Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

√ CARA MENAMBAHKAN SISWA BARU PADA APLIKASI DAPODIK VERSI 2023

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

√ CARA MENAMBAHKAN SISWA BARU PADA APLIKASI DAPODIK VERSI 2023

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

WAHYUDIANSYAH.COM – Cara Menambahkan Siswa Baru Pada Aplikasi Dapodik Versi 2023

Tahun pelajan baru 2022/2023 semester ganjil sudah berjalan hampir 1 bulan lamanya dan untuk aplikasi dapodik yang digunakan oleh satuan Pendidikan pun sudah dirilis beberapa waktu yang lalu dengan versi 2023 dan updaternya dengan versi 2023.a

Diwaktu sekarang ini setiap satuan Pendidikan sudah mulai mengerjakan aplikasi dapodiknya masing-masing, salah satu yang harus diselesaikan adalah menambahkan siswa baru dari sekolah Taman Kanak-kanak (TK) ke kelas 1 untuk sekolah dasar.

Dam kali ini mimin akan membagikan cara menambahkan siswa baru pada aplikasi dapodik versi 2023 untuk sekolah dasar kelas 1. Dalam penambahan siswa baru ini sebenarnya masih bisa dilakukan melalui aplikasi dapodiknya secara manual dengan memilih Tambah PD Baru, hanya saja untuk menambahkan PD Baru melalui aplikasi dapodik ini harus ada data dukung yang akurat untuk siswa tersebut diantarnya adalah Akta Lahir dan juga Kartu Keluarga.

Akta lahir siswa sangat penting diperlukan oleh operator sekolah dalam melakukan menambahkan data siswa baru secara manual melalui aplikasi dapodik yang digunakan, sebab untuk penulisan nama siswa lebih baik mengikuti seperti halnya yang tertera pada Akta Lahir dan begitu juga nantinya untuk penulisan ijazah siswa tentunya menyesuaikan dengan nama yang tertera pada Akta Lahir. Begitu juga Kartu Keluarga sangat penting diperlukan oleh operator sekolah, sebab melalui Kartu Keluarga ini nantinya diketahui No. KK dan juga Nomor NIK siswa baru tersebut beserta dengan Nomor NIK kedua orangtuanya.

Namun untuk menambahkan siswa baru pada aplikasi dapodik versi 2023 ini hendaknya dilakukan melalui proses TARIK DATA dari TK agar nantinya data yang ada pada siswa tidak perlu menginput ulang, selain itu siswa juga sudah mendapatkan NISN disekolah asalnya. 

Berikut cara Tarik Data siswa dari TK yang bisa anda lakukan:

  1. Silahkan kunjungi laman https://sp.datadik.kemdikbud.go.id
  2. Gunakan username dan password aplikasi dapodik
  3. Setelah berhasil login, maka akan terlihat nama sekolah (NPSN) kecamatan, kabupaten dan prosvinsi. Lalu pada bagian atas akan Nampak terlihat 3 menu utama seperti, Data Pokok, Aplikasi dan Dokumen
  4. Silahkan anda pilih dan klik menu Aplikasi, maka akan muncul 3 pilihan utama seperti PD Baru, Mutasi dan PTK
  5. Silahkan anda pilih PD Baru jika ingin menambahkan atau menarik data siswa dari TK, pilih Mutasi apabila ada siswa pindahan dari sekolah lain ke sekolah kita dan menu PTK untuk menarik data PTK yang mutase dari sekolah lain ke sekolah kita
  6. Setelah memilih dan mengklik PD Baru, akan muncul 2 pilihan utama yaitu Dapodik dan Non Dapodik. Untuk menu Dapodik ditujukan kepada siswa yang terdaftar pada sekolah dibawah naungan Kemendikbud Ristek seperti halnya TK/PAUD/KB. Sedangkan untuk Non Dapodik ditujukan untuk sekolah yang berada dibawah naungan Kemenag seperi halnya Raudhatul Athfal (RA)
  7. Setelah memilih menu Dapodik, selanjutnya anda pilih Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan, Nama Sekolah dan Tahun Lulus siswa. Terakhir pilih dan klik menu Tampilkan untuk melihat daftar siswa yang lulus, silahkan anda centang pada data siswa yang sudah melakukan pendaftaran disekolah kita dan klik menu DAFTARKAN yang ada dibagian bawah untuk nantinya dimbahkan pada aplikasi dapodik sekolah kita, khususnya untuk kelas 1 sekolah dasar
  8. Begitu juga untuk mencari data siswa yang berada disekolah lain, tinggal ganti provinsi, kabupaten/kota, kecamatan dan cari nama sekolahnya.

Catatan: Adapun untuk siswa yang berasal dari Non Dapodik maka yang bisa dilakukan adalah dengan menambahkan data diri siswa, seperti nama, tempat tanggal lahir, nomor NIK siswa hingga data orangtuanya lalu kemudian di DAFTARKAN dan tunggu persetujuan dari admin operator dinas Pendidikan kabupaten/kota setempat.

Jika terdapat masalah data siswa tidak ditemukan pada sekolah asal, maka anda dapat melakukan konsultasi kepada operator dinas Pendidikan kabupaten/kota setempat untuk meluluskan data siswa disekolah asalnya agar nantinya bis akita tambahkan untuk sekolah kita. 

AKHIR KATA

Mungkin itu saja yang dapat mimin bagikan mengenai Cara Menambahkan Siswa Baru Pada Aplikasi Dapodik Versi 2023. Yang mana untuk menambahkan data siswa baru ini bisa dilakukan secara manual langsung melalui aplikasi dapodik yang digunakan dan bisa dilakukan secara online dengan menambahkannya pada website manajemen dapodik https://sp.datadik.kemdikbud.go.id. 

Bagi anda yang ingin berbagi mengenai cara lain untuk menambah siswa baru pada aplikasi agar sekirnaya dapat menuliskannya dikolom komentar yang ada dibagian bawah artikel ini. Terakhir semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimanapun berada dan mohon maaf apabila terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami, agar sekiranya dapat memakluminya.  

Posting Komentar untuk "√ CARA MENAMBAHKAN SISWA BARU PADA APLIKASI DAPODIK VERSI 2023"