Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pembaruan, Perbaikan Dan Cara Update Aplikasi Dapodik Versi 2022.a

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

Berdasarkan info berita pada laman resmi dapodikdasmen tentang rilisnya patch atau updater aplikasi dapodik versi 2022.a adalah untuk mengatasi terkait adanya bugs dan penambahan kurikulum pada Aplikasi Dapodik versi 2022 yang dapat mengganggu kelancaran sekolah dalam melakukan pemutakhiran data semester ganjil Tahun Ajaran 2021/2022.

A. Pembaruan dan Perbaikan Pada Aplikasi Dapodik Versi 2022.a 

Adapun pembaruan dan perbaikan yang ada pada Aplikasi Dapodik versi 2022.a, diantaranya: 

  1. [Pembaruan] Terakomodirnya pembelajaran untuk sekolah penggerak untuk jenjang SD, SMP, dan SMA
  2. [Perbaikan] Dibukanya inputan untuk nilai UPK bagi jenjang PKBM/SKB (Diperuntukan bagi satuan pendidikan yang belum mengisi nilai UPK peserta didik.
  3. [Perbaikan] Perbaikan bugs pada saat meluluskan bagi jenjang KB, TPA, dan SPS.
  4. [Perbaikan] Perbaikan validasi untuk pengecekan nama peserta didik dan nama ibu kandung yang mengandung char “tab dan enter” (dibuka hanya semester ganjil TA 2021/2022)
  5. [Perbaikan] Penyesuaian validasi pembelajaran paradigma baru

Nah, dan pembaruan dan perbaikan yang ada pada aplikasi dapodik versi 2022.a ini seperti halnya yang tertulis pada poin nomor 4 diatas yaitu tentang adanya validasi untuk nama peserta didik dan nama ibu kandung, itu berarti untuk kolom isian tentang nama peserta didik dan ibu kandung yang biasanya terkunci kini telah dibuka kembali sehingga kita dapat melakukan perbaikan langsung melalui aplikasi dapodik tanpa harus melalui laman verval seperti halnya yang biasa kita lakukan. Dan yang perlu diingat menu peserta didik dan ibu kandung ini dibuka hanya untuk semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022 saja, jadi mari gunakan kesempatan yang baik ini untuk memperbaiki data sekolah kita agar lebih sahih lagi kebenarannya.

Untuk perbaikan data nama siswa dan ibu kandung ini yang menjadi pedoman kita adalah AKTA KELAHIRAN, hal ini dikarenakan penulisan Ijazah pun berdasarkan pada Akta Kelahiran anak. Lalu mengapa tidak berpedoman pada Kartu Keluarga (KK) saja? Menurut mimin alasannya karena Kartu Keluarga (KK) itu ketika terdapat kesalahan akan lebih mudah untuk diperbaiki dengan mendatangi Dinas Pencatatan Sipil setempat, dan berbeda halnya jika Akta Kelahira yang mengalami kesalahan akan terasa sulit untuk langkah perbaikannya. Oleh sebab itu data yang ada pada Akta Kelahiran itu sudah mutlak kebenarannya dan bisadijadikan sebagian pedoman untuk pengisian biodata siswa pada aplikasi dapodik.

B. Cara Update Aplikasi Dapodik Versi 2022.a   

Bagi Satuan pendidikan yang sudah melakukan instalasi dan registrasi Aplikasi Dapodik versi 2022, maka sekolah tersebut tidak perlu melakukan uninstall pada aplikasi dapodik yang ada. Agar dapat melakukan update pada aplikasi dapodik versi 2022.a, maka satuan pendidikan dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Unduh file patch dapodik 2022.a pada laman https://dapo.kemdikbud.go.id/ atau anda dapat mendownload langsung patch dapodik 2022.a dibagian bawah artikel ini
  2. Setelah berhasil download patch dapodik 2022.a, silahkan pindahkan filenya ke Local Disk (C:), lalu klik kanan dan pilih Run as Administrator. Lakukan penginstalan hingga selesai.
  3. Jika telah selesai melakukan penginstalan hingga finish, selanjutnya buka dan login pada aplikasi dapodik anda. Kemudian pada tampilan beranda aplikasi dapodik pastikan versinya sudah menjadi 2022.a
  4. Jika tampilan awal atau berandanya belum versi 2022.a, lakukan refrest (F5) terlebih dahulu atau bisa juga dengan melakukan Clear History terlebih dahulu, setelah itu lakukan login ulang pada aplikasi dapodik anda
  5. Anda dapat menggunakan fitur tarik data untuk pembaruan referensi aplikasi.

Mungkin itu saja apa yang dapat mimin tuliskan yaitu tentang Pembaruan, Perbaikan Dan Cara Update Aplikasi Dapodik Versi 2022 a. Semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimanapun berada dan mohon maaf jika terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami.

Jika ada tata cara atau langkah lain dalam melakukan update dapodik versi 2022a yang anda ketahui, agar sekiranya berkenan untuk menuliskannya juga dikolom komentar yang ada pada bagian bawah artikel ini.     

Download Patch atau updater Aplikasi Dapodik versi 2022.a disini

Posting Komentar untuk "Pembaruan, Perbaikan Dan Cara Update Aplikasi Dapodik Versi 2022.a"