Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SURAT EDARAN TENTANG UPDATE DAN SINKRONISASI DAPODIK TAHUN 2023

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

SURAT EDARAN TENTANG UPDATE DAN SINKRONISASI DAPODIK TAHUN 2023

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga segera mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang belajar, semoga mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

WAHYUDIANSYAH.COM – Surat Edaran Tentang Update dan Sinkronisasi Dapodik Tahun 2023

Tahun pelajaran 2022/2023 sudah hampir berakhir, dibeberapa satuan pendidikan telah melakukan kegiatan kenaikan kelas dan juga pengukuhan untuk siswa ditingkat akhir. Dan hal terakhir yang dilakukan oleh satuan pendidikan adalah pembagian Raport Hasil Belajar siswa di semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Setelah Raport dibagikan maka secara tidak langsung sebagai pertanda berkahirnya tahun pelajaran 2022/2023 dan akan memasuki tahun ajaran baru 2023/2024 dengan siswa baru disetiap tingkat awal.

Ada beberapa pekerjaan yang harus diselesaikan oleh operator sekolah diakhir tahun pelajaran 2022/2023 sesuai dengan Surat Edaran Kemendikbud Ristek dengan nomor surat 5334/C/KS.01.00/2023 yaitu tentang Update dan Sinkronisasi Dapodik. Berikut isi Surat Edaran tersebut secara lengkap:

Dalam rangka peningkatan akurasi dan keterpaduan data untuk persiapan, pelaksaaan dan evaluasi Asesmen Nasional Tahun 2023 secara terpadu di seluruh Satuan Pendidikan, dengan hormat kami mohon bantuan Saudara terkait hal-hal sebagai berikut:

  1. Memastikan semua satuan pendidikan di wilayah kewenangan masing-masing agar melakukan update dan sinkronisasi Dapodik serta verifikasi status satuan pendidikan. Apabila ditemukan terdapat satuan pendidikan yang selama 2 semester atau lebih tidak melakukan update dan sinkronisasi Dapodik serta sudah tidak terdapat kegiatan belajar-mengajar agar dilakukan penutupan;
  2. Daftar satuan pendidikan yang berpotensi untuk dilakukan penutupan terdapat pada tautan https://referensi.data.kemdikbud.go.id/pendidikan/tidakupdate;
  3. Membuat surat keputusan penutupan untuk sekolah yang ditutup dan mengunggah surat keputusan tersebut melalui laman https://vervalsp.data.kemdikbud.go.id;
  4. Memastikan agar semua Guru dan Kepala Sekolah untuk mengisi atau melakukan update NIK dalam Dapodik melalui laman https://vervalptk.data.kemdikbud.go.id/;
  5. Memastikan seluruh proses verifikasi dan update data diselesaikan sebelum tanggal 25 Juni 2023.

Download Surat Edaran Update dan Sinkronisasi Dapodik Tahun 2023 disni

Dengan demikian setiap operator sekolah dapat memperhatikan Surat Edaran tersbut agar bisa mengupdate data yang ada di satuan pendidikannya. Update data dapat dilakukan dengan melakukan sinkronisasi secara berkala apabila ada terdapat perubahan data dan sebagainya dan jangan sampai seorang operator sekolah tidak pernah sama sekali melakukan sinkronisasi, sebab apabila hal yang demikian dilakukan maka bisa saja berakibat fatal untuk seluruh elemen yang ada pada satuan pendidikan tersebut.

Dan pada poin nomor 4 setiap operator sekolah dapat memastikan bahwa NIK milik pendidik, tenaga kependidikan dan kepala sekolah telah terinput dengan benar. Andaipun terjadi kesalahan, maka dapat dilakukan perbaikan melalui alamat website tersebut dan/atau bisa menghubungi Dukcapil setempat.

AKHIR KATA

Mungkin itu saja yang dapat mimin bagikan mengenai Surat Edaran Tentang Update dan Sinkronisasi Dapodik Tahun 2023. Yang mana dalam surat edaran ini memberikan penjelasan kepada setiap satuan pendidikan agar isa melakukan update data dan sinkronisasi pada link-link yang tersedia. Selain itu, setiap satuan pendidikan diharapkan agar bisa melakukan sinkronisasi dapodik secara berkala sesuai perubahan data yang dialaminya. 

Bagi anda yang ingin berbagi mengenai update dan sinkronisasi dapodik tahun 2023, agar sekiranya dapat menuliskannya pada kolom komentar yang ada dibagian bawah artikel ini. Terakhir semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimanapun berada dan mohon maaf apabila terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami, agar sekiranya dapat memakluminya.   

Posting Komentar untuk "SURAT EDARAN TENTANG UPDATE DAN SINKRONISASI DAPODIK TAHUN 2023"