Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CARA CEK CALON PENERIMA BSU BPJS KETENAGAKERJAAN TAHUN 2022

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

CARA CEK CALON PENERIMA BSU BPJS KETENAGAKERJAAN TAHUN 2022

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga segera mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang belajar, semoga mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

WAHYUDIANSYAH.COM – Cara Cek Calon Penerima BSU BPJS Ketenagakerjaan Tahun 2022

Kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) sedikit banyaknya memiliki imbas kepada masyarakat, terlebih khusus lagi bagi masyarakat yang kehidupannya jauh dari kata cukup. Meskipun memiliki pekerjaan yang tetap tetapi tidak menjamin kebutuhan dalam keluarganya tercukupi, apalagi beberapa waktu yang lalu kabar mengenai kenaikan harga BBM sudah resmi diberlakukan.

Naiknya harga BBM tentunya dapat mengakibatkan harga-harga yang lain juga ikutan naik, misalnya saja kita melihat berita di siaran televisi harga ongkos angkotan pun ikut naik lantaran harga BBM yang sudah lebih dulu naik, belum lagi harga sembako yang sangat diperlukan oleh masyarakat tentunya lambat laun akan ikut naik juga.

Meskipun harga BBM sudah diumumkan kenaikannya, namun pemerintah tetap memberikan tanggung jawabnya dengan memberikan bantuan kepada masyarakatnya salah satunya adalah melalui badan BPJS Ketenagakerjaan yang sudah menyiapkan bantuan berupa subsidi upah (BSU) bagi orang-orang yang tercatat memilikinya.

BPJS Ketenagakerjaan ini sejatinya diterbitkan atau diberikan oleh perusahan atau instansi terhadap para karyawannya guna untuk mendapatkan perlindungan dan jaminan terhadap musibah yang dialami oleh karyawannya. Memang kita ketahui bahwa yang Namanya musibah itu tidak ada yang mengetahuinya, andaipun kita sendiri yang mengalami musibah dalam bekerja tetapi karena memiliki BPJS Ketenagakerjaan maka tentunya ada hak bantuan yang akan kita peroleh.

Bagi anda yang memiliki tanda BPJS Ketenagakerjaan dapat melakukan pengecekan apakah termasuk penerima BSU atau tidak. Namun sebelum melakukan pengecekan terhadap calon penerima BSU BPJS Ketenagakerjaan, ada baiknya anda memahami kriteria yang sudah ditentukan sesuai dengan Permenaker RI Nomor 10 Tahun 2022. Adapun kriteria untuk mendapatkan BSU BPJS Ketenagakerjaan, diantaranya: 

  1. Warga Negara Indonesia yang dibuktikan dengan Nomor Induk Kependudukan
  2. Peserta Aktif program jaminan sosial ketenagakerjaan BPJS Ketenagakerjaan sampai dengan 30 Juli 2022 kategori Pekerja Penerima Upah (PU)
  3. Menerima Gaji/Upah paling banyak sebesar Rp3.500.000,00 (tiga juta lima ratus ribu Rupiah) per bulan atau upah dibawah upah minimum. Dalam hal wilayah tidak menetapkan upah minimum kabupaten/kota maka persyaratan Gaji/Upah sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3 ayat (2) huruf c menjadi paling banyak sebesar upah minimum provinsi dibulatkan ke atas hingga ratus ribuan penuh
  4. Pekerja bukan penerima program kartu prakerja, keluarga harapan, bantuan produktif usaha mikro
  5. Bukan merupakan pegawai negeri sipil atau TNI/Polri.

Berikut cara cek calon penerima BSU BPJS Ketenagakerjaan tahun 2022, yaitu:

Pertama, silahkan login pada laman https://bpjsketenagakerjaan.go.id

Kedua, silahkan scroll kebagian bawah aka nada terlihat beberapa kolom isian, seperti:

• NIK

• Nama lengkap sesuai KTP

• Tanggal lahir

• Nama ibu kandung

• Nomor handphone terkini

• Email terkini

Ketiga, apabila kolom isian tersebut sudah terisikan dengan benar silahkan anda pilih menu LANJUTKAN pada bagian bawah, maka akan Kembali muncul beberapa kolom isian seperti:

  • Nomor anggota BPJS Ketenagakerjaan (terdapat pada kartu BPJS Ketenagakerjaannya)
  • Nama sesuai buku tabungan
  • Nomor rekening
  • Nama Bank

Keempat, pilih dan klik KIRIM dan tunggu informasi selanjutnya apakah nantinya anda termasuk orang yang berhak menerima BSU atau tidak.

AKHIR KATA

Mungkin itu saja yang dapat mimin bagikan mengenai Cara Cek Calon Penerima BSU BPJS Ketenagakerjaan Tahun 2022. Adapun tujuan BSU ketenagakerjaan ini diberikan kepada para karyawan yang ada diberbagai instansi atau perusahan yang sudah terdaftar sebagai anggota penerima BPJS Ketenagakerjaan. BSU Ketenagakerjaan yang diberikan berupa uang sebesar Rp.600.000,00 kepada yang berhak menerimanya asalkan sudah melakukan pendaftaran dan memenuhi syarat yang sudah ditentukan.

Bagi anda yang ingin berbagi mengenai Cara Cek Calon Penerima BSU BPJS Ketenagakerjaan Tahun 2022 yang lainnya agar sekiranya  dapat menuliskannya pada kolom komentar yang ada dibagian bawah artikel ini. Terakhir semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimanapun berada dan mohon maaf apabila terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami, agar sekiranya dapat memakluminya.  

Post a Comment for "CARA CEK CALON PENERIMA BSU BPJS KETENAGAKERJAAN TAHUN 2022"