Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CARA UPDATE APLIKASI DAPODIK UNTUK SEMESTER GENAP TAHUN 2024

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

CARA UPDATE APLIKASI DAPODIK UNTUK SEMESTER GENAP TAHUN 2024

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga segera mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang belajar, semoga mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

WAHYUDIANSYAH.COM – Cara Update Apliaksi Dapodik Untuk Semester Genap Tahun 2024

Dilansir dari situs https://dapo.kemdikbud.go.id/berita/rilis-aplikasi-dapodik-versi-2024-c dapat dikethaui bahwa aplikasi dapodik untuk semester genap tahun pelajaran 2023/2024 telah dirilis dalam bentuk patch (updater) sehingga setiap satuan pendidikan hanya perlu mendownload patch aplikasi dapodik versi 2024.c lalu kemudian menginstalnya secara langsung. pembaruan Aplikasi Dapodik versi 2024.c menggunakan patch dengan syarat pada perangkat sudah terpasang Aplikasi Dapodik versi 2024.b, berikut langkah-langkah pembaruan menggunakan patch:

1. Unduh file patch Aplikasi Dapodik 2024.c pada laman https://dapo.kemdikbud.go.id/unduhan

2. Instal patch dapodik 2024.c

3. Refresh peramban web (ctrl+F5)

4. Tutup dan buka Aplikasi Dapodik

5. Isi username dan password

6. Pilih semester 2023/2024 Genap

7. Klik tombol Masuk

8. Pastikan tampilan Aplikasi Dapodik sudah versi 2024.c

9. klik tombol tarik data

10. pastikan proses tarik data berhasil

11. lakukan input data sesuai kondisi riil

12. login akun Kepala Sekolah

13. klik tombol sinkronisasi.

Berikut adalah daftar perubahan pada Aplikasi Dapodik versi 2024.c:

1. [Pembaruan] Penambahan validasi jika satuan pendidikan mengubah jenis kepanitiaan lama ke jenis kepanitiaan TPPK (wajib membuat kepanitiaan baru).

2. [Pembaruan] Penambahan pop-up saat satuan pendidikan mendapatkan pesan baru dari pusat.

3. [Perbaikan] Perbaikan urutan kolom isian NPWP dan nama wajib pajak pada formulir GTK.

4. [Perbaikan] Perbaikan bugs validasi pengecekan unsur GTK pada keanggotaan TPPK.

5. [Perbaikan] Perbaikan bugs pada saat import nilai dari file Excel.

Setidaknya disini ada 2 cara untuk menginstal aplikasi dapodik versi 2024.c apabila belum menginstal ulang atau sudah melakukan instal ulang aplikasi dapodik terdahulu, yaitu:

1. Langkah pertama bagi anda yang belum menginstal ulang aplikasi terdahulu versi 2024.b maka bisa langsung mendownload patch aplikasi dapodik 2024.c pada laman https://dapo.kemdikbud.go.id/unduhan, lakukan penginstalan seperti biasanya dan setelah berhasil silahkan login pada aplikasi dapodik yang ada lalu pastikan versi yang tertera pada beranda adalah versi 2024.c Semester Genap Tahun Pelajaran 2023/2024, langkah selanjutnya silahkan lakukan TARIK DATA, perbaiki data yang Invalid dan lakukan sinkronisasi seperti biaasanya.

2. Sedangkan untuk langkah kedua ini adalah bagi anda yang telah melakukan unstal pada aplikasi dapodik versi 2024.b ataupun terjadinya error pada aplikasi dapodik yang ada maka silahkan langsung unstal aplikasi dapodik hingga selesai. Selanjutnya download installer aplikasi dapodik versi 2024.a, lakukan penginstalan seperti biasa hingga selesai lalu kemudian download dan instal patch aplikasi dapodik versi 2024.c. Selanjutnya silahkan lakukan registrasi baik itu secara offline maupun online seperti biasanya dan jika berhasil silahkan login pada aplikasi dapodik tersebut.

AKHIR KATA

Mungkin itu saja yang dapat mimin bagikan mengenai Cara Update Apliaksi Dapodik Untuk Semester Genap Tahun 2024. Yang mana dapat dikethaui bahwa aplikasi dapodik untuk semester genap tahun pelajaran 2023/2024 telah dirilis dalam bentuk patch (updater) sehingga setiap satuan pendidikan hanya perlu mendownload patch aplikasi dapodik versi 2024.c lalu kemudian menginstalnya secara langsung.

Bagi anda yang ingin berbagi mengenai Cara Update Apliaksi Dapodik Untuk Semester Genap Tahun 2024 ini agar sekiranya dapat menuliskannya pada kolom komentar yang ada dibagian bawah artikel ini. Terakhir semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimanapun berada dan mohon maaf apabila terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami, agar sekiranya dapat memakluminya.

Posting Komentar untuk "CARA UPDATE APLIKASI DAPODIK UNTUK SEMESTER GENAP TAHUN 2024"