Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PENGERTIAN DAN RUANG LINGKUP ILMU PENDIDIKAN ISLAM DALAM DUNIA PENDIDIKAN

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

PENGERTIAN DAN RUANG LINGKUP ILMU PENDIDIKAN ISLAM DALAM DUNIA PENDIDIKAN

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga segera mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang belajar, semoga mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

WAHYUDIANSYAH.COM – Pengertian Dan Ruang Lingkup Ilmu Pendidikan Islam Dalam Dunia Pendidikan

A. Pengertian Ilmu Pendidikan Islam

Pengertian dari Ilmu, Pendidikan dan Islam secara Pengertian secera etimologi dan trimonologi, tentang:

Ilmu secara Etimologi berasal dari bahasa Arab, yaitu `ilm ( علم ) yang memiliki makna mengetahui atau perbuatan yang bertujuan untuk mengetahui segala sesuatu. Dan secara Terminologi ilmu adalah bentuk pengetahuan tentang sesuatu yang datang dari Allah, yang mana ilmu tersebut diturunkan kepada para nabi dan rasul serta alam yang diciptakan-Nya, termasuk manusia dan apa saja yang ada pada diantara langit dan bumi ini, atau pengetahuan yang sistematis dan bersifat ilmiah. Jadi, dapat simpulkan bahwa ilmu secara etimologi adalah suatu proses kegiatan penelitian terhadap suatu gejala atau kondisi pada suatu bidang dengan menggunakan berbagai prosedur, metode ilmiah untuk menghasilkan suatu kebenaran ilmiah yang empiris, sistematis, objektif, analitis, dan verifikatif. Sedangkan Ilmu secara terminologi adalah pengetahuan yang sistematis dan bersifat ilmiah.

Secara Etimologi Pendidikan berasal dari kata dasar “didik” yang kemudian mendapatkan imbuhan pe-an. Kata didik tersebut berubah menjadi kata kerja mendidik yang memiliki arti untuk membantu anak dalam menguasai aneka pengetahuan, keterampilan, sikap dan nilai yang diwariskan oleh keluarga atau masyarakat. Pendidikan juga berasal dari bahasa Yunani, yaitu paedagogy yang mengandung makna seorang anak yang pergi dan pulang sekolah diantar oleh seorang pelayan dan pelayan yang mengantar dan menjemput tersebut disebut sebagai paedagogos. Dengan demikian, arti Pendidikan secara bahasa adalah ilmu untuk menuntun anak untuk memiliki pengetahuan. Sedangkan Pendidikan secara terminologi memiliki beberapa pengertian menurut para ahli, diantaranya:

  1. Menurut Ki Hajar Dewantara memberikan definisi Pendidikan sebagai tuntunan didalam hidup tumbuhnya anak-anak. Maksudnya Pendidikan menuntun segala kekuatan pada anak-anak agar mereka sebagai manusia dan anggota dari masyarakat dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya.
  2. Menurut John Dewey memberi batasan Pendidikan sebagai proses pembentukan kecakapan-kecakapan fundamental secara intelektual dan emosional ke arah alam dan sesame manusia.
  3. Menurut J.J. Rousseau berpendapat Pendidikan adalah memberi kita perbekalan yang tidak ada pada masa kanak-kanak tetapi diperlukan pada masa dewasa.   

Dari segi etimologi Islam dapat diambil dari kata “aslama”, yang berarti menyerah kepada kehendak Allah SWT, kemudian dari kata “silmun” yang berarti damai dengan Allah SWT dan sesama makhluk, serta dari kata “salima” yang berarti selamat dunia dan akhirat. Pengertian Islam dari segi terminologi secara khusus yaitu; Islam adalah agama Allah yang dibawa dan diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW dengan perantaraan malaikat Jibril agar dijadikan pedoman hidup di dunia dan akhirat.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa Ilmu Pendidikan Islam adalah pengetahuan yang diajarkan atau disampaikan kepada manusia, baik itu yang dilingkungan formal, non-formal maupun dilingkungan masayarakat sebagai bekal atau pedoman hidup yang sesuai dengan kaidah-kaidah dalam agama islam. 

