Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengetahui Hasil Pengisian Survei Lingkungan Belajar, Apakah Sudah 100%?

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

Cara Mengetahui Hasil Pengisian Survei Lingkungan Belajar, Apakah Sudah 100%?

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

Survei Lingkungan Belajar sejatinya telah diisikan beberapa waktu yang lalu bertepatan dengan terlaksananya ANBK di tahun 2021 untuk siswa kelas 5 Dasar bagi tingkat SD. Proses pelaksanaan ANBK itu sendiri dapat dilakukan secara mandiri dan juga bisa menumpang dengan sekolah lain.

Bagi sekolah yang melaksanakan secara mandiri tentunya sudah mempersiapkan segala aspek yang diperlukan, seperti computer client, computer untuk proktor dan juga jaringan internet yang memadai. Dan diwaktu yang bersamaan kegiatan ANBK, Kepala Sekolah dan Pendidik (guru) juga melakukan pengisian terhadap Survei Lingkungan Belajar dengan menjawab butiran kuesioner yang telah disediakan secara online.

Kepala Sekolah dan Pendidik (guru) login pada https://surveilingkunganbelajar.kemdikbud.go.id dengan menggunakan NIK, NPSN Sekolah dan juga nomer token yang sebelumnya telah didwonload pada laman https://dashboardslb.kemdikbud.go.id

Dan berikut prosedur dalam melakukan pengisian Survey Lingkungan Belajar, yaitu:

  • Survei Lingkungan Belajar wajib diisi oleh seluruh Kepala Satuan Pendidikan dan Guru yang terdaftar pada sistem pendataan Dapodik dan Emis
  • Kepala Satuan Pendidikan dan Guru dapat login menggunakan data yang tercetak pada kartu Login SLB
  • Kartu login didapatkan dari proktor/operator pada satuan pendidikan masing-masing yang ditunjuk untuk mengakses dan mencetak kartu login pada halaman dashboard SLB.
  • Halaman dashboard SLB dapat diakses proktor/operator satuan pendidikan di https://dashboardslb.kemdikbud.go.id
  • Waktu pengisian akan aktif sesuai jadwal pelaksanaan Asesmen Nasional di setiap jenjang pendidikan.
  • Jika Anda bertugas di lebih dari satu satuan pendidikan, pastikan Anda mengisi survei lingkungan belajar untuk setiap tempat penugasan
  • Kendala selama proses pengisian dapat disampaikan ke tim helpdesk Asesmen Nasional melalui proktor/operator satuan pendidikan

Berdasarkan informasi terbaru mengenai hasil dari pengisian Survei Lingkungan Belajar yang kemarin telah diisikan dapat diketahui hasilnya dari tanggal 07-18 Februari 2022 dan bagi sekolah yang persentasi pengisiannya dibawah 80% maka akan kembali mengisikan Survei Lingkungan Belajar susulan.

Lantas bagaimana cara mengetahui hasil dari pengisian Survei Lingkungan Belajar? Apakah sudah mencapai 100% pengisian atau sebaliknya kurang dari 80%?

Berikut akan mimin tuliskan cara atau langkah bagi yang ingin melakukan pengecekan atau melihat hasil pengisian Survei Lingkungan Belajar yang kemarin telah dilaksanakan.

Cara Mengetahui Hasil Pengisian Survei Lingkungan Belajar

Cara Mengetahui Hasil Pengisian Survei Lingkungan Belajar, Apakah Sudah 100%?

Disini ada 2 cara untuk melihat atau mengetahui dari hasil dari Pengisian Survei Lingkungan Belajar yang bisa mimin tuliskan, yaitu:

A. Cara Pertama

  1. Silahkan kunjungi laman https://anbk.kemdikbud.go.id
  2. Login dengan menggunakan akun lembaga atau sekolah
  3. Setelah berhasil login, silahkan pilih menu KONFIRMASI KEPSEK & PENDIDIK yang ada disebalah kiri
  4. Silahkan klik gambar segitiga terbalik pada menu tersebut dan pilih REKAP KEPSEK & PENDIDIK, maka akan terlihat hasil dari pengisian Survei Lingkungan Belajar

B. Cara Kedua

  1. Silahkan kunjungi laman https://dashboardslb.kemdikbud.go.id
  2. Login dengan menggunakan SSO Dapodik
  3. Setelah berhasil login, pada tampilan dashboard akan terlihat hasil dari pengisian Survei Lingkungan Belajar dari Kepala Sekolah hingga pendidik (guru) yang menjadi responden kemarin  

Catatan: Apabila hasil yang ditampilkan 100% completed dan terdapat keterangan Tidak Perlu Mengisi Survei Lingkungan Belajar kembali, itu berarti anda tidak perlu lagi mengisikan Survei Lingkungan Belajar diwaktu yang akan datang. Namun sebaliknya apabila hasilnya kurang dari 80% itu berarti anda nantinya akan kembali menjadi responden untuk mengisikan Survei Lingkungan Belajar dikegiatan berikutnya.

Lantas apabila hasil dari Survei Lingkungan Belajar 0% apa yang menyebabkannya? Padahal sudah melakukan pengisian pada waktu lalu.

Apabila sekolah anda mendapatkan hasil seperti itu yaitu 0% dalam pengisian padahal sebenarnya telah melakukan pengisian Survei Lingkungan Belajar, kemungkinan penyebabnya adalah tidak melakukan konfirmasi selesai saat setelah berhasil mengisikan Survei Lingkungan Belajar. Bisa juga disebabkan jawaban tidak tersimpan secara benar saat melakukan pengisian, sehingga hasilnya tidak ada atau untuk lebih jelasnya anda bisa saja berkoordinasi dengan dinas pendidikan kabupaten/kota setempat yang menangani masalah ANBK untuk menanyakan perihal tersebut.  

Akhir Kata

Mungkin itu saja yang dapat mimin bagikan tentang Cara Mengetahui Hasil Pengisian Survei Lingkungan Belajar, semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimana pun berada dan mohon maaf jika terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami.

Posting Komentar untuk "Cara Mengetahui Hasil Pengisian Survei Lingkungan Belajar, Apakah Sudah 100%?"