Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ CARA MENONAKTIFKAN SEMENTARA DAN PERMANEN ANTIVIRUS WINDOWS DEFENDER

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

√ CARA MENONAKTIFKAN SEMENTARA DAN PERMANEN ANTIVIRUS WINDOWS DEFENDER

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

WAHYUDIANSYAH.COM – Cara Menonaktifkan Sementara dan Permannen Antivirus Windows Defender

Operasi system yang digunakan oleh laptop/notebook dan juga Perangkat Komputer (PC) untuk sekarang ini adalah Windows 10. Hanya Sebagian saja yang masih bertahan dengan menggunakan operasi system dengan menggunakan Windows 7 atau Windows 8. Berberda halnya dengan windows terdahulu, untuk windows 10 ini dilengkapi dengan berbagai macam fitur yang menarik, seperti halnya tampilan pada layer monitor yang lebih elegan, lalu fitur-fiturnya yang cukup banyak dan yang terpenting pada windows 10 dilengkapi dengan security (kemanan) yang mempuni.

Pada operasi system windows terdahulu tidak dilengkapi dengan security (keamanan) yang mumpuni, sehingga mengharuskan kita untuk menginstal antivirus tambahan guna mencegah program pada laptop diserang oleh virus yang dapat merusak berbagai macam jenis file.

Dan pada windows 10 ini sudah dilengkapi dengan security (keamanan) yang siap dan selalu aktif dalam menjaga berbagai macam file agar tidak terkena virus malware. 

Dilansir dari situs Wikipedia menjelaskan bahwa windows 10 adalah sistem operasi komputer pribadi yang dikembangkan oleh Microsoft sebagai bagian dari keluarga sistem operasi Windows NT. Diperkenalkan pada tanggal 30 September 2014, dirilis pada 29 Juli 2015 dan pada November 2015, Threshold 2 dari Windows 10 dirilis kepada publik.

Meskipun pada windows 10 ini sudah dilengkapi dengan security (keamanan) yang mumpuni, namun tidak jarang berbagai macam file dianggapnya virus yang menyebabkan file tersebut tidak bisa dibuka atau diakses. Begitu juga file dari hasil download, sering dianggapnya virus apabila kita ingin menyimpannya.

Untuk itu agar semua jenis file tidak dianggapnya virus, maka kita dapat menonaktifkan antivirus windows defender secara permanen atau sementara.

Alasan lain, orang-orang ingin menonaktifkan antivirus defender, banyak orang merasa terganggu dengan keberadaan Windows Defender karena sering kali aplikasi ini akan menghapus file dan aplikasi tidak berbahaya karena dianggap sebuah virus.

Berikut mimin bagikan cara menonaktifkan antivirus defender baik itu secara sementara maupun secara permanen. Adapun cara menonaktifkan antivirus defender, yaitu:

√ CARA MENONAKTIFKAN SEMENTARA DAN PERMANEN ANTIVIRUS WINDOWS DEFENDER

A. Cara Menonaktifkan Antivirus Windows Defender Sementara

Berikut adalah langkah-langkah untuk menonaktifkan antivirus Windows Defender untuk sementara waktu, yaitu:

Pertama, pilih Mulai atau Start yang terletak di sudut kiri bawah layar laptop yang berada disebalah kiri.

Kedua, silahkan anda buka bagian Pengaturan atau Setting yang ada didalam Start, dan jika kebingungan kamu dapat memencet pilihan yang memiliki gambar gerigi mesin.

Ketiga, maka akan muncul jendela Pengaturan di layarmu, pilih Update & Security. Setelah jendela Update & Security terbuka, klik bagian Windows Security atau Keamanan Windows.

Keempat, buka Virus & Threat Protection kemudian Kelola Pengaturan atau Pengaturan Proteksi Ancaman di versi Windows 10 yang lama.

Berikut cara untuk menonaktifkan sementara antivirus windows defender, yaitu:

Pilih Mulai > Pengaturan > Update & Security > Keamanan Windows > & Threat Protection > Kelola Pengaturan > Proteksi Real Time > Nonaktif.

B. Cara Mematikan Antivirus Windows 10 Permanen

Selain dimatikan secara sementara, anda juga bisa mematikan antivirus Windows 10 secara permanen. Berikut adalah cara mematikan antivirus Windows 10 secara permanen, yaitu:

Pertama, buka menu mulai atau start kemudian pilih update & security. Buka pilihan windows security dan klik virus & threat protection.

Kedua, pilih manage and setting pada bagian bawah virus & threat protection settings.

Ketiga, alihkan tombol aktif menjadi tidak aktif untuk real time protection, Cloud-delivered protection, dan automatic sample submission.

Keempat, Setelah selesai menlakukan langkah diatas, antivirus Windows Defender telah dimatikan secara permanen pada komputer atau laptopmu.

Kelima, Untuk mengaktifkan Kembali antivirus defender, kita tinggal mengalihkan tombol yang awalnya Tidak Aktif menjadi Aktif dengan cara menggeserkannya kesebelah kanan atau kiri.

Catatan: antivirus windows defender akan kembali aktif setelah laptop/PC Kembali digunakan, dan untuk menonaktifkannya Kembali maka anda dapat menggunakan langkah yang telah mimin tuliskan diatas. Cara cepat ke menu Windows defender adalah dengan mengklik menu SEARCH yang ada dipojok kiri bawah berdekatan dengan menu windows, lalu pada kolom Search silahkan tulis windows defender atau windows security. Ini semua tergantung dari jenis atau type laptop/PC yang anda miliki dan juga gunakan.

AKHIR KATA

Mungkin itu saja yang dapat mimin bagikan mengenai Cara Menonaktifkan Sementara dan Permannen Antivirus Windows Defender. Bagi anda yang menggunakan operasi system pada laptop atau PC adalah windows 10 sebenarnya tidak perlu lagi menginstal aplikasi antivirus lain, sebab pada operasi system windows 10 sudah dilengkapi dengan security (keamanan) yang mumpuni yaitu windows defender. Hanya saja untuk windows defender ini sangat rentang mendeteksinya, sehingga beberapa file yang dianggap virus akan langsung dihapus dari laptop/PC anda atau file tidak bisa digunakan lagi.

Untuk itu agar aman dalam menyimpan file-file penting atau ingin menginstal aplikasi penting yang akan digunakan dan agar tidak terdeteksi sebagai virus malware yang dapat membahayakan laptop/PC anda, maka antivirus yang ada pada windows defender dapat di nonaktifkan terlebih dahulu.

Terakhir bagi anda yang mengetahui banyak mengenai windows defender ini maka agar sekiranya berkenan untuk berbagai dengan menuliskannya pada kolom komentar yang ada dibagian bawah artikel ini. Semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimanapun berada dan mohon maaf apabila terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami, agar sekiranya dapat memakluminya.  

Post a Comment for "√ CARA MENONAKTIFKAN SEMENTARA DAN PERMANEN ANTIVIRUS WINDOWS DEFENDER"