Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ CARA MEMPERKECIL UKURAN FILE FOTO DENGAN MUDAH

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

√ CARA MEMPERKECIL UKURAN FILE FOTO DENGAN MUDAH

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

WAHYUDIANSYAH.COM – Cara Memperkecil Ukuran File Foto Dengan Mudah

Sering kali kita kesulitan saat ingin mengupload sebuah foto untuk keperluan dalam pendaftaran berbagai macam kegiatan, beberapa alasan yang sering didapatkan seperti ukuran foto kekecilan dan tidak mencapai ukuran minimum. Sehingga ketika mengetahui ukuran foto yang kekecilan, maka kita browsing ke berbagai macam website untuk mencari cara memperbesar ukuran file foto sehingga mencapai ukuran maksimum.

Nah, begitu juga terhadap foto yang berasal dari sebuah handphone, saat digunakan untuk diupload maka ukuran foto bisa saja mendapatkan keterenagn seperti ukuran foto yang melebihi batas maksimum. Saat menemukan keterangan seperti itu maka kita diharuskan untuk memperkecil ukuran foto yang dimiliki, memperkecil ukuran foto bisa digunakan melalui berbagai macam website yang menyediakan untuk memperkecil ukuran foto. Hanya saja yang menjadi permasalahan adalah ketika kita memperkecil ukuran foto maka hasil dari foto tersebut juga akan berubah, misalnya gambar yang terlihat pecah-pecah, kabur dan bahkan menjadi kurang jelas.

Untuk memperkecil ukuran foto tidak harus melalui website secara online, tetapi dapat dilakukan secara manual dengan aplikasi yang bernama PAINT. Aplikasi Paint merupakan aplikasi bawaan yang selalu ada disetiap laptop/pc dengan berbagai merek, aplikasi paint bisa digunakan untuk berbagai macam keperluan seperti membuat stiker gambar, menggambar, dan bahkan dapat memperkecil ukuran foto tanpa harus merusak hasil dari foto itu sendiri. Untuk memperkecil ukuran foto dengan menggunakan aplikasi paint, kita hanya perlu merubah skala ukurannya saja baik itu secara vertikal maupun horizontal.

Bagi anda yang ingin mencoba mengubah ukuran foto dengan menggunakan aplikasi Paint yang ada dilaptop/pc, berikut cara atau langkahnya:

Cara Mengecilkan Ukuran Foto di Paint

  • Pertama silahkan on kan laptop/pc anda
  • Jika sudah on, silahkan anda pilih dan klik tombol SEARCH yang ada di pojok kiri bawah (biasanya) dan ketikkan dengan kata kunci paint, lalu kemudian enter
  • Otomatis aplikasi paint akan terbuka, silahkan anda pilih menu File yang ada dibagian atas pojok sebelah kiri dan pilih Open untuk mencari letak file foto yang akan anda perkecil ukurannya
  • Apabila letak foto sudah ditemukan, silahkan anda pilih foto yang akan diperkecil ukurannya
  • Setelah memasukkan foto, klik opsi Resize
  • Nantinya akan ada tabel Resize and Skew
  • Isilah tabel Pixels dan Percentage sesuai dengan kebutuhan ukuran (untuk memperbesar ukuran file letakkan angka diatas 100 dan untuk memperkecil ukuran file letakkan angka dibawah 100)
  • Jika sudah, klik menu OK
  • Pilih menu File, kemudian klik Save As dan pilih opsi JPEG PICTURE
  • Silahkan anda beri nama file tersebut, lalu kemudian simpan di local yang mudah diingat atau dicari
  • Silahkan anda lihat ukuran dari file foto tersebut, apakah sudah sesuai dengan keperluan atau belum, jika belum silahkan lakukan kembali cara diatas dengan mengupload ulang foto asli yang belum di edit ukurannya dan JANGAN MENGUPLOAD FOTO YANG SUDAH DIEDIT MENGGUNAKAN APLIKASI PAINT.

AKHIR KATA

Mungkin itu saja yang dapat mimin bagikan mengenai Cara Mudah Merubah Ukuran Foto Dengan Aplikasi Paint. Yang mana merubah ukuran file foto dengan aplikasi paint ini terbilang cukup mudah tanpa harus terhubung ke internet, selain itu hasil foto yang sudah diedit ukurannya tetap sesuai dengan ukuran foto aslinya dan tidak merusak hasil dari fotonya. Kalau kita sering mengubah ukuran foto maka mungkin saja akan berdampak pada hasilnya, yaitu ukuran foto mengecil tetapi hasil foto menjadi rusak seperti pecah-pecah, kabur dan foto kurang jelas.

Kembali lagi kepada anda sendiri, jika merasa nyaman merubah ukuran foto melalui berbagai macam website dan hasilnya pun sesuai keinginan maka lakukan lah. Tetapi jika hasil didapatkan kurang memuaskan bagi anda, maka tidak salahnya mencoba seperti yang telah mimin bagikan diatas yaitu dengan menggunakan aplikasi bawaan yang ada pada laptop/pc yang bernama PAINT. 

Terakhir bagi anda yang mengetahui mengenai cara mengubah ukuran foto selain menggunakan aplikasi paint, maka agar sekiranya berkenan untuk berbagai dengan menuliskannya pada kolom komentar yang ada dibagian bawah artikel ini. Semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimanapun berada dan mohon maaf apabila terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami, agar sekiranya dapat memakluminya. 

Post a Comment for "√ CARA MEMPERKECIL UKURAN FILE FOTO DENGAN MUDAH"