Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Kertas Laporan SIMDA BMD Yang Terpotong Saat Didownload

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

Cara Mengatasi Kertas Laporan SIMDA BMD Yang Terpotong Saat Didownload

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

SIMDA BMD mungkin masih terdengar asing disebagian orang, hal ini dikarenakan SIMDA BMD hanya diperuntukkan bagi instansi-instansi terkait dalam melakukan laporan baik berupa laporan keuangan, pendapatan, barang milik daerah dan sebagainya.

Jadi, aplikasi SIMDA ini beraneka ragam fungsinya sesuai dengan kebutahan dimasing-masing instansi. Salah satunya adalah instansi satuan pendidikan dapat memanfaatkan aplikasi SIMDA BMD ini untuk membuat laporan tentang penggunaan Dana BOS Regulernya yang diterimanya.

Adapun yang dilaporakan melalui aplikasi SIMDA BMD adalah penggunaan Dana BOS Reguler berupa belanja modal, yang mana maksud dari belanja modal itu sendiri adalah pembelian suatu barang yang memiliki masa manfaat lebih dari 12 bulan atau 1 tahun. Misalnya, pembelian lemari, perangkat komputer, meja-kursi siswa dan barang lain yang menurut perkiraan memiliki masa manfaat lebih dari 12 bulan atau 1 tahun.

Oleh sebab itu SIMDA BMD memiliki pengertian berupa suatu Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA) yang memilii fungsi untuk melaporkan Barang Milik Daerah (BMD) yang berasal dari penggunaan Dana BOS Reguler yang diterima oleh satuan pendidikan setiap tahunnya.

Dan dalam kesempatan kali ini miminakan menuliskan mengenai aplikasi SIMDA BMD yang khusus digunakan untuk melakukan input data terhadap suatu barang yang dibeli oleh satuan pendidikan yag bersumber dari Dana BOS Reguler.

Yang sering menjadi permasalahan adalah saat ingin mendownload laporan hasil dari penginputan pada aplikasi SIMDA BMD tiba-tiba laporannya terpotong dan tidak Nampak terlihat secara penuh. Laporan yang dimaksud dapat berupa hasil dari inputan, mutasi tambah, ekstrakom, rekap intrakompetabiliti.

Laporan ini terpotong dikarenakan baru pertama kali menggunakan aplikasiS SIMDA BMD atau aplikasi tersebut baru saja diinstal dilaptop yang baru. Jadi, untuk mengatasi laporan SIMDA BMD yang terpotong tersebut dapat mengikuti langkah berikut:

A. Bagi anda pengguna Windows 10, berikut langkahnya:

Cara Mengatasi Kertas Laporan SIMDA BMD Yang Terpotong Saat Didownload

  1. Silahkan pilih menu Start yang ada dipojok kiri bawah
  2. Lalu pilih menu Settings dengan ikon gerigi
  3. Selanjutnya pilih dan klik menu Devices
  4. Pilih menu Printers & Scanners
  5. Pilih Microsoft XPS Document Writer, pilih Manage dan terakhir klik set a default.

B. Bagi anda pengguna Windows 7, berikut langkahnya:

Cara Mengatasi Kertas Laporan SIMDA BMD Yang Terpotong Saat Didownload

Cara Mengatasi Kertas Laporan SIMDA BMD Yang Terpotong Saat Didownload

  1. Silahkan klik menu Start dengan logo windows
  2. Pilih dan klik menu Control Panel
  3. Pilih menu Hardware and Sound
  4. Pilih menu View Devices and Printers
  5. Pada tampilan gambar printer, silahkan pilih printer dengan nama Microsoft XPS Document Writer. Silahkan klik kanan, pilih seta default pada printer dengan nama tersebut. 

Catatan: silahkan Logout terlebih dahulu aplikasi SIMDA BMD nya, lalu login kembali. Selanjutnya silahkan coba untuk mendownload laporan semisal Ekstrakom, lalu silahkan dilihat apakah laporannya masih terpotong atau sudah full halaman yang ditampilkannya.

Akhir Kata

Mungkin itu saja yang dapat mimin bagikan tentang Cara Mengatasi Kertas Laporan SIMDA BMD Yang Terpotong Saat Didownload. Laporan SIMDA BMD ini perlu didownload guna sebagai arsip disekolah sebagai bukti pertanggung jawaban dari penggunaan Dana BOS Reguler yang telah digunakan untuk membeli suatu barang dengan masa manfaat lebih dari 12 bulan atau lebih dari 1 tahun. Dan nantinya barang yang telah diinputkan pada aplikasi SIMDA BMD tadi akan menjadi asset yang dimiliki oleh daerah kabupaten/kota setempat.

Mungkin itu saja yang dapat mimin tuliskan, semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimana pun berada dan mohon maaf jika terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Kertas Laporan SIMDA BMD Yang Terpotong Saat Didownload"