Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Update Dapodik Untuk Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

Ada yang berbeda pada aplikasi dapodik yang akan digunakan disemester genap tahun pelajaran 2021/2022 ini, yaitu tidak adanya installer maupun patch yang dirilis sehingga setiap satuan pendidikan tidak perlu melakukan unstall aplikasi dapodik yang telah digunakan.

Hanya saja bagi satuan pendidikan yang belum melakukan install aplikasi dapodik lantaran karena menggunakan laptop yang baru atau baru saja melakukan service laptop dapat melakukan install aplikasi dapodik 2022, lalu kemudian melakukan updater dengan mendownload patch dapodik 2022.a, 2022.b dan 2022.c sesuai dengan jenjang pendidikannya.

Adapun bagi anda yang ingin mendownload aplikasi dapodik untuk pertama kalinya dapat mengakses website https://dapo.kemdikbud.go.id/unduhan;. Lantas bagi satuan pendidikan yang sudah memiliki aplikasi dapodik 2022 sesuai jenjang dapat melakukan pembaharuan atau update aplikasi dapodik untuk digunakan di semester genap tahun pelajaran 2021/2022 ini, dengan langkah sebagai berikut:

Dan disini mimin memberikan contoh cara update aplikasi dapodik versi 2022.c untuk jenjang sekolah dasar dan juga sekolah menengah pertama yang akan digunakan pada semester genap tahun pelajaran 2021/2022, sebagai berikut:

  1. Silahkan login pada aplikasi dapodik yang dimiliki yaitu dapodik versi 2022.c
  2. Selanjutnya silahkan pilih menu TARIK DATA sebagai cara untuk pembaharuan referensi 2021/2022 semester genap
  3. Apabila proses TARIK DATA sudah selesai dilakukan, selanjutnya silahkan keluar pada aplikasi dapodik atau logout aplikasi
  4. Selanjutnya lakukan Clear Cache Browser pada browser yang anda gunakan untuk membuka aplikasi dapodik (Mozilla atau chrome) dengan menekan CTRL+H, pilih Clear Browsing Data dan akan terdapat 2 pilihan, Clear Browser secara BASIC atau ADVANCED, apabila memilih ADVANCED tentu semua akun yang tersimpan akan terhapuskan
  5. Selanjutnya silahkan buka kembali pada aplikasi dapodik yang ada dengan mengisikan username dan password yang digunakan pada dapodik 2022.c semester ganjil
  6. Ketika masuk aplikasi PASTIKAN bahwa yang dipilih adalah 2021/2022 SEMESTER GENAP, baru kemudian pilih tombol masuk atau login
  7. Lakukan pengisian pada aplikasi dapodik semester genap sesuai dengan data yang invalid
  8. Dan langkah terakhir jika sudah selesai melakukan pengisian data pada aplikasi dapodik semester genap tahun pelajaran 2021/2022, silahkan lakukan SINKRONISASI untuk mengirimkan data ke server pusat.

Catatan: Untuk proses TARIK DATA diatas pastikan aplikasi dapodik yang digunakan terhubung dengan internet dan sumber data tersebut juga dapat diakses melalui laman https://dapo.kemdikbud.go.id/berita/pembaruan-data-tahun-2021-2022-semester-genap. Cara diatas adalah untuk satuan pendidikan yang sudah melakukan update aplikasi dapodik atau versi dapodik yang digunakan sudah 2022.c, sedangkan bagi satuan pendidikan yang versi dapodiknya masih 2022.a dapat mendownload PATCH aplikasi dapodik versi 2022.c, lakukan penginstalan dan selanjutnya mengikuti petunjuk sesuai dengan arahan diatas.

Bagi anda yang versi aplikasi dapodiknya masih versi 2022.a agar dapat sekiranya melakukan update dengan mendownload dan instal PATCH dapodik versi 2022.c, berikut langkahnya:

  1. Download patch dapodik 2022.c disini
  2. Setelah berhasil download, silahkan klik kanan pada aplikasi lalu pilih Run as administrator
  3. Lakukan penginstalan hingga selesai dan pastikan dapodik anda sudah versi 2022.c pada dashobard
  4. Apabila versinya belum berubah, silahkan Clear History Cache atau tekan F5 untuk refrest.
  5. Setelah aplikasi dapodik sudah versi 2022.c, langkah berikutnya silahkan terapkan langkah yang telah mimin tuliskan diatas dari point 1 - 8. 

Akhir Kata

Mungkin itu saja yang dapat mimin bagikan tentang cara melakukan update dapodik untuk semester genap tahun pelajaran 2021/2022, khususnya untuk jenjang pendidikan sekolah dasar dan juga sekolah menengah pertama. 

Semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimana pun berada dan mohon maaf jika terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami.

Post a Comment for "Cara Update Dapodik Untuk Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022"