Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PENGERTIAN DAN FAKTOR PENYEBAB MUNCULNYA THARIQAH

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

PENGERTIAN DAN FAKTOR PENYEBAB MUNCULNYA THARIQAH

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga segera mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang belajar, semoga mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

WAHYUDIANSYAH.COM – Pengertian Dan Faktor Penyebab Munculnya Thariqah

A. Pengertian Thariqah

Dalam islam thariqat atau tarekat secara bahasa berarti “jalan”. Sedangkan secara terminologi Mutashowwifīn diartikan sebagai jalan yang ditempuh seorang hamba menuju ridlo Allah SWT. Namun ada juga yang mempersempit pengertian tarekat dengan mendifinisikan sebagai jalan menujut ma’rifat Allah.

Dalam Al-Qur’an, kata thariqah dikaitkan dengan makna literal maupun makna simbolik. Sebagai contoh, perintah Allah untuk tetap istiqomah di atas thariqah agar dianugerahi air yang berlimpah (sebagai simbol keberlimpahan ilmu pengetahuan), pada Q.S. Al-Jin [72]: 16.

Artinya: Dan sekiranya mereka mengokohkan diri di atas thariqah, sungguh Kami akan benar-benar memberikan pada mereka air yang menyegarkan. (Q.S. Al-Jin [72]: 16).

Menurut beberapa ahli thariqah memiliki arti yaitu:

Makhluf (1973) mengungkapkan Thariqat berasal dan bahasa arab (At-Thariqah) jamaknya (thoroiq) yang berarti jalan, keadaan, aliran dalam garis pada suatu.

Hamka (1986) mengatakan, maka di antara makhluk dengan khalik itu ada perjalanan hidup yang harus kita tempuh. Inilah yang dikatakan thariqat (jalan). Dan ikhtiar kita menempuh jalan itu dinamai suluk.

H. Abu Bakar Atceh menyatakan, thariqat itu artinya jalan, petunjuk dalam melaksanakan ibadah dengan sesuai dengan ajaran yang ditentukan dan dicontohkan oleh nabi dan dikedakan oleh sahabat dan tabi'in, turun temurun kepada guru-guru, sambung menyambung dan berantai pada masa kita.

Suteja (2016) mengungkapkan bahwa thariqah yang dimaksud oleh sufi adalah sebuah proses pensucian jiwa, hati, dan ruh yang berakhir pada proses menghiasi ruh dengan berbagai akhlak yang mulia dan terpuji.  

Berdasrkan pendapat para ahli diatas maka dapat disimpulkan bahwa pengertian thariqah adalah suatu sistem yang ditempuh seorang sufi dengan diikuti oleh para muridnya yang bertujuan berada dekat mungkin dengan Tuhan, melalui maqam-maqam tertentu. 

B. Faktor Penyebab Munculnya Thariqah

Adapun faktor penyebab munculnya thariqah ini berdasarkan pendapat. Nicholson dalam Badrudin (2015) mengungkapkan hasil penelitiannya, bahwa system hidup bersih (Zuhud) adalah dasar semua thariqat yang berbeda-beda itu, dan pada umumnya thariqat-thariqat tersebut walaupun beragam nama dan metodenya, tetapi ada beberapa ciri yang menyamakan, yaitu:

  1. Ada upacara khusus ketika seseorang diterima menjadi murid (penganut). Adakalanya sebelum yang bersangkutan  diterima  menjadi penganut, dia  harus terlebih dahulu menjalani  masa persiapan yang berat.
  2. Memakai pakaian khusus (sedikit ada tanda pengenal).
  3. Menjalani riyadlah (latihan dasar) ber-khalwat. Menyepi dan berkonsentrasi dengan shalat dan puasa selama beberapa hari (kadang-kadang sampai 40 hari).
  4. Menekuni pembacaan dzikir tertentu (awrad) dalam waktu-waktu tertentu setiap hari, ada kalanya dengan alat-alat bantu  seperti  musik  dan  gerakan badan  yang dapat membina  konsentrasi ingatan
  5. Mempercayai adanya kekuatan gaib/tenaga dalam pada mereka yang sudah terlatih, sehingga dapat berbuat hal-hal yang berlaku di luar kebiasaan.
  6. Penghormatan dan penyerahan total kepada  Syekh atau  pembantunya yang  tidak bisa dibantah.

AKHIR KATA

Mungkin itu saja yang dapat mimin bagikan mengenai Pengertian Dan Faktor Penyebab Munculnya Thariqah. Yang mana dalam islam thariqat atau tarekat secara bahasa berarti “jalan”. Sedangkan secara terminologi Mutashowwifīn diartikan sebagai jalan yang ditempuh seorang hamba menuju ridlo Allah SWT. Namun ada juga yang mempersempit pengertian tarekat dengan mendifinisikan sebagai jalan menujut ma’rifat Allah. Adapun faktor penyebab munculnya thariqah ini berdasarkan pendapat. Nicholson dalam Badrudin (2015) mengungkapkan hasil penelitiannya, bahwa system hidup bersih (Zuhud) adalah dasar semua thariqat yang berbeda-beda itu, dan pada umumnya thariqat-thariqat tersebut walaupun beragam nama dan metodenya. 

Terakhir semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimanapun berada dan mohon maaf apabila terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami, agar sekiranya dapat memakluminya.

Posting Komentar untuk "PENGERTIAN DAN FAKTOR PENYEBAB MUNCULNYA THARIQAH"