B. Ruang Lingkup Ilmu Pendidikan Islam

Arti dan ruang lingkup dari Pendidikan Islam dan Ajaran Islam, yaitu:

Pendidikan islam menurut Rahmat Hidayat memiliki arti sebagai Pendidikan yang dilaksanakan berdasarkan pola ajaran islam. Pendidikan islam selalu merujuk pada ajaran dan nilai-nilai yang diambil dari Al-Qur’an, Sunnah, Ijtihad para ulama klasik, serta perjalanan Panjang interaksi umat islam terkait Pendidikan selama sejarah panjangnya. Pendidikan islam juga memiliki arti sebagai pembekalan moral islami kepada peserta didik sehingga peserta didik dapat meningkatkan kualitas dirinya baik secara jasmani maupun rohani yang dikuatkan oleh nilai-nilai keislaman dan ketuhanan.

Adapun ruang lingkup Pendidikan Islam, diantaranya:

  1. Tujuan Pendidikan Ilmu, pendidikan Islam bertujuan untuk meningkatkan keimanan, pemahaman, penghayatan, dan pengalaman peserta didik tentang agama Islam, sehingga menjadi manusia muslim yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT serta berakhlak mulia dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
  2. Pendidik adalah orang yang bertugas menfasilitasi atau membantu siswa selama proses penbelajaran berlangsung.
  3. Peserta didik, Siswa sebagai objek utama dalam pendidikan memegang peranan yang sangat strategis.
  4. Model Pendidikan Islam, seperti halnya model pemprosesan, model pribadi, model interaksi, model perilaku siswa.
  5. Materi Pendidikan Islam , materi yang harus dipahami oleh peserta didik adalah Al-Qur’an sebagai tuntunan atau pedoman dalam kehidupan.
  6. Alat Pendidikan Islam, adalah alat-alat yang dapat digunakan selama melaksanakan pendidikan Islam, agar tujuan pendidikan Islam tersebut lebih berhasil.
  7. Evaluasi, merupakan salah satu komponen sistem pembelajaran pada khususnya, dan sistem pendidikan pada umumnya

Ajaran Islam ini terdiri dari 2 kata, yaitu “ajaran” dan “islam”. Menurut KBBI ajaran memiliki makna sebagai segala sesuatu yang diajarkan, nasihat, petuah, petunjuk dan paham. Sedangkan islam merupakan agama yang diturunkan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW sebagai nabi dan rasul terakhir untuk menjadi pedoman hidup seluruh manusia hingga akhir zaman. Jadi, dapat disimpulkan bahwa ajaran islam merupakan suatu pengetahuan yang terkandung atau berhubungan dengan agama, khususnya agama islam.

Ruang Lingkup adalah penjelasan tentang batasan suatu masalah. Dalam hal ini ruang lingkup ajaran Islam adalah penjelasan tentang-tentang batasan dalam agama Islam. Adapun ruang lingkup ajaran islam, diantaranya:

  • Aqidah, yaitu secara bahasa berasal dari kata akhada yakidu,aqidah artinya adalah sesuatu yang tertancap dalam hati, mengakar kuat dan kokoh terhadap suatu dzat tanpa ada keraguan sedikitpun.
  • Syariat, yaitu hukum dan aturan yang mengatur segala aspek kehidupan baik itu untuk Muslim maupun non-muslim (seluruh manusia).
  • Akhlak, yaitu tingkah laku sesorang yang didorong berdasarkan kesadaran untuk melakukan suatu perbuatan. Contohnya akhlak terhadap orang tua, tetangga, teman, hewan dan lainnya

AKHIR KATA

Mungkin itu saja yang dapat mimin bagikan mengenai Pengertian Dan Ruang Lingkup Ilmu Pendidikan Islam Dalam Dunia Pendidikan. Yang mana pendidikan islam ini sangat penting untuk diajarkan dalam dunia pendidikan, mulai dari tingkat dasar hingga tingkat atas. Dengan adanya Ilmu Pendidikan Islam sejatinya diperuntukkan untuk menanamkan nilai-nilai agama pada diri setiap siswanya, sehingga harapannya adalah para siswa tersebut tidak terpengaruh kedalam hal-hal yang negatif yang dapat merusak kehidupan dan masa depan mereka sendiri. 

Terakhir semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimanapun berada dan mohon maaf apabila terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami, agar sekiranya dapat memakluminya.  

Posting Komentar untuk "PENGERTIAN DAN RUANG LINGKUP ILMU PENDIDIKAN ISLAM DALAM DUNIA PENDIDIKAN"