Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SOLUSI DAPODIK 2024 TIDAK TERHUBUNG SAAT MELAKUKAN TARIK DATA DAN SINKRONISASI

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

SOLUSI DAPODIK 2024 TIDAK TERHUBUNG SAAT MELAKUKAN TARIK DATA DAN SINKRONISASI

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga segera mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang belajar, semoga mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

WAHYUDIANSYAH.COM – Solusi Dapodik 2024 Tidak Terhubung Saat Melakukan Tarik Data Dan Sinkronisasi

Tahun Ajaran baru 2023/2024 semester ganjil sudah berjalan sekitar satu bulan lamanya dan juga untuk aplikasi dapodik semester ganjil sudah dirilis beberapa waktu yang lalu. Dapodik yang digunakan untuk semester ganjil adalah dapodik versi 2024, meskipun sudah dirilis tetapi masih saja terdapat permasalahan yang sering dihadapi oleh operator sekolah, salah satunya adalah TIDAK TERHUBUNG saat ingin melakukan tarik data dan juga sinkronisasi.

Untuk dapodik 2024 ini dapat diinstal dengan menggunakan patch (updater) dan juga installernya. Ada sedikit perbedaan dapodik yang di update dengan patch dan juga installernya, perbedaan tersebut dapat dilihat pada laman utama aplikasi dapodik anda. Untuk dapodik yang di update menggunakan patch maka pada laman utamanya tertulis DAPODIK VERSI 2024, sedangkan bagi anda yang update dengan menggunakan installernya maka pada laman utamanya tertulis DAPODIK VERSI 2024. (tanda titik).

Untuk dapodik yang menggunakan patch tidak ada tanda titiknya, sedangkan untuk dapodik yang menggunakan installernya terdapat tanda titiknya. Inilah yang menyebabkan ketika ingin melakukan TARIK DATA dan SINKRONISASI selalu tidak terhubung dengan internet, padahal akses internet yang dimiliki sangat lancar.

Adapun solusi untuk mengatasi Tidak Terhubung saat ingin melakukan tarik data dan juga sinkronisasi, berikut cara atau langkahnya:

  1. Pastikan aplikasi dapodik yang digunakan adalah Dapodik versi 2024. (ada tanda titiknya)
  2. Jika dapodik yang digunakan Dapodik 2024 (tanpa tanda titik), silahkan unstall terlebih dahulu dapodiknya
  3. Selanjutnya download aplikasi dapodik 2024 berupa installernya pada laman https://dapo.kemdikbud.go.id
  4. Lakukan penginstalan hingga selesai dan registrasi secara ONLINE
  5. Silahkan login pada aplikasi dapodik, pastikan pada dashobard tertulis Dapodik versi 2024. (ada tanda titiknya)
  6. Silahkan coba melakukan tarik data dan sinkronisasi, semoga keteranganya sudah TERHUBUNG dengan jaringan internet anda

AKHIR KATA

Mungkin itu saja yang dapat mimin bagikan Solusi Dapodik 2024 Tidak Terhubung Saat Melakukan Tarik Data Dan Sinkronisasi. Yang mana masalah Tidak Terhubung ini karena adanya perbedaan update pada aplikasi dapodik dengan menggunakan patch dan juga installer. Dapodik yang diupdate menggunakan Patch maka pada dashobard dapodik tertulis Dapodik Versi 2024, sedangkan yang menggunakan Installer maka pada dashobard dapodik tertulis Dapodik versi 2024. (ada tanda titiknya). Dan inilah sedikit perbedaan aplikasi dapodik yang di update menggunakan Patch dan juga Installer.

Bagi anda yang ingin berbagi mengenai dapodik versi 2024 ini agar sekiranya dapat menuliskannya pada kolom komentar yang ada dibagian bawah artikel ini. Terakhir semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimanapun berada dan mohon maaf apabila terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami, agar sekiranya dapat memakluminya.  

Posting Komentar untuk "SOLUSI DAPODIK 2024 TIDAK TERHUBUNG SAAT MELAKUKAN TARIK DATA DAN SINKRONISASI"