus seleksi administrasi, untuk itu bagi anda yang dinyatakan lulus seleksi administrasi agar segera melakukan pengecekan pada laman https://sscasn.bkn.go.id untuk mematikan bahwa menu isian deklarasi muncul dan segera diisi.

Memang wajar-wajar saja jika menu isian deklarasi sehat ini dimunculkan karena kita mengingat bahwa pandemi Covid-19 yang ada di negara tercinta kita Indonesia ini masih sangat tinggi, oleh sebab itu untuk memastikan bahwa diri kita tidak terpapar virus maka diminta untuk mengisikan menu isian deklarasi sehat tersebut dengan sejujurnya.

Dalam menu isian deklarasi sehat bagi para pelamar ASN tahun 2021 ini terdapat 3 poin didalamnya dan anda hanya perlu memilih “Ya atau Tidak”, berikut 3 poin pentingnya yaitu:

1. Dalam 14 hari terakhir saya

  • Ada anggota keluarga satu rumah yang bergejala/terkonfirmasi
  • Pernah bersentuhan fisik/berdekatan kurang dari 1 meter dengan orang yang bergejala/terkonfirmasi Covid-19

2. Saya sedang mengalami kondisi di bawah ini

  • Demam
  • Batuk
  • Lemas
  • Nyeri otot
  • Nyeri tenggorokan 
  • Pilek/ hidung tersumbat
  • Sesak nafas
  • Anoreksia/mual/muntah
  • Diare
  • Dan gejala lain yang mengarah

3. Saya dinyatakan terkonfirmasi Covid-19

Nah, itulah 3 poin penting yang ada pada menu isian pernyataan dalam deklarasi sehat bagi para pelamar ASN ditahun 2021 ini. Dengan adanya deklarasi sehat yang kita berikan ini maka nantinya akan memberikan masukan kepada para panitia penyelenggara seleksi dalam menerapkan ketentuan proses ujian.

Cara Mengisi Menu Deklarasi Sehat Bagi Pelamar ASN Tahun 2021

Adapun langkah untuk mengisi menu deklarasi sehat bagi para pelamar ASN tahun 2021, diantaranya: 

  1. Silahkan kunjungi website https://gurupppk.kemdikbud.go.id apabila anda melamar sebagai guru Non-PNS untuk mengikuti seleksi PPPK tahap pertama ditahun 2021 ini
  2. Atau langsung kunjungi laman https://sscasn.bkn.go.id
  3. Silahkan isikan NIK dan Password yang anda daftarkan ketika pembuatan akun pada tahap pertama kemarin
  4. Pada tampilan yang ada di menu RESUME, silahkan anda scroll kebagian bawah dan silahkan diisi menu deklarasi sehatnya, jika selesai mengisinya silahkan simpan dan download hasilnya berupa Kartu Deklarasi Sehat

Sampai pada poin nomor 4 diatas anda telah berhasil mengisi dan mendownloadnya. Anda dapat mencetak dan menyimpannya terlebih dahulu, sebab kartu deklarasi sehat menjadi salah satu syarat untuk mengikuti ujian SKD nantinya.

Dan bagi anda yang mengalami fitur atau menu isian Deklarasi Sehat tidak muncul pada https://sscasn.bkn.go.id, jangan khawatir sebab untuk sementara fitur tersebut di simpan atau di non-aktifkan oleh pihak BKN agar tidak menjadi polemik ditengah-tengah para pelamar ASN tahun 2021. Dan nantinya juga fitur ini akan dimunculkan kembali, jadi bagi anda yang belum sempat mengisinya dapat segera melakukan pengisian dan mencetak kartu deklarasi sehatnya.          

Mungkin itu saja apa yang dapat mimin tuliskan yaitu tentang Cara Mengisi Menu Deklarasi Sehat Bagi Pelamar ASN Tahun 2021, semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimanapun berada dan mohon maaf jika terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami. 

1 komentar untuk "Cara Mengisi Menu Deklarasi Sehat Bagi Pelamar ASN Tahun 2021"