Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

[Terbaru] Cara Login Pada Aplikasi Raport Digital (ARD) Bagi Guru Madrasah

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

Aplikasi Raport Digital atau biasa disingkat dengan ARD merupakan aplikasi khusus yang dirancang untuk digunakan oleh setiap satuan pendidikan madrasah, mulai dari RA/MI/MTs/MA.

ARD madrasah ini bisa dipergunakan oleh operator madrasah dan juga guru yang mengajar pada satuan pendidikan setempat, salah satunya adalah untuk melakukan penginputan nilai yang diperoleh siswa dari hasil belajarnya.

Dalam proses pemberian nilai menjadi tanggung jawab guru madrasah, sehingga dengan demikian hasil penilaian tersebut perlu untuk ditindak lanjuti dengan cara melaporkannya, yaitu pada Aplikasi Raport Digital (ARD).

Namun, bagi guru madrasah yang ingin melakukan penginputan terhadap nilai hasil belajar siswa tidak bisa begitu saja login pada aplikasi raport digital (ARD). Maka dari itu operator madrasah memiliki peran untuk membuat dan menambahkan pengguna pada sistem aplikasi raport digital (ARD), sehingga akun yang dimiliki oleh guru madrasah adalah dengan menggunakan NIP dan juga NPSN sekolahnya.

Cara Login Pada Aplikasi Raport Digital (ARD) Bagi Guru Madrasah Berikut beberapa langkah cara login pada Aplikasi Raport Digital (ARD), khususnya untuk guru madrasah yaitu:

  1. Silahkan klik link https://sikurma.kemenag.go.id/ard/
  2. Maka akan muncul 4 pilihan satuan pendidikan, diantaranya RA, MI, MTs dan MA. Silahkan pilih sesuai dengan satuan pendidikan tempat anda bekerja  
  3. Silahkan isikan username dengan NIP guru madrasah dan passwordnya berupa NPSN madrasah atau anda dapat login dengan menggunakan NSM (Nomor Statistik Madrasah) untuk usernamenya dan ketik pengguna sebagai passwordnya. 
  4. Terakhir silahkan pilih Masuk   

Cara Pengerjaan Aplikasi Raport Digitan (ARD) Bagi Guru Madrasah

Setelah berhasil login pada aplikasi, berikut langkah selanjutnya:

  1. Pilih menu konfigurasi
  2. Isikan data pada menu madrasah
  3. Isikan data pada mata pelajaran
  4. Isikan data muatan lokal (sesuai dengan yang ada pada satuan pendidikan anda), misalnya muatan local baca tulis Al-Qur’an (Bataqu)
  5. Isikan data ekstrakurikuler sesuai dengan kegiatan yang dilakukan oleh satuan pendidikan anda
  6. Isikan data guru sesuai dengan data diri pribadi yang bersangkutan
  7. Isikan data siswa
  8. Dan terakhir isikan data rombongan belajar
  9. Jangan lupa apabila setelah melakukan pengisian, pilih dan klik menu SIMPAN 

Akhir Kata

Mungkin itu saja yang dapat mimin tuliskan yaitu tentang Cara Login Pada Aplikasi Raport Digital (ARD) Bagi Guru Madrasah. Semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimana pun berada dan mohon maaf jika terdapat kesalahan didalam penulisan.

Dan bagi anda yang mengetahui cara lainnya untuk login pada Aplikasi Raport Digital (ARD) maupun cara mengisikan menu-menu yang telah disediakan pada aplikasi bagi guru madrasah, maka agar sekiranya bersedia berbagi di kolom komentar yang ada dibagian bawah artikel ini. 

Posting Komentar untuk "[Terbaru] Cara Login Pada Aplikasi Raport Digital (ARD) Bagi Guru Madrasah"