Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

[BARU] CARA GANTI EMAIL LAMA DENGAN YANG BARU PADA LAMAN SDM DATA

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

[BARU] CARA GANTI EMAIL BARU PADA LAMAN SDM DATA

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga segera mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang belajar, semoga mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

WAHYUDIANSYAH.COM – Cara Ganti Email Baru Pada Laman SDM Data

Salah satu fungsi dari laman SDM Data adalah untuk mengakses berbagai macam alamat verval yang berhubungan dengan data sekolah, seperti halnya laman Verval PD, Verval PTK, Verval SP, bahkan untuk mengakses laman manajemen dapodik pun bisa digunakan dengan akun yang didaftarkan pada laman https://sdm.data.kemdikbud.go.id

Untuk dapat mengakses berbagai laman verval tersebut maka sejatinya seorang operator sekolah harus melakukan Registrasi sebagai salah satu anggota pada laman SDM Data dengan melampirkan SK terbaru dari Kepala Sekolah. Untuk registrasi terbaru pada laman SDM Data ini diharuskan untuk mengisi Nomor Induk Kependudukan (NIK) bagi calon anggotanya sehingga ketika ada keinginan untuk mengganti alamat email atau password terbaru tidak harus melakukan registrasi dari awal. Dan ketika anda ingin melakukan percobaan melakukan registrasi maka keterangan yang disampaikan adalah NIK yang diinputkan telah terdaftar sebagai anggota dan apabila ingin registrasi ulang maka tentunya harus menggunakan NIK yang baru.

[BARU] CARA GANTI EMAIL BARU PADA LAMAN SDM DATA

Bagi anda yang ingin mengganti email lama dengan email baru pada laman SDM Data, berikut mimin bagikan cara atau langkahnya:

  1. Login pada laman https://sdm.data.kemdikbud.go.id
  2. Silahkan pilih menu LOGIN
  3. Masukkan username dan password yang digunakan untuk mendaftar sebagai anggota untuk pertama kalinya
  4. Pada menu nama pengguna, silahkan pilih dan klik Pembaruan Email
  5. Maka akan muncul kolom isian, silahkan anda isi dengan alamat email baru yang akan digunakan untuk mengakses berbagai macam lamn Verval dan apabila sudah dilakukan klik SIMPAN
  6. Silahkan anda buka atau login pada laman GMAIL dengan menggunakan email yang sudah diganti pada laman SDM DATA tadi untuk verifikasi alamat email yang baru, cek di kotak masuk GMAIL
  7. Setelah email diverifikasi, maka pada tamplian menu PROFIL tadi akan memperlihatkan alamat email baru yang sudah didaftarkan dengan tanda centang hijau yang memiliki arti bahwa alamat email sudah terverifikasi dan dapat dipergunakan untuk mengakses berbagai laman verval nantinya.
  8. Begitu juga jika ingin mengganti password baru, maka anda pilih dan klik menu Pembaruan Password dan silahkan isikan passwordnya yang diingat.

Catatan: Sebelum mengganti alamat email yang baru, terlebih dahulu anda pastikan bahwa alamat email yang didaftarkan tadi aktif dan dapat dipergunakan untuk melihat notifikasi yang muncul dari pesan Kemendikbud Ristek.   

AKHIR KATA

Mungkin itu saja yang dapat mimin bagikan mengenai Cara Ganti Email Baru Pada Laman SDM Data. Yang mana tujuannya adalah untuk mengatasi bagi operator sekolah yang lupa password atau akun yang ada pada laman verval sudah tidak bisa digunakan lagi sehingga harus mengganti dengan yang baru. 

Bagi anda yang ingin berbagi mengenai Cara Ganti Email Baru Pada Laman SDM Data ini agar sekiranya  dapat menuliskannya pada kolom komentar yang ada dibagian bawah artikel ini. Terakhir semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimanapun berada dan mohon maaf apabila terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami, agar sekiranya dapat memakluminya. 

Posting Komentar untuk "[BARU] CARA GANTI EMAIL LAMA DENGAN YANG BARU PADA LAMAN SDM DATA"