Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dokumen Yang Dipersiapkan Untuk Mengisi MySAPK BKN Tahun 2021

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

Apakah anda sudah melakukan pengecekan pada laman https://mysapk.bkn.go.id ? Jika belum maka lakukanlah pengecekan sebab ada pemberitahuan tentang pengerjaan MySAPK BKN tahun 2021 dengan rentang waktu yang telah diberikan.

Batas waktu yang diberikan yaitu dari tanggal 15 Agustus 2021 hingga tanggal 14 september 2021, diharapkan para ASN baik itu yang CPNS maupun PNS sudah selesai melakukan penginputan atau perbaikan data yang ada pada laman https://mysapk.bkn.go.id 

Adapun user dan password yang digunakan untuk login pada https://mysapk.bkn.go.id adalah menggunakan NIP dan NIK masing-masing pegawai, kecuali anda telah melakukan perubahan password dengan melihat nomor token yang dikirimkan pada email pegawai yang bersangkutan.

Bagi anda yang ingin memulai melakukan pengerjaan dalam penginputan berkas, terlebih dahulu mempersiapkan beberapa dokumen yang diperlukan agar ketika memulai pengerjaan tidak ada lagi kesibukan hanya karena mencari letak berkas yang dimiliki.

Selain dokumen yang mesti dipersiapkan, anda juga dapat mempersiapkan alat SCANNER hal ini dikarenakan dokumen yang dimiliki tersebut harus di scan dalam bentuk PDF dan harus diupload sesuai dengan kategori yang akan anda isikan.

Mimin menyarankan bagi anda yang menggunakan handphone berbasis android dapat menginstal aplikasi Scanner melalui google playstore. Jadi, anda tidak perlu lagi memindah-mindahkan mesin scanner hanya untuk mendapatkan file PDF. Selain itu, aplikasi scanner versi android dapat menghasilkan ukuran kecil sehingga tidak melebihi batas maksimal yang telah ditentukan.

Bagi anda yang ingin mendownload Aplikasi Scanner berbasis android yang mudah digunakan dapat didownload pada link berikut: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.intsig.camscanner

Pada aplikasi tersebut anda hanya perlu memfoto berkas yang diinginkan lalu pilih bagikan, kemudian bagikan PDF, dan terakhir share via Whatsapp, Telegram, email dan sebagainya. Selain itu, anda dapat menentukan sendiri ukuran filenya, bisa ukuran kecil, medium dan ukuran besar.

Dan yang mesti anda ketahui yaitu ukuran file PDF yang akan di upload ke laman https://mysapk.bkn.go.id yaitu maksimalnya 1 mb, jadi dengan demikian apabila anda ingin mengupload dokumen atau berkas tersebut pastikan ukuran filenya tidak melebihi 1 MB.

Maka dari itu bagi anda yang ingin melakukan scan dokumen lebih baik menggunakan aplikasi scanner berbasis android saja, jika anda menggunakan mesin scanner seperti halnya printer yang bisa langsung melakukan scan maka ukuran file yang dihasilkannya cukup besar dan jika anda kompres tentu hasil akhirnya file tersebut tidak terlalu bagus.

Sebelum membahas tentang dokumen yang dipersiapkan sebelum pengisian MySAPK BKN tahun 2021, disini mimin akan menuliskan beberapa menu isian atau update data yang ada pada MySAPK BKN, diantaranya:

1. Riwayat ubah profil

2. Riwayat pangkat/golongan

3. Riwayat pendidikan

4. Riwayat jabatan

5. Riwayat Peninjauan Masa Kerja (PMK)

6. Riwayat CPNS/PNS

7. Riwayat diklat/kursus

8. Riwayat keluarga

9. Riwayat SKP

10. Riwayat penghargaan

11. Riwayat organisasi

12. Riwayat Cuti Diluar Tanggungan Negara (CLTN) 

Jika peralatan sudah disiapkan, maka langkah selanjutnya adalah mempersiapkan dokumen atau berkas pendukung yang dipersiapkan sebelum melakukan pengisian pada MySAPK BKN Tahun 2021.

Dokumen Yang Dipersiapkan Sebelum Mengisi MySAPK BKN Tahun 2021

Adapun dokumen yang di persiapkan untuk melakukan pengisian MySAPK BKN, antara lain:

  1. File foto dengan ukuran maksimal 500 kb
  2. Kartu Keluarga (KK) untuk orangtua dan diri sendiri, Akta Kelahiran (diri sendiri dan juga anak), KTP (orang tua dan diri sendiri), KTP/KIA anak, buku nikah atau akta cerai (jika ada)
  3. NPWP, ASKES/BPJS, TASPEN, Karis/Karsu
  4. SK Pangkat terakhir
  5. Ijazah dan transkip nilai
  6. SK Jabatan terakhir
  7. SK, CPNS, PNS, SK Prajabatan, Surat Pernyataan menjalankan tugas (SPMT), Pertek (pertimbangan teknis), C2TH (SK Penetapan NIP), Surat penetapan hasil pemeriksaan dokter sewaktu CPNS (jika ada), dan juga Karpeg
  8. Sasaran Kerja Pegawai Negeri Sipil (SKP) dari tahun 2016, 2017, 2018, 2019 dan 2020
  9. Surat Penghargaan, misalnya Satya Lencana (perunggu, perak dan emas) bagi para pegawai yang sudah mencapai masa jabatanyang ditentutakan, atau bisa juga penghargaan berupa sertifikat karena mengikuti diklat, seminar dan juga lokakarya
  10. Kartu sebagai anggota organisasi, misalnya kartu PGRI atau SK sebagai organisasi KKG dan juga MGMP
  11. Surat CLTN (jika ada)

Nah, itulah tadi beberapa dokumen yang harus anda persiapkan sebelum melakukan pengisian atau pengerjaan pada MySAPK BKN tahun 2021. Jika ada dokumen lain yang anda ketahui dan belum tertuliskan oleh mimin, agar sekiranya anda berkenan untuk menuliskannya pada kolom komentar yang ada dibagian bawah artikel ini.     

Mungkin itu saja apa yang dapat mimin tuliskan yaitu tentang Jika peralatan sudah disiapkan, maka langkah selanjutnya adalah mempersiapkan dokumen atau berkas pendukung yang dipersiapkan sebelum melakukan pengisian pada MySAPK BKN Tahun 2021, semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimanapun berada dan mohon maaf jika terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami. 

Posting Komentar untuk "Dokumen Yang Dipersiapkan Untuk Mengisi MySAPK BKN Tahun 2021"