Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mencetak Akun Survei Lingkungan Belajar Tahun 2021

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

Survey Lingkungan Belajar merupakan suatu program yang telah dirilis oleh Kemendikbudristek di tahun 2021 ini dengan tujuan adalah untuk melakukan Asesmen Nasional (AN) dengan berbasiskan data untuk mendorong terciptanya lingkungan belajar dengan iklim keamanan dan kebinekaan yangbaik sebagai prasyarat pendukung pembelajaran yang berkualitas.

Dilansir dari laman https://kemdikbud.go.id Survei Lingkungan Belajar telah diluncurkan pada tahun 2019 sebagai Merdeka Belajar bagian pertama, yang mana AN mencangkup 3 komponen besar, diantaranya Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Literasi dan Numerasi, Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar. Yang mana hasil akhir dari Asesmen Nasional (AN) ini murni bertujuan untuk perbaikan mutu pembelajaran dan tidak akan memberikan konsekuensi terhadap individu pesertanya.

Lantas siapa yang harus mengisikan Survei Lingkungan Belajar yang ada pada setiap satuan pendidikan? 

Yang harus mengisikan atau yang menjadi responden untuk mengisikan Survei Lingkungan Belajar ini adalah Kepala Sekolah dan juga seluruh dewan guru sesuai dengan yang terdaftar pada aplikasi dapodik.

Kemudian apa yang harus Kepala Sekolah dan Guru persiapkan untuk dapat mengisikan Survei Lingkunagn Belajar ini?

Dan tentunya yang harus dipersiapkan oleh kepala sekolah dan guru sebelum mengisikan Survei Lingkungan Belajar ini adalah adanya akun peserta sebagai responden yang nantinya digunakan untuk bisa login.

Disini mimin akan menuliskan cara atau langkah mudah mencetak akun untuk mengisikan Survei Lingkungan Belajar tahun 2021, semoga bermanfaat dan dapat membantu para operator sekolah dalam melakukan percetakan akun login.

Cara Mencetak Akun Survei Lingkungan Belajar Tahun 2021 

Berikut cara atau langkah yang bisa anda lakukan untuk mencetak akun sebagai syarat utama agar bisa melakukan pengisian pada Survei Lingkungan Belajar, yaitu:

Pertama, silahkan klik laman https://dashboardslb.kemdikbud.go.id/#/login dan setelah laman terbuka silahkan klik Login SSO, maka akan muncul kolom isian Username dan Password. Pada kolom isian Username dan Password silahkan isikan sesuai dengan akun verval atau akun yang telah didaftarkan pada https://sdm.data.kemdikbud.go.id

Kedua, setelah berhasil login maka akan muncul kolom isian NPSN, silahkan tuliskan NPSN sekolah anda lalu kemudian enter, maka akan muncul biodata Nama Sekolah, NPSN dan juga nomer Token

Ketiga, silahkan dilihat nama PTK/Guru yang muncul, apabila ada yang tidak muncul nama PTK/Gurunya itu mungkin saja dikarenakan tidak terdaftar pada aplikasi dapodik. Dan disini ada 2 cara untuk mencetak akun login Survei Lingkungan Belajar, yaitu:

  • Cetak Kartu SLB, apabila anda memilih dan mengklik Cetak Kartu SLB maka otomatis seluruh data untuk kepala sekolah dan juga selurh guru ikut terdownload dalam bentuk PDF
  • Cetak Individu, apabila anda ingin mencetak milik sendiri saja maka dapat memilih menu Cetak Individu yang ada dibagian sebelah kanan. Menu ini hanya untuk mencetak akun untuk diri sendiri atau pribadi saja, dan akan terdownload dalam bentuk PDF juga.

Adapun isian yang ditampilkan dari hasil download akun untuk mengisikan Survei Lingkungan Belajar, diantaranya:

  1. Nama sekolah
  2. NPSN
  3. Token (tanpa huruf O)
  4. Nama Responden
  5. NIK, untuk NIK ini anda dapat menuliskannya secara manual setelah kartu akun di print atau dicetak dikertas HVS
  6. Dan tanggal lahir responden

Mungkin itu saja yang dapat mimin tuliskan yaitu tentang cara mencetak akun Survei Lingkungan Belajar tahun 2021, semoga bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimana pun berada dan mohon maaf jika terdapat kesalahan didalam penulisan.

Bagi anda yang mengetahui cara lain untuk cetak akun untuk mengisikan Survei Lingkungan Belajar agar sekiranya dapat menuliskannya pada kolom komentar yang ada dibagian bawah artikel ini. 

Posting Komentar untuk "Cara Mencetak Akun Survei Lingkungan Belajar Tahun 2021"