Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

SUSAH TIDUR? BEGINI 5 TIPS UNTUK MENGATASINYA

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Amiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Amiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Amiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Amiin….

Tidur adalah suatu aktivitas yang dilakukan oleh setiap makhluk hidup untuk mengistirahatkan seluruh anggota tubuh dan pemikirannya. Begitu juga dengan manusia yang sangat memerlukan waktu untuk tidur minimal selama 8 jam seharinya.

Tidur merupakan suatu rutinitas yang sangat diperlukan oleh manusia setalah seharian dalam keadaan lelah, letih dan lesu saat bekerja. Semua akan kembali normal ketika terbangun dari tidur, dengan demikian tidur merupakan suatu anugerah yang diberikan oleh sang kuasa agar dapat memberikan rasa nyaman, tenang dan santai terhadap tubuh kita. Jadi jangan pernah lewatkan waktu anda untuk tidur meskipun hanya beberapa menit saja.

Lalu apa jadinya jika kita tergolong orang yang susah tidur?   

Susah tidur biasa disebut dengan Insomnia. Insomnia adalah gangguan tidur yang menyebabkan penderitanya susah untuk tidur, atau bahkan tidak cukup tidur. Insomnia dapat disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya: 1) Depresi, 2) Stress, 3) Gaya hidup, dan 4) Karena adanya pengaruh dari obat-obatan yang dikonsumsi.

Lantas apa yang harus kita lakukan ketika mengalami yang namanya insomnia atau gangguan tidur?

Apakah kita harus mengkonsumsi obat tidur setiap waktu agar dapat tertidur?

Hemm…dalam kesempatan kali ini mimin akan menuliskan 5 tips untuk mengatasi gangguan susah tidur. Dan jika anda mengetahui tips lainnya untuk mengatasi susah tidur ini agar sekiranya berkenan untuk menuliskannya pada kolom komentar yang ada dibagian bawah artikel ini.

5 Tips Untuk Mengatasi Gangguan Susah Tidur

Berikut 5 tips yang akan mimin tuliskan tentang cara mengatasi gangguan susah tidur, semoga dengan adanya tips ini dapat membantu anda untuk mengatasi yang namanya susah tidur.

1) Matikan Gadget Sebelum Tidur

Gadget menjadi hal pokok yang tidak pernah lepas dari kehidupan, mulai dari handphone, laptop dan juga komputer. Terkadang waktu kita habis berjam-jam hanya sekadar bermain gadget seperti halnya handphone, baik itu hanya sekedar bermain game ataupun berselancar di berbagai media sosial.

Nah, jadi bagi anda yang mengalami gangguan susah tidur agar bisa mengatur waktu kapan mengakses gadget dan kapan STOP bermain gadget. Misalnya 30 menit sebelum tidur sudah menonaktifkan seluruh gadget yang dimiliki, kemudian letakkan jauh dari tempat tidur kita.

Mengapa berhenti bermain gadget perlu dilakukan sebelum tidur?

Sebab ketika kita sudah asyik bermain gadget hanya untuk bermain game atau hanya sekedar berselancar di dunia maya, maka membuat waktu tidur semakin berkurang dan bahkan tidak jarang semalaman suntuk tidak akan tidur hanya karena asyik dengan gadget ditangan.

Jadi, mulai sekarang silahkan atur waktu anda agar kualitas tidur bisa didapatkan. 

2) Kenali Waktu Tidur Anda

Poin kedua yang bisa anda lakukan adalah mengenali waktu tidur anda. Jika anda termasuk orang yang memiliki waktu untuk tidur sedikit, maka berusahalah untuk merubahnya. Jangan pernah memaksakan diri untuk tidak tidur sebab jam tidur belum sampai.

Jika misalkan anda terbiasa tidur jam 03.00 dini hari, maka cobalah untuk merubahnya dengan membiasakan tidur sebelum jam 10 malam. Tentu perubahan waktu tidur ini tergantung dari keinginan diri sendiri, memang mungkin terasa berat untuk awal-awalnya tetapi setelah lama-kelamaan akan menjadi terbiasa dan anda pun akan mendapatkan tidur yang berkualitas.

Jangan paksakan tubuh kita tetap terjaga diwaktu malam, ingatlah bahwa kita sebagai manusia memerlukan yang namanya tidur agar setelah terbangun nanti membuat tubuh menjadi segar bugar. Dan kita bukanlah sebagai seorang robot yang tidak memerlukan waktu untuk tidur.   

3) Membaca Buku Sebelum Tidur

Membaca buku sebelum tidur dapat dilakukan untuk mengatasi anda yang mengalami gangguan susah tidur, sebab dengan melihat tulisan yang ada pada halaman buku membuat kantuk cepat datang.

Dengan membaca membuat fikiran menjadi tidak fokus ditambah siang harinya kita sibuk dengan bisnis atau pekerjaan. Hanya saja untuk jenis buku yang digunakan adalah buku bacaan bergenre nonfiksi dengan baris halaman yang cukup padat atau bisa juga dengan membaca buku dengan tema yang anda kurang suka. 

Jika membaca buku dengan tema yang menarik tentu dapat membuat rasa penasaran sehingga ingin terus membacanya dan waktu untuk tidur pun terlewatkan begitu saja. Jadi, jika ingin membaca buku sebelum tidur maka pilihlah buku dengan tema yang kurang menarik agar rasa kantuk cepat datang.   

4) Hindari Tidur Siang

Bagi anda yang susah tidur dimalam hari, maka hindarilah untuk tidur diwaktu siang hari. Sebab tidur diwaktu siang hari yang terlalu lama dilakukan, maka kualitas tidur dimalam hari akan terganggu.

Terkadang ada orang yang mampu menghabiskan waktu tidur dari pagi hingga sore hari diwaktu siang hari, inilah yang dapat menyebabkan kualitas tidur diwaktu malam menjadi terganggu. Karena telah puas tidur diwaktu siang, akhirnya diwaktu malam hari tidak ada lagi kesempatan untuk tidur. Padahal yang baiknya waktu tidur itu adalah dimalam hari. 

5) Olahraga Yang Teratur

Olahraga yang teratur dapat mengatasi gangguan waktu tidur, hal ini dikarenakan olahraga dapat mengurang hormon stres yang ada didalam tidur. Hanya saja yang perlu dilakukan adalah memilih jenis olahraga yang tidak berlebihan, jika memilih olahraga yang berlebihan justru dapat membuat anda susah untuk tidur.

Jadi, pilihlah olahraga yang cukup ringin untuk dilakukan kemudian lakukan secara teratur. Lalu hindari olahraga diwaktu malam hari, sebab berolahraga dimalam hari membuat tubuh kita mengeluarkan keringat yang dapat menghambat waktu tidur kita.   

Nah, mungkin itu saja apa yang dapat mimin tuliskan tentang 5 tips untuk mengatasi gangguan susah tidur, semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimana pun berada dan mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami. Dan jika anda mempunyai tips lainnya tentang mengatasi gangguan susah tidur, maka agar sekiranya berkenan untuk menuliskannya pada kolom komentar yang ada dibagian bawah artikel ini.

1 comment for "SUSAH TIDUR? BEGINI 5 TIPS UNTUK MENGATASINYA"

  1. Apalagi kalau sedang stress min, kadang karena banyak fikiran jadi sulit tidur,, pikiran kemana mana,,

    Maka dari itu seperti yang mimin tulis biasanya saya sebelum tidur tak buat baca baca dulu biar mata jadi cepet ngantuk

    ReplyDelete