Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bangga Menjadi Seorang Operator Sekolah!

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

Mengenal yang namanya Operator Sekolah

Siapa itu Operator Sekolah?

Operator Sekolah sebutan bagi petugas pendataan yang ada disetiap satuan pendidikan mulai dari tingkat dasar hingga tingkat menengah atas. Operator sekolah memilikiperan sangat penting di dalam dunia pendidikan sehingga sudah sewajarnya dikatakan sebagai ujung tombak di setiap satuan pendidikan.

Pekerjaannya pun melebehi ekspetasi yang dibayangkan, tidak jarang operator sekolah harus lembur hingga larut malam hanya demi untuk mengirim data dengan cara sinkronisasi aplikasi dapodik ke server pusat. Biaya yang digunakan pun menggunakan isi kantong sendiri, tidak ada biaya yang diberikan oleh satuan pendidikan untuk membeli paket internet. Andai pun ada satuan pendidikan yang memberikan biaya internet, maka bersyukurlah operator sekolah yang ada pada satuan pendidikan tersebut nasibnya tidak seperti operator yang lainnya.

Banyak tugas yang harus diselesaikan oleh seorang operator sekolah, seperti:

1. Menyelesaikan data peserta didik

2. Mengurus masalah Tunjangan Profesi Guru (TPG)

3. Melakukan pelaporan Dana BOS Reguler

4. Memperbaiki data yang keliru

5. Mengurus penyaluran PIP bagi siswa

6. Dan pekerjaan-pekerjaan yang berhubungan dengan internet

Aplikasi yang digunakan oleh operator sekolah adalah aplikasi dapodik yang selalu rilis versi terbarunya disetiap semester. Dan di dalam aplikasi dapodik itulah mencangkup seluruh unsur, mulai dari data siswa, data sekolah, hingga data PTK yang bersangkutan.

Meskipun pekerjaannya banyak dan sulit namun operator sekolah tetap melaksanakan tanggung jawabnya sebagai petugas pendataan pada setiap satuan pendidikan. Mungkin sebagian orang menganggap rendah operator sekolah, padahal mereka tidak tahu betapa berat perjuangan yang dilakukan dan diberikan untuk sekolah melalui tangan seorang operator sekolah.

Sekolah dapat menerima Dana BOS Reguler setiap semesternya berkat pekerjaan operator sekolah, seorang guru sertifikasi dapat menerima Tunjangan Profesi Guru (TPG) berkat pekerjaan operator sekolah, siswa mendapatkan bantuan PIP berkat kerja seorang operator sekolah dan sekolah mendapatkan bantuan rehab atau segala macamnya berkat kerja keras operator sekolah.

Terlebih lagi jika ada data guru penerima TPG yang INVALID, membuat operator sekolah menjadi tidak karuan memikirkannya. Takut ada kesalahan yang diinputkan pada aplikasi dapodik kemudian kesana-kemari bertanya hanya untuk mencari solusi atas INVALID nya data guru penerima TPG.

Untuk itulah harapan terbesar bagi seorang operator sekolah adalah mendapatkan kesejahteraan baik itu dari pemerintah daerah maupun pemerintah pusat. Meskipun operator sekolah tidak memberikan pembelajaran dikelas layaknya seorang guru, tapi beban pekerjaannya justru melebihi seorang guru. Meskipun gajih yang diperolehnya tidak sesuai dengan yang dikerjakan, tanggung jawabnya harus tetap diselesaikannya.

Semoga keberadaan operator sekolah tidak hanya sebatas diperlukan saat penting saja, kemudian di acuh kan ketika tidak diperlukan lagi. Semoga setiap satuan pendidikan memahami tugas seorang operator sekolah dan memberikan dukungan untuknya dalam menyelesaikan tanggung jawab sebagai operator sekolah.

Bangga sebagai operator sekolah!

Bangga sebagai petugas pendataan pada satuan pendidikan!

Operator sekolah ujung tombak dalam dunia pendidikan!

Posting Komentar untuk "Bangga Menjadi Seorang Operator Sekolah!"